Sukses

18 Video Kartun Lucu yang Mengedukasi, Cocok untuk Anak

Rekomendasi video kartun lucu yang baik untuk perkembangan kognitif anak.

Liputan6.com, Jakarta Memilih tontonan untuk anak sebaiknya diperhitungkan betul dan jangan asal-asalan. Penyajian tayangan dengan audio dan visual adalah cara tepat merangsang kognitif anak, salah satunya dengan video kartun lucu yang dapat mengedukasinya.

Ada banyak sekali video kartun lucu yang bisa dijadikan pilihannya. Tentu saja kartun-kartun yang bisa disimak dan habis dalam waktu satu jam saja. Menikmati serial secara audio dan visual bagi anak sebaiknya dilakukan dengan durasi yang tidak terlalu lama.

Nah, video kartun lucu yang bisa dipilih adalah yang banyak memberikan contoh positif. Memaparkan solusi atas sebuah permasalahan serta dapat memberikan pengaruh terhadap tindakan dan alur berpikir anak dengan tepat.

Berikut Liputan6.com ulas video kartun lucu yang mengedukasi dari berbagai sumber, Selasa (12/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Video Kartun Lucu yang Mengedukasi

Nussa

Film kartun karya anak bangsa ini juga mendapat respons yang baik sejak rilis di akun YouTube Nussa Official. Nussa berpusat pada kisah kaka beradik Nussa dan Rara yang sangat inspiratif.

Pesan dalam film kartun ini juga bisa mengedukasi anak-anak muslim untuk rajin beribadah. Selain itu, terdapat lagu-lagu Islami yang dikemas dengan baik sehingga mudah dihafal oleh anak-anak.

Toy Story

Toy Story mengisahkan tentang petualangan Woodie dan kawan-kawannya. Tujuan awal dibuatnya film Toy Story sebenarnya adalah mengajarkan kepada anak-anak untuk mencintai dan merawat mainannya dengan baik.

Sebagaimana diperlihatkan dalam film, para mainan di Toy Story selalu bahagia ketika dimainkan oleh pemiliknya. Sebaliknya, para mainan juga akan sedih ketika ia rusak, diabaikan, dan dibuang.

Upin dan Ipin

Serial kartun asal Malaysia ini juga tak kalah populer di Indonesia. Seperti judulnya, serial kartun ini bercerita tentang keseharian saudara kembar bernama Upin dan Ipin. Mereka tinggal bersama nenek dan kakak perempuannya.

Seperti layaknya anak-anak pada umumnya, Upin dan Ipin juga suka bermain dan membantu orang tua. Selain memiliki kisah yang menarik, serial kartun Upin dan Ipin juga menyisipkan lagu-lagu untuk menghafal alfabet, huruf hijaiyah, dan masih banyak lagi.

3 dari 7 halaman

Video Kartun Lucu yang Mengedukasi

Finding Nemo

Film animasi Finding Nemo juga cocok ditonton berbagai kalangan usia, termasuk anak-anak. Selain mengenalkan berbagai macam hewan-hewan laut, pesan dalam film ini juga inspiratif lho.

Film yang diproduksi oleh Pixar ini, berusaha memperlihatkan cinta kasih dari orang tua kepada anaknya. Hal ini tergambar pada karakter ikan badut bernama Marlin yang sanggup melintasi lautan demi mencari dan menyelamatkan anaknya, Nemo.

Curious George

Tokoh George dibuat untuk mewakili sifat anak-anak yang selalu ingin tahu. Nah, film kartun ini berpesan agar anak-anak tak perlu takut untuk bertanya.

Sebab banyak hal baru yang kadang membutuhkan penjelasan dari orang dewasa. Film ini juga mengajarkan kepada anak-anak untuk menumbuhkan jiwa kreativitas.

Zootopia

Film yang diproduksi oleh Disney ini mengisahkan tentang seekor kelinci bernama Juddy Hopps yang bercita-cita menjadi polisi di kota besar Zootopia. Penuh semangat dan kerja keras, pada akhirnya Juddy dan rekannya Nick Wilde berhasil membasmi kasus kejahatan.

Jalan cerita film ini sangat menarik untuk anak-anak, karena terdapat kerja sama antara kelinci dan serigala yang notabene merupakan hewan yang tidak dapat berteman.

Pembelajaran untuk toleransi dan saling mempercayai kepada teman juga tergambar di film ini. Selain itu, film ini juga mengedukasi anak-anak untuk mengenali berbagai macam hewan yang ada di penjuru dunia.

4 dari 7 halaman

Video Kartun Lucu yang Mengedukasi

Moana

Moana merupakan proyek Disney untuk mengeksplorasi sejarah, budaya, dan cerita rakyat laut Polinesia. Tokoh utama dari animasi ini adalah seorang manusia setengah dewa, Maui (didubbing oleh Dwayne Johnson) dan seorang gadis Hawaii bernama Moana (didubbing oleh Auli'i Cravalho) yang berarti lautan.

Karakter Maui dalam film ini, diangkat dari mitos yang hidup di masyarakat Hawai. Namanya, kemudian diabadikan sebagai salah satu pulau di kepulauan Hawai.

Dumbo

Dumbo adalah salah satu film animasi populer yang sudah pernah tayang di 1941. Kemudian Disney menggarap ulang animasi tersebut dan dibuat sebagai film live action. Live action ini ialah film dengan kolaborasi antara animasi dengan kehidupan real.

Film Dumbo yang menceritakan tentang gajah kecil yang dilatih sirkus ini, dibintangi oleh banyak aktor hebat, di antaranya Eva Green dan Collin Farel. Selain itu film ini ternyata juga melibatkan pekerja sirkus sungguhan.

Hal itu dilakukan agar, pengerjaan film ini terlihat lebih real serta mempercepat proses pengerjaan film. Hasilnya pun jangan diragukan lagi, adegan sirkus terlihat begitu menarik dan siap membuat penikmat film terpana.

Larva

Sesuai dengan judulnya, film kartun ini berpusat pada karakter larva berwarna merah dan kuning. Pada awalnya mereka hidup di selokan dan berebut makanan apa saja yang jatuh dari atas. Ada lelehan es krim, permen karet, hingga remahan roti.

Selain itu ada pula karakter lalat, belalang, dan serangga lain yang turut mewarnai cerita. Meski merupakan silent cartoon, namun Larva tak pernah gagal membuat para penonton tertawa. Film kartun ini berasal dari Korea Selatan dan diproduksi Tuba Entertaiment.

5 dari 7 halaman

Video Kartun Lucu yang Mengedukasi

Adit Sopo Jarwo

Mengambil suasana kampung Indonesia dengan penduduk yang beragam, serial kartun ini disebut-sebut relate dengan kehidupan. Tiga tokoh dalam serial ini pun cukup menyita perhatian.

Adit digambarkan sebagai anak laki-laki yang sopan, Jarwo sebagai sosok yang humoris dan gegabah, sedangkan Sopo adalah sosok yang sangat polos dan penurut.

Tom & Jerry

Film kartun yang diproduksi MGM asal Amerika Serikat ini mengisahkan seekor kucing bernama Tom dan tikus bernama Jerry yang selalu bertengkar. Aksi-aksi pertengkaran Tom dan Jerry sering membuat gelak tawa penonton.

Tom and Jerry merupakan sebuah film kartun pendek yang sangat bersejarah di dunia. Film yang pernah meraih Piala Oscar ini disutradarai animator terkenal, William Hanna dan Joseph Barbera.

SpongeBob SquarePants

SpongeBob SquarePants adalah salah satu serial kartun yang terkenal di dunia. Di Indonesia sendiri, kartun SpongeBob sangat digemari. Nah, serial kartun ini berpusat pada sponge kuning bernama SpongeBob.

Ia tinggal di tempat bernama Bikini Bottom. Sepanjang seri, SpongeBob banyak melakukan aktivitas bersama makhluk laut yang lain, sepeti Patrick si bintang laut, Krabs si kepiting, Squidward si cumi-cumi, dan masih banyak lagi.

6 dari 7 halaman

Video Kartun Lucu yang Mengedukasi

Doraemon

Serial kartun yang berasal dari Jepang ini mengisahkan tentang robot kucing bernama Doraemon yang membantu seorang anak bernama Nobita. Kedatangan Doraemon pun bukan tanpa tujuan. Ia adalah robot yang berasal dari abad ke-22.

Dikisahkan Doraemon sengaja dikirim oleh cucu Nobita untuk memperbaiki kondisi keluarga mereka di masa depan. Nah, selama tinggal di abad ke-20, Doraemon, Nobita, dan teman-temannya sering melakukan banyak petualangan berkat kantong ajaib yang dimiliki Doraemon.

Crayon Shin-chan

Berpusat cerita pada tokoh bernama Shin-chan, ia adalah anak laki-laki yang masih bersekolah di taman kanak-kanak. Karakter Shin-chan sendiri digambarkan sebagai sosok yang lucu, aktif, namun genit.

Menariknya, Shin-chan juga berteman dengan anak lain yang memiliki karakter berbeda lho. Di rumah, Shin-chan juga memiliki adik perempuan bernama Himawari.

Shaun the Sheep

Film kartun asal Inggris yang dibuat Nick Park ini sangat diminati anak-anak terutama di Britania Raya dan Indonesia. Film ini mengisahkan tentang kawanan domba yang sering mendapat masalah, baik karena kawanan domba lain maupun dari pemiliknya.

Menghadirkan karakter utama bernama Shaun, ia digambarkan memiliki kecerdasan layaknya manusia. Tak jarang, Shaun sering sekali memiliki ide-ide aneh untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Hal ini membuat gelak tawa penonton. Selain kawanan domba, ada karakter anjing penjaga yang turut terlibat dalam cerita.

Film kartun Shaun the Sheep juga termasuk dalam animasi slow motion lho. Sehingga pengerjaannya cukup rumit dengan ribuan boneka dan foto-foto.

7 dari 7 halaman

Video Kartun Lucu yang Mengedukasi

Frozen

Siapa yang tak kenal film kartun lucu satu ini. Frozen dibuat berdasarkan dongeng Hans Christian Andersen berjudul Ratu Salju. Film ini begitu laris dengan lagu andalannya Let It Go dan menjadi ikon film kartun lucu yang digemari para anak. Bahkan pada November 2019, Disney akan segera merilis Frozen 2.

Frozen menceritakan dua kakak beradik yatim piatu bernama Elsa dan Anna. Elsa yang sejak kecil memiliki kutukan 'es' mulai menjauhi Anna karena tak ingin kutukannya menyakiti Anna. Pada akhirnya Elsa mampu mengendalikan kutukannya dan menjadikannya sebagai kekuatan unik.

Coco

Film kartun lucu COCO merupakan film animasi produksi Pixar yang dirilis pada 22 November 2017. Film COCO merupakan kisah Miguel Rivera seorang anak berusia 12 tahun yang tinggal bersama neneknya bernama Coco.

Saat Coco kecil, ia tinggal bersama sang ibu, Imelda Rivera, dan saat itu musik sangat dilarang dalam keluarganya. Namun Miguel justru diam-diam bermimpi menjadi musisi seperti Ernesto de la Cruz yang merupakan seorang bintang film dan penyanyi populer generasi Imelda.

Film ini menampilkan petualangan Miguel di Negeri Orang Mati. Ia melakukan perjalanan yang di luar dugaan untuk mencari tahu tentang sejarah keluarganya.

Di sanalah Miguel mengetahui kisah ayah Coco sebenarnya dan membuktikan kemampuan bermusik pada keluarga besar yang menentang bakatnya.

Frozen 2

Frozen 2 merupakan film Disney ke-61 dan menjadi film terakhir di dekade 2010-an. Khalayak tampak tak sabar menanti kehadiran Putri Elsa dan Anna. Buktinya, cuplikan resmi Frozen 2 yang dirilis pada 13 Februari 2019 di jagat maya menjadi trailer paling ditonton sepanjang sejarah.

Frozen 2 menceritakan tiga tahun setelah peristiwa di Frozen 2013. Putri Elsa yang beranjak dewasa mendengar suara asing dari kawasan utara. Penasaran dengan pertanda dari utara, Elsa mengajak adiknya, Anna, Kristoff, Olaf, dan Sven untuk memulai perjalanan baru. Elsa ingin tahu dari mana kekuatan ajaibnya berasal.

Pencinta film Indonesia mendapat kesempatan menyaksikan petualangan baru Elsa dan kawan-kawan dua hari lebih awal. Mengingat, di AS, Frozen 2 baru tayang 22 November 2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini