Sukses

Kerap Jadi Jalan Alternatif, Kondisi Jembatan Pelor di Malang Ini Bikin Prihatin

Walaupun terlihat berbahaya, namun masyarakat masih sering melewati jembatan pelor ini sebagai jembatan alternatif.

Liputan6.com, Jakarta Setiap daerah tentunya memiliki jalanan tua, yang dimana jalanan tersebut kerap dijadikan sebagai jalanan alternatif untuk masyarakat. Tak jarang pula ditemukan jembatan tua di setiap daerah yang dijadikan sebagai jalanan alternatif untuk melewati satu daerah ke daerah lainnya.

Ketika melewati jembatan yang dibawahnya ada sungai tentunya dapat mempersingkat waktu ketika sedang terburu-buru. Namun seiring dengan berjalannya waktu, jembatan juga bisa rapuh karena kerap dilewati oleh banyak pengendara motor atupun mobil sekalipun.

Belum lama ini viral di TikTok sebuah video jembatan pelor di Kota Malang, Jawa Timur. Video tersebut diunggah oleh pemilik akun @bernardadr pada 24 November 2020 lalu. Dalam video tersebut memperlihatkan bahwa jembatan pelor ini merupakan jalan yang kerap dilewati oleh masyarakat. Rupanya jembatan tersebut merupakan jalanan alternatif masyarakat setempat.

Video yang memperlihatkan jembatan pelor di Kota Malang, Jawa Timur ini dilansir Liputan6.com dari video TikTok yang diunggah oleh @bernardadr, Selasa (1/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kondisi Jalan yang Memprihatinkan

Video jembatan pelor yang terletak di Kota Malang, Jawa Timur ini diunggah pada 24 November 2020. Video tersebut juga sudah ditonton lebih dari 200 ribu kali. Pemilik akun @bernardadr memang cukup sering mengunggah video tentang Malang di akun TikToknya, salah satunya tentang jembatan tua yang terletak di Kota Malang.

Jembatan pelor ini merupakan jembatan penghubung wilayah di Oro-Oro Dowo dan salah satu peninggalan kolonial Belanda di Kota Malang yang masih dimanfaatkan masyarakat sekitar hingga kini. Sudah ada sejak jaman kolonial Belanda, tak heran jika jembatan tersebut sudah terlihat sangat tua. Walaupun terlihat berbahaya, namun masyarakat masih sering melewati jembatan pelor ini sebagai jembatan alternatif.

Namun, tentunya harus hati-hati ketika melewati jembatan yang tua ini. Pemilik akun TikTok @bernadradr juga menjelaskan dalam video bahwa harus turun dari kendaraan ketika melewati jembatan tersebut.

@bernardadr

Gmn rasanya lewat sini ges? 😎😂 #fyp #foryou #fypage #foryoupage #malang #kotamalang #xyzcba #xyzbca #jembatanoroorodowo

♬ Snowman - Sia

Dalam video yang sudah dilihat lebih dari 200 ribu kali ini terlihat banyak masyarakat yang melewati jembatan tersebut. Untuk sampai ke jembatan pelor ini juga harus melewati gang kecil dan setelah juga harus melewati rute yang tidak mudah. Bagi orang yang baru pertama kali melewati jembatan tersebut tentunya deg-degan, namun dalam video tersebut terlihat masyarakat sepertinya sudah biasa melewati jembatan yang sudah ada sejak peninggalan kolonial Belanda.

Jalan jembatan pelor sendiri merupakan jalanan dari papan yang ditutup aspal. Jika membayangkan saja tentunya sudah bikin deg-degan bukan? Pasalnya papan tidak bisa menanggung beban yang cukup berat karena akan jebol.

Selain itu, pemilik akun @bernardadr ini juga menjelaskan dalam video tersebut bahwa jembatan pelor ini selalu ramai dilewati masyarakat khususnya hari Minggu. Seperti diketahui, tentunya setiap hari Minggu masyarakat akan melewati jalan-jalan alternatif agar lebih cepat sampai ke tujuan yang akan dikunjungi.

Dalam kolom komentar, pemilik akun @bernardadr juga menuliskan bahwa dirinya berharap agar video yang diunggahnya ini di notice pemerintah dan jembatan pelor segera diperbaiki juga diperkuat.

“Kalo fyp, semoga dinotis pemerintah, biar diperkuat jembatannya.” tulis pemilik akun di kolom komentar videonya.

 

3 dari 3 halaman

Komentar Warganet

Video yang diunggah oleh pemilik akun TikTok @bernardadr ini sudah dilihat lebih dari 200 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 800 komentar. Dalam kolom komentar tersebut banyak warganet yang juga membagikan ceritanya ketika melewati jembatan pelor. Tak sedikit warganet yang menuturkan bahwa dirinya deg-degan ketika melewati jembatan tersebut.

“Setiap lewat jembatan pelor selalu inget dosa apalagi pas jembatannya goyang.” tulis chocolatos disertai dengan emot senyum.

“Wkwk can relate bgt, soalnya kalau galewat situ muternya jauh pol kan.” imbuh shylalalala.

“Rasane awakku lemes lek lewat kunu.” tambah firaaa.

“Gue tiap hati lewat sini gegara kosan diatas jembatan gantung, terus pas ngeyel tetep dinaikin motornya diterikin org2 yang tinggal di kampungnya.” kata Derganata.

“Haha ague kmren liwat situ seneng bgt. Liat sungai tp ngeri juga pas hujan.” tulis Shasa disertai dengan emot nangis dan ketawa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini