Sukses

12 Tempat Wisata di Jepara, Mulai dari Pantai hingga Museum

Liputan6.com, Jakarta Jepara identik dengan sejarahnya yang diketahui sebagai tempat kelahiran Ibu Kartini. Salah satu kota di provinsi Jawa Tengah ini juga terkenal dengan seni ukirnya yang sudah melanglang buana hingga mancanegara. Namun, magnet dari kota ini tidak hanya dari dua hal tersebut. Ada beragam tempat wisata di Jepara yang tidak boleh dilewatkan. 

Memang, tempat wisata di Jepara mungkin belum sepopuler Bali atau Lombok. Tapi jangan salah, kabupaten yang berbatasan dengan Laut Jawa ini memiliki banyak tempat wisata eksotis, unik dan akan membuat wisatawan berdecak kagum.

Jadi, apa saja tempat wisata di Jepara yang dimaksud? Supaya tidak penasaran, berikut ini Liputan6.com telah merangkum tempat wisata di Jepara dari berbagai sumber, baik berupa alam maupun bangunan, Selasa (8/12/2020).

2 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Jepara

1. Pantai Kartini

Salah satu tempat wisata di Jepara ini diberi nama Pantai Kartini. Tujuannya sebagai bentuk apresiasi dan rasa bangga kepada Ibu Kartini. Pantai ini adalah satu-satunya pantai yang punya kura-kura terbesar di dunia.

Jangan kaget dulu, kura-kura raksasa yang dimaksud merupakan bangunan berbentuk kura-kura yang berisi aquarium dengan banyak koleksi berbagai jenis ikan, kura-kura serta karang laut. Bahkan di dalamnya juga terdapat wahana bermain anak serta bioskop 3D yang cocok dijadikan pilihan tempat wisata di Jepara.

2. Pulau Panjang

Pulau Panjang dapat dijangkau dari dua jalur, yaitu dari Pantai Bandengan dan Pantai Kartini dengan menaiki perahu kayu. Di tengah perjalanan, wisatawan akan dimanjakan dengan pesona hamparan laut yang sangat jernih.

3 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Jepara

3. Pantai Bondo

Pantai ini terletak di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri dan dikenal dengan sebutan Pantai Ombak Mati. Pasalnya, pantai ini memiliki ombak yang sangat tenang. Bahkan sesekali pantai ini hanya terlihat seperti genangan air tanpa ada derai ombak. Yang semakin membuat pantai ini menarik, karena pengunjung pantai ini bisa menikmati sunset yang sangat indah. 

4. Pulau Karimunjawa

Meski terpisah dari Jepara, pulau ini masih masuk dalam kabupaten Jepara. Saking terkenalnya, pulau ini memiliki daya pikat yang luar biasa bagi para wisatawan dalam maupun luar negeri.

Di pulau ini, pengunjung bisa menikmati pesona pantai yang jernih dan cocok untuk scuba diving atau snorkeling. Ditambah pasir putih yang eksotis di sekeliling pulau. Tidak sampai disitu, pengunjung juga bisa trekking di Hutan Mangrove sembari menikmati pemandangan hijau yang menyejukkan.

4 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Jepara

5. Pantai Bandengan

Sebagai daerah yang terletak paling utara di Jawa Tengah, tidak heran jika Jepara dikelilingi pantai. Salah satu pantai di Jepara yang terkenal akan keindahannya yaitu Pantai Bandengan.

Pantai ini identik dengan pasir putih yang indah. Di pantai ini, pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan terbenamnya matahari di ufuk barat. Selain itu, pengunjung juga bisa duduk di area pinggir pantai sambil menikmati kudapan ringan dari penjaja di area sekitar.

6. Air Terjun Banyu Anjlok

Air Terjun Banyu Anjlok berlokasi di Samosari, Batealit, Kabupaten Jepara. Tapi sayang, tempat wisata di Jepara ini aksesnya cukup sulit dan ekstrem. Kendaraan bermotor hanya bisa sampai di pemukiman warga saja, selebihnya pengunjung harus berjalan kaki. Meski medannya cukup sulit, tapi sebanding dengan pemandangan yang memanjakan mata.

5 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Jepara

7. Benteng Portugis

Selain pantai, tempat wisata di Jepara juga ada yang berupa peninggalan sejarah yaitu Benteng Portugis. Letak benteng ini ada di tepi pantai. Benteng ini dibangun tepatnya tahun 1923 silam. Jadi, jangan sampai melewatkan benteng bersejarah ini, ya.

8. Air Terjun Njurang Nganten

Air terjun ini berada di Kecamatan Pakis Aji. Tempat wisata di Jepara ini masih cenderung sepi pengunjung karena lokasinya tidak terlalu diketahui orang. Maka tidak heran jika kondisinya alamnya masih sangat terjaga. Di sekitar air terjun juga terdapat banyak batuan alami besar yang menambah keindahan lokasi ini.

6 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Jepara

9. Hutan Sreni

Tempat wisata di Jepara berikutnya adalah Hutan Sreni. Lokasinya ada di Kecamatan Nalumsari. Di hutan ini, terdapat ribuan pohon pinus yang akan menyejukkan mata ketika mengunjungi tempat wisata di Jepara ini. 

10. Candi Bubrah

Candi ini ada di Desa Tempur, Kecamatan Keling. Desa Tempur memang dikembangkan sebagai desa wisata dengan beragam fasilitas dan objek wisata yang lengkap. Sesuai namanya, candi ini adalah bangunan setengah jadi namun memiliki nilai sejarah yang panjang.

7 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Jepara

11. Masjid Mantingan

Masjid Mantingan adalah salah satu masjid tertua di Kabupaten Jepara. Masjid ini dibangun sejak Kesultanan Demak. Letaknya ada di Desa Mantingan, Kecamatan Tahunan, tepatnya 5 km dari pusat Kota Jepara. Masjid ini dikenal dengan arsitektur bangunan yang menggabungkan beberapa unsur keagamaan.

Lokasi masjid ini juga sangat mudah diakses. Masjid Mantingan dahulu menjadi pusat penyebaran agama Islam di pesisir utara Jawa. Di dalam masjid ini juga ada air keramat yang dipercaya dapat membuat peminumnya berkata jujur.

12. Museum Kartini

Museum R. A. Kartini adalah tempat wisata di Jepara yang sudah pasti wajib dikunjungi. Keberadaan dari salah satu Pahlawan Nasional Indonesia ini seakan hadir di Museum Kartini. Lokasinya tidak jauh dari alun-alun. Di dalamnya terdapat barang-barang dan cerita lengkap dari R. A. Kartini semasa hidupnya.