Sukses

Penuh Duka, Ini 17 Artis Indonesia yang Meninggal Dunia Sepanjang 2020

Kepergian para artis di tahun 2020 ini cukup menyejutkan banyak pihak.

Liputan6.com, Jakarta Memasuki penghujung 2020, berbagau hal terjadi di Indonesia. Mulai dari adanya pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai, hingga kabar dari dunia hiburan Tanah Air yang selalu menarik perhatian publik.

Namun nyatanya, sepanjang 2020 ini tak sedikit netizen dan para keluarga artis yang berduka. Pasalnya, kabar meninggalnya beberapa artis Indonesia ini sempat menjadi sorotan netizen. Bahkan, tak sedikit pula artis Tanah Air yang meninggal secara mendadak.

Kepergian artis secara mendadak ini juga menjadi sorotan dan menjadi trending di media sosial serta kolom pencarian Google. Namun, sebagian besar artis Tanah Air yang meninggal dunia diketahui karena telah mengidap penyakit yang cukup lama hingga serangan jantung.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa artis Indonesia yang meninggal dunia sepanjang 2020, Rabu (30/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Ria Irawan dan Ade Irawan

1. Ria Irawan

Kabar kepergian aktris Ria Irawan pada 6 Januari 2020 lalu sempat mengejutkan banyak pihak. Ria Irawan diketahui meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker kelenjar getah bening yang telah diidap sejak 2009 lalu. Meski sempat dinyatakan sembuh, namun pada 2019 lalu dirinya harus kembali menjalani perawatan intensif dan melakukan kemoterapi. Ria Irawan meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) diusia 50 tahun.

2. Ade Irawan

Tak berselang lama dari kepergian Ria Irawan, sang ibunda Ade Irawan sekaligua aktris senior juga meninggal dunia. Ade Irawan diketahui meninggal dunia di usia 82 tahun pada 17 Januari 2020. Ade Irawan sendiri sebelumnya diketahui telah beberapa kali menjalani perawatan intensif hingga operasi akibat memiliki permasalahan pada jantungnya.

3 dari 10 halaman

Allan Wangsa dan Ashraf Sinclair

3. Allan Wangsa

Artis Allan Wangsa diketahui menghembuskan napas terakhir pada 4 Februari 2020 karena mengalami gagal ginjal. Sebelum dinyatakan meninggal dunia, presenter ternama ini tengah menjalani perawatan intensif di RSCM, Jakarta Pusat.

4. Ashraf Sinclair

Kepergian Ashraf Sinclair, aktor sekaligus suami dari Bunga Citra Lestari pada 18 Agustus 2020 lalu cukup mengejutkan banyak orang. Pasalnya, pria yang rutin menjaga kesehatan tubuh tersebut sebelumnya diketahui mengantar sang istri ke lokasi syuting serta melanjutkan pekerjaannya kembali. Ashraf pun sempat dilarikan ke Rumah Sakit MMC, Jakarta Selatan, namun sayang nyawa Ashraf tak tertolong. Kepergian Asharaf yang sangat mendadak di usia 40 tahun ini pun menjadi sorotan publik.

4 dari 10 halaman

Odading Nasution dan Mila Karmila

5. Odading Nasution

Gitaris dari Cockpit dan prambors Band, odading nasution diketahui meninggal dunia pada 27 Februari 2020. Gitaris yang terkenal era 70-an tersebut diketahui meninggal dunia di RSUP Fatmawati karena penyakit gagal ginjal yang diidapnya.

6. Mila Karmila

Aktris senior Mila Karmila diketahui menghembuskan napas terakhir pada 5 Maret 2020 lalu. Mila Karmila meninggal dunia pada usia 77 tahun. Sebelumya aktris senior kelahiran Bandung ini kerap tampil di layar lebar pada era 60-an.

5 dari 10 halaman

Abi Cancer dan Purwaniatun

7. Abi Cancer

Abi Cancer yang dikenal luas lewat perannya sebagai Wiro Sableng ini tutup usia pada 22 Maret 2020. Abi diketahui meninggal dunia setelah terkena serangan jantung di usia 44 tahun.

8. Purwaniatun

Aktris yang cukup identik dengan peran sebagai asisten rumah tangga di sinetron, Purwaniatun diketahui tutup usia pada 23 Maret 2020 lalu. Sebelumnya, aktris senior satu ini diketahui baru saja menjalani operasi kanker rahim.

6 dari 10 halaman

Glenn Fredly dan Erwin Prasetya

9. Glenn Fredly

Kepergian musisi berbakat Glenn Fredly pada 8 April 2020 ini pun sangat mengejutkan publik. Pria yang dikenal karena suara merdunya ini meninggal dunia saat dirinya baru dikaruniai seorang anak dari pernikahannya dengan Mutia Ayu. Kepergian Glenn Fredly sendiri diketahui karena mengidap penyakit meningitis.

10. Erwin Prasetya

Mantan bassis Dewa 19, Erwin Prasetya meninggal dunia pada 2 Mei 2020 lalu. Sempat dilarikan ke rumah sakit, namun nyawa Erwin tak tertolong. Erwin diketahui meninggal dunia karena adanya pendarahan pada lambung.

7 dari 10 halaman

Didi Kempot dan Adi Kurdi

11. Didi Kempot

Kepergian sang maestro campursari, Didi Kempot pada 5 Mei 2020 lalu memang menjadi sorotan publik. Didi Kempot diketahui meninggal dunia pada usia 53 tahun. Sebelumnya Didi Kempot sempat dilarikan ke Rumah Sakit Kasih Ibu karena tak sadarkan diri. Namun, dokter menyatakan jika sang penyanyi legendaris tersebut meninggal dunia karena henti jantung.

12. Adi Kurdi

Aktor senior Adi Kurdi menghembuskan napas terakhir pada 8 Mei 2020 lalu di RS Pusat Otak Nasional Prof.Dr. dr. mahar Mardjono, Jakarta Timur. Adi Kurdi sendiri diketahui mengidap tumor otak. Tak hanya itu saja, sebelum meninggal dunia, pria yang bermain dalam serial Keluarga Cemara ini juga mengalami penyumbatan di bagian otak. Adi Kurdi meninggal dunia pada usia 72 tahun.

8 dari 10 halaman

Hengky Solaiman dan Omas

13. Hengky Solaiman

Setelah divonis mengidap kanker usus sejak awal 2020, aktor Hengky Solaiman memilih untuk pamit dari industri hiburan Tanah Air. Ia pun ingin fokus pada pengobatan penyakit kanker yang diidapnya. Namun takdir berkata lain, aktor senior Hengky Solaiman diketahui meninggal dunia pada 15 Mei 2020 setelah berjuang melawan kanker ususnya di usia 78 tahun.

14. Omas

Aktris sekaligus komedian Omas diketahui meninggal dunia pada 16 Juli 2020 lalu. Adik dari Mastur ini diketahui meninggal dunia setelah berjuang melawan penyakit paru-paru yang telah lama diidapnya. Tak hanya itu saja, sang keponakan juga menyebutkan jika Omas juga mengidap penyakit diabetes.

9 dari 10 halaman

Barli Asmara dan Yopie Latul

15. Barli Asmara

Desainer ternama serta presenter acara fashion, Barli Asmara meninggal dunia pada 27 Agustus 2020. Barli sendiri meninggal dunia diusia yang cukup muda yaitu 42 tahun. Sebelumnya, Barli Asmara diketahui tengah menjalani perawatan intensif akibat gangguan pencernaa.

16. Yopie Latul

Penyanyi senior Yopie Latul yang dikenal luas dengan lagu Poco-Poco diketahui meninggal dunia pada 9 September lalu. Yopie diketahui meninggal dunia karena terinfeksi virus corona. Meski termasuk dalam orang tanpa gejala (OTG), akan tetapi ia sempat dilarikan di rumah sakit.

10 dari 10 halaman

Ade Firman Hakim

17. Ade Firman Hakim

Kepergian aktor muda berbakat Ade Firman Hakim juga sempat mengejutkan publik. Ade diketahui meninggal dunia pada 14 September lalu setelah mengalami gejala seperti asma dan memiliki flek di bagian paru-paru. Sebelumnya, Ade Firman Hakim juga sempat dirawat di RS Tarakan, Jakarta Pusat karena penyakit yang diidapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini