Sukses

14 Bahan Alami untuk Menghilangkan Stretch Mark, Ampuh Pudarkan Warnanya

Bahan alami untuk menghilangkan stretch mark ini mudah ditemukan di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Masalah kulit seperti stretch mark memang sulit dikontrol. Metode menghilangkannya juga dikenal membutuhkan biaya mahal seperti laser, microdermabrasion, dan menggunakan tretinoin cream. Meski demikian, sebenarnya ada beberapa bahan alami untuk menghilangkan stretch mark yang bisa dijadikan pilihan.

Stretch mark terbentuk karena ada peregangan kulit yang terjadi secara tiba-tiba seperti hamil, berat badan naik drastis, pubertas, gerak badan, dan lain-lain. Pria dan wanita memiliki risiko serupa, untungnya ada bahan alami untuk menghilangkan stretch mark.

Solusi menghilangkan stretch mark dengan bahan alami menurut para ahli memang tidak mungkin dilakukan. Akan tetapi, efek bahan alami untuk menghilangkan stretch mark dengan memudarkan warnanya cocok diandalkan. Bahan ini pun mudah ditemukan dan tidak perlu dengan modal yang mahal.

Berikut Liputan6.com ulas bahan alami untuk menghilangkan stretch mark dari berbagai sumber, Jumat (8/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Bahan Alami untuk Menghilangkan Stretch Mark

Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan bahan alami yang dapat membantu menghilangkan stretch mark. Anda bisa memijat stretch mark sehabis mandi menggunakan minyak kelapa.

Selain dapat diserap dengan cepat oleh kulit dan mengeliminasi sel kulit mati, minyak kelapa juga mengandung vitamin E dan asam lemak yang baik untuk kulit.

Gula Pasir

Gula pasir dipercaya sebagai agen mikrodermabrasi alami. Prosedur mikrodermabrasi yang dilakukan pada klinik kulit dan kecantikan adalah salah satu dari beberapa metode yang terbukti dapat memudarkan stretch mark.

Scrub gula yang dioleskan pada kulit dipercaya akan membantu pengelupasan area tersebut sehingga stretch mark memudar. Anda dapat melakukan hal berikut di rumah:

1. Campurkan satu cangkir gula dengan 1/4 cangkir bahan pelunak, seperti minyak almond atau minyak kelapa.

2. Gosok campuran pada bagian tubuh yang memiliki stretch mark.

3. Ulangi beberapa kali seminggu saat mandi, pastikan untuk menggosok campuran selama 8-10 menit.

Minyak Zaitun

Selain minyak kelapa, cobalah minyak zaitun untuk memudarkan warna stretch mark. Sama seperti minyak kelapa, minyak zaitun juga mengandung vitamin E, antioksidan, dan komponen lain yang dapat membantu proses penghilangan stretch mark.

Peregangan kulit stretch mark terkadang dapat menimbulkan sensasi gatal. Nah, ketika Anda mengoleskan minyak zaitun ke kulit, rasa gatal itu akan berkurang. Setelah melakukan pijatan, biarkan selama beberapa saat hingga minyak terserap sempurna ke dalam kulit.

3 dari 7 halaman

Bahan Alami untuk Menghilangkan Stretch Mark

Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat menenangkan dan menyembuhkan. Bagian dalam tersebut mengandung enzim, mineral, vitamin, serta asam lemak yang baik untuk kesehatan. Hal inilah yang menjadikannya dapat menghilangkan stretch mark.

Anda bisa memotong lidah buaya, lalu pisahkan bagian dalam yang berbentuk seperti gel. Setelahnya, oleskan gel tersebut ke area stretch mark, lalu lakukan pijatan secara perlahan. Diamkan selama beberapa saat agar gel lidah buaya yang tadi dioleskan terserap sempurna.

Air Kelapa

Vitamin C yang terkandung di dalamnya dapat digunakan untuk menghilangkan stretch mark dan bekas luka di kulit. Menggunakan air kelapa untuk membasuh bagian stretch mark, ternyata cukup manjur untuk memudarkan warnanya.

Cara menghilangkan stretch mark dengan air kelapa sangat praktis. Hanya perlu menyiapkan air kelapa secukupnya. Lalu gunakan air kelapa untuk membasuhnya. Biarkan beberapa saat. Terakhir bilas dengan air bersih.

4 dari 7 halaman

Bahan Alami untuk Menghilangkan Stretch Mark

Kentang

Kentang mengandung mineral yang berfungsi sebagai antibiotik alami untuk membantu regenerasi kulit. Kandungan Antioksidannya yang alami berfungsi untuk menghilangkan stretch mark dengan segera.

Cara penggunaannya:

1. Tumbuk halus kentang yang telah direbus.

2. Lalu campurkan dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta.

3. Oleskan pada stretch mark.

4. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

Vitamin E

Mengoleskan gel vitamin e pada area yang muncul stretch mark bisa dijadikan solusi memudarkan warnanya secara alami. Kandungan antioksidan pada vitamin E akan mempercepat pertumbuhan sel kulit sehingga membantu memudarkan stretch mark.

Maka dari itu dengan rajin mengoleskan gel vitamin E, hasilnya sel kulit baru dapat memperbaiki jaringan akar yang rusak pada kulit. Semakin cepat pertumbuhan sel, semakin cepat pula stretch mark memudar. Tidak perlu diragukan lagi manfaat vitamin E ini.

 

5 dari 7 halaman

Bahan Alami untuk Menghilangkan Stretch Mark

Vitamin A

Kelompok vitamin A yang disebut retinoid dapat membuat kulit tampak lebih halus dan lebih muda. Khasiatnya yang baik untuk kulit, membuatnya cocok digunakan untuk menghilangkan stretch mark.

Agar kebutuhan vitamin A tercukupi, Anda dapat melakukan diet yang kaya akan makanan tertentu, seperti wortel dan ubi. Mencukupi kebutuhan vitamin ini dapat menjadi salah satu cara alami untuk menghilangkan stretch mark.

Meski demikian, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengidentifikasi semua efek retinoid pada stretch mark.

Putih Telur

Putih telur mengandung banyak protein dan sumber mikronutrien, yang berfungsi untuk mengenyalkan kulit Anda juga mencerahkan kulit. Khasiat ini pun dapat membantu kulit secara alami memudarkan warna stretch mark.

Caranya:

1. Gunakanlah putih telur sebagai lotion kulit alami.

2. Untuk menghindari bau amis, tambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis atau lemon.

6 dari 7 halaman

Bahan Alami untuk Menghilangkan Stretch Mark

Cocoa Butter

Cocoa butter mengandung mineral yang telah terbukti baik untuk kesehatan kulit, yakni kalsium, potasium, seng, mangan, besi, serotonin dan tritophan, serta vitamin E.

Cocoa butter bisa digunakan untuk melembutkan, melembapkan, dan berfungsi sebagai penangkal radikal bebas pada kulit. Cukup oleskan cocoa butter pada sctretch mark sebanyak dua kali sehari.

Susu

Susu murni bisa dipakai untuk menghilangkan stretch mark secara alami. Hal ini dipengaruhi oleh sifat alaminya yang menenangkan kulit. Sifat ini bisa sekaligus menenangkan kulit dan memudarkan warnanya.

Caranya, campurkan 2 sendok makan susu murni. Kemudian tambahkan 1 sendok teh air perasan kunyit. Oleskan pada bagian stretch mark. Pijat dengan lembut selama beberapa menit dan biarkan selama 5 menit.

7 dari 7 halaman

Bahan Alami untuk Menghilangkan Stretch Mark

Madu

Madu murni dipercaya kaya khasiat untuk kesehatan kulit. Salah satunya bisa diandalkan untuk menghilangkan bekas luka dan sejenis stretch mark.

Madu dapat membantu dalam mengobati infeksi yang disebabkan oleh luka, membantu memudarkan bekas luka, dan delapan puluh persen karena madu mempunyai sifat anti-inflamasi dan antibakteri.

Caranya, cukup dengan mencampurkan madu dengan sedikit kunyit yang telah dihaluskan. Setelahnya oleskan pada bekas luka atau stretch mark. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

Minyak Wijen

Minyak wijen bisa dipakai untuk menghilangkan stretch mark dengan memudarkan warnanya. Hal ini dipengaruhi oleh sifatnya yang dapat melembapkan kulit dan mencerahkan warna kulit.

Penerapan untuk bisa merasakan manfaatnya juga sangat mudah dan praktis. Caranya tetes dan oleskan minyak wijen langsung pada bagian stretch mark secara rutin.

Teh Hijau

Cara menghilangkan stretch mark secara alami bisa dengan teh hijau. Kandungan Epigallocatechin Gallate (EGCG) atau katekinnya dapat diandalkan untuk memudarkan warnanya.

Zat yang bersifat antioksidan, antibakteri sekaligus antiinflamasi pada teh hijau terbukti dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit.

Cara memudarkan warna stretch mark dengan teh hijau sangat mudah. Gunakan ampas teh hijau. Gosokkan pada bagian stretch mark. Lakukan rutin setiap hari, maka stretch mark akan segera menghilang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.