Sukses

10 Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap di Dalam Ruangan dengan Bahan Alami

Berbagai cara bisa dilakukan untuk hilangkan bau di dalam ruangan.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan bau tak sedap di dalam ruangan tampaknya penting untuk diketahui. Terutama jika sifat ruangan yang digunakan adalah fasilitas bersama, seperti ruang rapat atau ruang keluarga. Pasalnya, bau ruangan yang tidak sedap tekait dengan kenyamanan saat menggunakannya. Bayangkan saja, ketika berkumpul dengan keluarga atau kolega, bau tak sedap justru mengganggu.

Mungkin banyak cara menghilangkan bau tak sedap di dalam ruangan yang bisa dilakukan. Tapi, ada baiknya juga untuk mengerti dari mana sumber bau itu berasal. Ada berbagai sumber yang mungkin menyebabkan bau tak sedap, seperti makanan yang dikonsumsi serta adanya tempat sampah di beberapa sudut ruangan.

Tidak perlu khawatir, cara menghilangkan bau tak sedap di dalam ruangan bisa menggunakan bahan-bahan alami. Jadi kantongmu bisa aman. Tapi, menggunakan bahan alami mungkin hanya satu dari berbagai cara menghilangkan bau tak sedap di dalam ruangan yang efektif.

Di bawah ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, bagaimana cara menghilangkan bau tak sedap di dalam ruangan tersebut, Jumat (11/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kapur Barus dan Lilin Aromaterapi

1. Kapur Barus

Cara menghilangkan bau tak sedap di dalam ruangan bisa dengan kapur barus atau kamper. Penggunaan kamper atau kapur barus ini sangat efektif dalam mencegah aroma tak sedap di dalam ruangan. Selain itu, kapur barus juga berguna mencegah lembap berlebih di beberapa sudut ruangan.

 

2. Lilin Aromaterapi

Selanjutnya, cara menghilangkan bau tak sedap di dalam ruangan bisa dengan lilin aroma terapi.  Mendapatkan lilin aroma terapi saat ini sangaat mudah dan harganya bervariatif. Selain ampuh untuk mengusir bau tak sedap, lilin aromaterapi tersebut juga mampu memberi efek-efek positif bagu tubuh, seperti wangi lavender yang menenangkan, wangi citrus lemon yang menyegarkan, maupun wangi melati yang ampuh membuat suasana jadi lebih baik.

3 dari 6 halaman

Bunga Segar dan Parfum Mobil

3. Bunga Segar

Lalu, dengan menggunakan bunga segar yang diletakkan di sudut ruangan, berguna untuk menghilangkan bau tak sedap. Jenis bunga yang bisa dicoba adalah bunga melati, bunga mawar, bunga lili, bunga anggrek dan bunga-bunga lain yang beraroma segar. Kelemahan cara menghilangkan bau tak sedap di dalam ruangan ini, yaitu harus rajin-rajin mengganti bunga yang cepat layu.

 

4. Cuka

Jika bau tak sedap berasal dari asap rokok, cara menghilangkan bau tak sedap di dalam ruangan bisa dengan cuka. Caranya cukup sederhana yaitu dengan meletakkan wadah kecil berisi cuka makanan di sudut ruang. Diamkan semalaman hingga bau rokok benar-benar hilang.

 

4 dari 6 halaman

Abu Gosok dan Rempah-rempah

5. Abu Gosok

Sedangkan cara menghilangkan bau tak sedap di dalam ruangan ini, efektif jika sumbernya berasal dari dapur atau sekitar ruangan yang terdapat tempat sampah. Caranya sangat mudah, cukup taburkan abu gosok ke dekat sumber bau, maka bau tak sedap akan hilang dengan sendirinya.

 

6. Rempah-rempah

Di Indonesia, terdapat beragam jenis rempah yang mudah ditemukan. Ternyata, menggunakan rempah bisa menjadi cara menghilangkan bau tak sedap di dalam ruangan yang efektif. Cukup mencampurkan rempah-rempah seperti cengkeh dan beberapa iris jeruk, bubuk kayu manis, serta aneka bumbu lainnya ke dalam panci. Selanjutnya, panaskan di atas api kecil, jika sudah panas angkat dan letakkan di ruangan yang aromanya kurang sedap. Maka aroma khas dari rempah akan dengan cepat memenuhi ruangan tersebut.

5 dari 6 halaman

Kopi dan Baking Soda

7. Kopi

Tidak perlu ditanyakan lagi, kopi adalah salah satu bahan alami yang ampuh menyerap bau tak sedap. Kopi tersebut bisa berupa biji atau bubuk. Cukup siapkan kopi dalam wadah-wadah kecil tapi tidak perlu ditutup, dan letakkan di sudut-sudut ruangan.

 

8. Baking Soda

Kemudian, jika menggunakan cara menghilangkan bau tak sedap di dalam ruangan di atas masih belum berhasil, terutama karena penyebab bau tak sedap tersebut dari asap rokok pada permukaan gorden, tembok, meja, atau kursi, maka cara ampuh untuk menghilangkan bau tersebut adalah dengan mengelapnya menggunakan kain yang sudah diberi larutan baking soda.

Caranya mudah, larutkan baking soda dengan air. Lalu basahi kain selama beberapa saat, kemudian lap sumber bau dengan kain tersebut. Diamkan setengah jam, tapi jangan lupa bilas dengan lap yang dibasahi air bersih.

6 dari 6 halaman

Bawang Bombay dan Cuka

9. Bawang Bombay

Sedangkan bawang, sangat ampuh untuk menghilangkan bau tak sedap akibat cat yang masih baru. Cukup gunakan bawang Bombay yang sudah dipotong-potong, lalu celupkan ke ember atau panci ukuran sedang. Letakkan ember di ruangan yang baru dicat dan aroma tak sedap dari cat akan hilang dengan sendirinya.

Selain bawang Bombay, sebenarnya bawang putih juga bisa digunakan. Caranya dengan menggantung beberapa siung bawang putih di depan kipas angin. Kemudian arahkan kipas angin ke tembok yang masih bau cat.

 

10. Cuka

 

Selain mudah ditemukan, ternyata parfum mobil ampuh untuk mengusir bau tidak sedap di dalam ruangan. Banyak varian parfum mobil dengan wangi sejuk dan menenangkan. Cara aplikasinya sama dengan di mobil, yaitu letakkan pada AC, kipas, atau lokasi-lokasi yang memiliki hembusan angin cukup kencang. Tujuannya agar wangi parfum mobil tersebut menyebar ke seluruh ruangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini