Sukses

8 Manfaat Teh Daun Bidara dan Cara Membuatnya

Konsumsi teh daun bidara dengan rutin memberi manfaat yang banyak.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat teh daun bidara bisa menjadi alternatif pengobatan untuk berbagai masalah kesehatan. Bidara adalah sejenis pohon kecil penghasil buah yang banyak tumbuh di daerah kering. Daun dari bidara sendiri umumnya berbentuk bulat cenderung lonjong.

Kendati belum terlalu populer, sudah banyak orang menggunakan daun dari pohon bernama Latin Ziziphus mauritiana ini untuk alasan kesehatan. Melansir Klikdokter, bahkan beberapa manfaat teh daun bidara sudah diuji dan dibuktikan oleh beberapa penelitian.

Seperti hasil penelitian pada tahun 2016, terkait manfaat kesehatan dan potensi nutrisi senyawa bioaktif daun bidara. Menurut studi tersebut, tanaman ini diketahui kaya akan polifenol, siklopeptida alkaloid, saponin dammarane, vitamin, mineral, asam amino, dan asam lemak tak jenuh ganda.  Di mana, senyawa-senyawa tersebut memiliki sifat antimikroba, anti-inflamasi, hipoglikemik, antioksidan, dan memiliki efek imunomodulator.

Kemudian, untuk membahas lebih lanjut mengenai apa saja manfaat teh daun bidara, berikut ini Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, Jumat (8/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat Teh Daun Bidara

1. Atasi Sariawan

Manfaat teh daun bidara yang pertama, mampu mengatasi sariawan dan beberapa masalah pada mulut lainnya. Bahkan, daun bidara juga mampu menjaga bibir Anda tetap terhindar dari pecah-pecah.

Manfaat teh daun bidara tersebut tidak lepas dari kandungan antioksidan yang ada di dalamnya. Antioksidan dalam daun bidara tersebut berguna untuk menghalau bakteri yang bersarang di dalam mulut.

2. Turunkan Kolesterol

Kolesterol jahat atau LDL yang ada di dalam darah bisa turun apabila Anda mengonsumsi serat larut dalam air. Untungnya, serat tersebut bisa didapatkan dari air rebusan teh daun bidara. Manfaat teh daun bidara ini akan mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan dan dibuang melalui feses.

3 dari 6 halaman

Manfaat Teh Daun Bidara

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat teh daun bidara bagi kesehatan berikutnya bisa bantu Anda untuk mengatasi gangguan sulit tidur. Studi ilmiah pernah dilakukan pada tikus. Hasilnya, diketahui tikus memiliki waktu tidur yang lebih panjang.

Flavonoid serta saponin yang merupakan senyawa bioaktif dan bisa ditemukan di tumbuhan bidara juga terbukti meningkatkan waktu tidur. Penelitian lain menunjukkan flavonoid dalam daun bidara bisa meningkatkan waktu yang dihabiskan dalam tidur gelombang lambat dan tidur REM.

4. Cegah Penuaan Dini

Manfaat teh daun bidara juga baik untuk mencegah penuaan dini. Daun bidara sendiri memiliki berbagai manfaat antioksidan yang akan berguna dalam mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini.

4 dari 6 halaman

Manfaat Teh Daun Bidara

5. Atasi Masalah Lambung

Kemudian, para penderita masalah lambung juga bisa merasakan manfaat teh daun bidara. Bahan alami ini ternyata telah digunakan selama ribuan tahun untuk mengobati masalah gastrointestinal, termasuk kembung, sakit perut, dan sembelit.

Dalm sebuah penelitian menunjukkan, daun bidara dapat mengurangi asam lambung, sekaligus membantu melindungi dan mengobati tukak lambung.

6. Merawat Rambut

Manfaat teh daun bidara juga bisa merawat rambut. Cara menggunakannya dengan mengoleskan air rebusan teh daun bidara dan jadikan hair tonic. Penggunaan air rebusan teh daun bidara dapat membuat rambut lebih kuat dan mencegah rambut dari kerusakan dan kerontokan.

5 dari 6 halaman

Manfaat Teh Daun Bidara

7. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat teh daun bidara lainnya, dikenal untuk sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan dan stres oksidatif yang melemahkan fungsi kekebalan dan membuat tubuh jadi lebih rentan terhadap penyakit.

Beberapa senyawa yang ditemukan secara alami dalam daun bidara, termasuk saponin, flavonoid, dan polisakarida, memiliki peran yang sangat penting sebagai peningkat imunitas tubuh.

8. Jaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat teh daun bidara terakhir, yaitu baik untuk berbagai masalah pencernaan, serta mampu membantu mengeluarkan racun dalam pencernaan. Bahkan, konsumsi teh daun bidara dengan teratur juga mencegah terjadinya infeksi pada saluran pencernaan.

Dalam sebuah penelitian juga menunjukkan bidara sangat efektif dalam mengatasi sembelit kronis. Maka tidak ada salahnya bagi Anda yang mengalami sembelit atau masalah pencernaan lainnya untuk konsumsi teh daun bidara tersebut.

6 dari 6 halaman

Cara Membuat Teh Daun Bidara

Mengingat sangat banyak manfaat teh daun bidara, maka tidak ada salahnya untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah. Berikut tahapan-tahapannya.

Bahan:

- Daun bidara segar secukupnya

- Air bersih

Langkah:

1. Petik daun bidara secukupnya

2. Kemudian, cuci bersih daun bidara yang sudah dipetik tersebut dengan air mengalir hingga benar-benar bersih

3. Tiriskan dan angin-anginkan hingga air menghilang.

4. Selanjutnya, oven hingga daun kering.

5. Hancurkan daun bidara yang sudah kering tadi atau gunakan mesin penghalus.

6. Masukkan 1 sendok teh daun kering bidara yang sudah dihancurkan tadi ke panci atau teko.

7. Rebus menggunakan air kurang lebih sebanyak 300 ml.

8. Jika sudah mendidih dan air berubah warna, saring dan tuang ke dalam gelas.

9. Jika ingin lebih manis, bisa tambahkan madu atau gula. Sajikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini