Sukses

9 Cara Menghilangkan Karat pada Besi Motor, Perhatikan Langkahnya

Liputan6.com, Jakarta Memiliki motor yang bersih dan selalu terjaga kondisinya memang menjadi dambaan. Tapi seiring berjalannya waktu, tidak bisa dipungkiri jika beragam masalah pada motor bisa saja muncul, salah satunya yaitu karat.

Namun Anda tidak perlu khawatir, sebenarnya cara menghilangkan karat pada besi motor terbilang sama dengan benda logam lainnya. Bahan yang membantu agar cara menghilangkan karat pada besi motor semakin efektif juga mudah didapatkan. 

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber apa bagaimana cara menghilangkan karat pada besi motor tersebut, Senin (30/11/2020).

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Karat pada Besi Motor

1. Oli bekas

Cara menghilangkan karat pada besi motor bisa menggunakan bantuan oli bekas. Caranya sangat gampang, sebagai contoh dengan mengoleskan oli bekas tersebut hingga merata ke seluruh bagian knalpot yang berkarat.

Kemudian, nyalakan mesin motor dan biarkan knalpot panas kurang lebih satu hingga dua menit. Mengapa harus panas? Sebab dengan bantuan panas, akan membantu oli meluruhkan karat pada knalpot motor. Sselain itu, bagian dalam seperti lubang knalpot juga dapat dibersihkan dengan oli bekas.

 

2. Stempet atau gemuk

Selanjutnya, cara menghilangkan karat pada besi motor dengan stempet atau gemuk. Stempet atau gemuk ini adalah cairan yang memiliki tekstur sangat kental dan cenderung mirip dengan gel. Sebenarnya, fungsi dari stempet atau gemuk ini yaitu sebagai pelumas suku cadang motor.

Stempet atau gemuk memang memiliki sifat yang lengket dan inilah yang membuat stempet atau gemuk dapat bertahan lebih lama di bagian yang dilumasi, terutama jika dibandingkan dengan oli. Sedangkan pada bagian motor yang tidak bisa dicat ulang, cairan kental ini sering digunakan untuk mencegah karat pada bagian tersebut. Bahkan di bagian rangka motor yang catnya sudah rusak juga dapat diberi cairan ini.

 

3. Pembersih keramik

Pembersih keramik menjadi salah satu cara menghilangkan karat pada besi motor yang sangat ampuh dan layak untuk dicoba. Caranya dengan mengoleskan pembersih keramik di bagian motor yang sudah berkarat. Selanjutnya diamkan beberapa saat lalu gosok dengan sikat agar karat benar-benar hilang. Namun jangan gunakan gunakan pembersih keramik ini pada area blok mesin. Sebab pembersih keramik bisa memberi dampak kurang baik pada blok mesin.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Karat pada Besi Motor

4. Pasta gigi

Pasta gigi yang dipakai bisa digunakan untuk membersihkan karat. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengoleskan pasta gigi pada bagian motor yang berkarat, kemudian tunggu beberapa menit dan gosok menggunakan kain lap. Cara menghilangkan karat pada besi motor ini memang tidak instan dan perlu diulangi hingga beberapa kali agar karatnya benar-benar hilang.

5. Air cola

Selanjutnya, cara menghilangkan karat pada besi motor bisa menggunakan air cola. Dengan minuman cola tersebut bisa membantu hilangkan karat dan korosi pada besi motor.

Cara penggunaannya sangat mudah. Anda cukup menyiapkan air cola dan aluminium foil. Kemudian, perlahan basahi bagian yang berkarat dengan air cola tersebut. Selanjutnya gosok dengan aluminium foil hingga seluruh karat menghilang. Jangan lupa membilasnya, sebab asam pada cola bisa berbahaya bagi logam.

6. Cuka

Kemudian, sama halnya dengan beberapa cara di atas, Anda bisa memanfaatkan kadar asam yang ada di dalam cuka. Jenis cuka yang digunakan bisa cuka putih atau cuka apel. Gunakan saja yang paling mudah untuk didapatkan.

Cara menghilangkan karat pada besi motor dengan cuka sangat mudah. Namun, akan lebih efektif jika benda yang dibersihkan memiliki ukuran kecil, seperti baut. Sebab, hasil pembersihan akan lebih efektif jika besi berkarat dierendam semalaman. Jika sudah direndam, lalu barulah disikat hingga bersih dan jangan lupa untuk dilakukan pembilasan.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Karat pada Besi Motor

7. Baking soda

Di dalam baking soda ternyata terdapat berbagai bahan aktif yang ampuh untuk menyingkirkan berbagai macam noda salah satunya menyingkirkan karat dari besi motor. Cara menghilangkan karat pada besi motor dengan baking soda juga terbilang cukup mudah, Anda cukup menyikat bagian karat pada besi motor dengan air yang sudah dicampur dengan baking soda. Kemudian lakukan hingga beberapa kali agar hasil yang didapatkan lebih baik.

8. Pertamax Plus

Pertamax Plus merupakan salah satu jenis bensin yang punya oktan tinggi. Melansir dari Astra Motor, Pertamax Plus ampuh untuk membersihkan karat pada besi motor. Anda bisa mencampur Pertamax Plus dan minyak solar dengan perbandingan 1:2. Kemudian oleskan campuran tersebut ke bagian motor yang berkarat dan gosok dengan menggunakan sikat seperti sikat gigi maupun sikat kawat.

9. Rust remover

Jika Anda juga bisa menggunakan berbagai cara menghilangkan karat pada besi motor di atas belum juga berhasil, Anda bisa mencoba rust remover yang merupakan cairan khusus untuk menghilangkan karat dengan cara yang mudah. Tapi memang, harga dari rust remover tidak murah.

Langkah yang perlu Anda lakukan dengan merendam bagian yang berkarat selama 15 menit hingga 8 jam tergantung usia karat. Kemudian sikat hingga karat rontok dan besi bersih kembali.