Sukses

8 Olahraga yang Cocok Dilakukan di Musim Hujan

Olahraga yang cocok dilakukan di musim hujan tentunya adalah jenis olahraga indoor atau dalam ruangan.

Liputan6.com, Jakarta Olahraga yang cocok dilakukan di musim hujan tentunya adalah jenis olahraga indoor atau dalam ruangan. Berbagai latihan, seperti lari di tempat, skipping, latihan kekuatan, plank, push up dan sit up, hingga yoga bisa menjadi pilihan kamu.

Musim hujan tentunya tidak boleh menjadi alasan kamu tidak berolahraga. Apalagi untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, olahraga sangat penting dilakukan secara rutin agar kau terhindar dari berbagai macam penyakit di musim hujan.

Olahraga yang cocok dilakukan di musim hujan bisa kamu terapkan secara rutin. Aktivitas fisik ini tidak hanya disarankan untuk orang dewasa, namun anak-anak juga bisa melakukannya secara teratur agar tubuhnya senantiasa sehat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (7/12/2020) tentang olahraga yang cocok dilakukan di musim hujan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Skipping dan Spot Jogging

Skipping

Skipping atau lompat tali merupakan salah satu olahraga yang cocok dilakukan di musim hujan. Melakukannya dapat membuat kebugaran, fleksibilitas, dan koordinasi kardio-pernapasan meningkat.

Menurut ahli kebugaran Althea Shah, latihan ini bermanfaat dan sangat bagus untuk membangun tulang serta menurunkan berat badan. Melakukan lompat tali dalam satu jam, setidaknya mampu membakar hingga 560 kalori.

Caranya pun juga terbilang mudah untuk dipelajari dan sudah banyak diketahui oleh masyarakat. Bahkan, kamu juga bisa mengajak anak untuk ikut melakukan olahraga ini.

Spot Jogging

Jogging atau lari pelan bisa dilakukan di dalam ruangan dan merupakan salah satu olahraga yang cocok dilakukan di musim hujan. Hal ini bisa diterapkan dengan lari di tempat atau spot jogging. Menurut ahli kebugaran Samir Purohit, latihan ini ideal sebelum melakukan olahraga lainnya atau pemanasan.

Caranya mudah saja, tinggal angkat lutut dan kembalikan ke tanah. Gerakkan kaki seperti gerakan lari. Melakukan ini selama 30 menit paling tidak membakar sekitar 215 kalori. Kamu juga bisa menerapkan lari di treadmill.

3 dari 5 halaman

Yoga dan Pilates

Yoga

Yoga ditujukan untuk menyatukan tubuh, pikiran, dan jiwa. Selain membantu kamu menjadi lebih sadar akan diri sendiri, postur tubuh, keselarasan dan pola gerakan membuat tubuh menjadi lebih fleksibel dan rileks.

Selain itu, yoga bisa dilakukan di dalam rumah tanpa perlu mengkhawatirkan cuaca. Jadi, yoga merupakan salah satu olahraga yang cocok dilakukan di musim hujan. Melakukan yoga dalam satu jam bisa menghabiskan sekitar 280 kalori.

Pilates

Seperti yoga, pilates juga merupakan olahraga yang cocok dilakukan di musim hujan. Olahraga ini menekankan pada pengembangan tubuh melalui kekuatan inti, fleksibilitas, dan gerakan yang anggun. Bentuk latihan ini juga bisa dilakukan hanya dengan tikar pilates.

Latihan ini bisa meningkatkan sirkulasi darah dan pernapasan. Berlatih pilates satu jam bisa membakar 260 kalori. Untuk anak, kamu juga bisa menerapkan olahraga senam lantai. Kamu hanya memerlukan matras atau tempat tidur untuk menjadi alasnya.

4 dari 5 halaman

Plank dan Push Up/Sit Up

Plank

Plank terkenal sebagai jenis latihan yang memperkuat otot perut. Caranya juga mudah, kamu harus melakukan posisi push-up, kemudian tekuk lengan dan taruh di lantai. Mulailah menahan tubuh minimal 30 detik.

Latihan ini sangat menantang tetapi bagus untuk memberikan bentuk pada area inti kamu. Melakukan plank membakar sekitar 350 kalori dalam satu jamnya.

Push Up/Sit Up

Olahraga yang cocok dilakukan di musim hujan selanjutnya adalah push up dan sit up. Ini merupakan jenis olahraga yang cukup mudah dilakukan dan tidak membutuhkan ruang terlalu besar.

Push up dan sit up bertujuan untuk memperkuat otot punggung dan perut. Meskipun kondisi cuaca sedang hujan, kamu masih bisa melakukan olahraga ini.

5 dari 5 halaman

Latihan Kekuatan dan Main Hulahop

Latihan Kekuatan

Latihan kekuatan atau beban juga merupakan olahraga yang cocok dilakukan di musim hujan di dalam rumah. Kamu cukup menggunakan satu set dumbbell. Jika tidak punya, kreasikan barang-barang bekas di rumah seperti botol air yang diisi dengan beban. Dalam satu jam, kamu bisa membakar hingga 200 kalori.

Main Hulahop

Untuk alternatif olahraga yang cocok dilakukan di musim hujan, terutama untuk anak, kamu bisa memilih hulahop. Perlu diketahui, bermain hulahop bukan hanya menyenangkan. Namun, juga melatih anak untuk mengkoordinasi berbagai bagian tubuhnya secara bersamaan. Melakukan permainan hulahop memiliki intensitas olahraga yang setara dengan menari salsa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini