Sukses

10 Manfaat Minyak Vitamin E untuk kulit, Melembapkan dan Kaya Antioksidan

Liputan6.com, Jakarta Vitamin E merupakan salah satu vitamin yang memiliki manfaat baik bagi kulit. Vitamin E adalah sekelompok vitamin yang larut dalam lemak dengan efek antioksidan yang kuat. Salah satu bentuk vitamin E yang bisa ditemukan adalah minyak vitamin E.

Minyak vitamin E berasal dari vitamin E dan dapat dioleskan langsung ke kulit, atau ditambahkan ke lotion, krim, dan gel. Minyak vitamin E berbeda dengan suplemen vitamin E karena dioleskan langsung ke kulit. Manfaat vitamin E banyak digunakan dalam produk perawatan kulit.

Minyak vitamin E diklaim memiliki manfaat antipenuaan. Manfaat potensial minyak vitamin E berasal dari kandungan antioksidannya. Ini dapat melawan peradangan dan memperlambat efek radikal bebas. Sifat melembapkan vitamin E juga sangat berguna untuk kesehatan kulit.

Berikut manfaat minyak vitamin E untuk kulit, dirangkum Liputan6.com dari Medical News Today, Rabu (20/1/2021).

2 dari 6 halaman

Manfaat Minyak Vitamin E untuk kulit

Lembapkan kulit

Vitamin E ditemukan di banyak produk pelembap. Minyak vitamin E dapat digunakan sebagai pelembap untuk mencegah atau merawat kulit kering dan mengelupas. Vitamin E bisa mengembalikan kelembapan yang hilang dan bekerja paling baik pada kulit kering. Kamu bisa mencampurkan beberapa tetes minyak vitamin E dengan losion pelembab malam dan mengoleskannya ke tubuh sebelum tidur.

Sembuhkan luka

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen vitamin E dapat meningkatkan penyembuhan luka. Ada kemungkinan bahwa minyak vitamin E topikal mungkin menawarkan manfaat serupa. Tetapi hanya ada sedikit penelitian tentang masalah ini.

Satu studi menemukan bahwa salep vitamin E dan Aquaphor tidak berbeda dalam menyembuhkan 90 persen bekas luka pada orang yang baru saja menghilangkan bercak kanker kulit. Dan sepertiga dari peserta yang menggunakan vitamin E mengembangkan ruam merah dan gatal yang disebut dermatitis kontak.

Namun, penelitian berbeda menemukan bahwa anak-anak dengan bekas luka operasi yang menggunakan vitamin E tiga kali sehari tidak mengalami keloid, atau jaringan parut ekstra di atas luka. Para peneliti menyimpulkan bahwa menggunakan bentuk topikal vitamin E sebelum dan sesudah operasi memperbaiki cara penyembuhan luka.

3 dari 6 halaman

Manfaat Minyak Vitamin E untuk kulit

Cegah kanker kulit

Sebuah studi tahun 2013 menemukan bahwa tikus yang diberi suplemen yang mengandung vitamin E lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker kulit, bahkan ketika terkena sinar ultraviolet dalam jumlah besar. Namun, penelitian pada manusia belum menemukan manfaat pencegahan kanker kulit yang terkait dengan vitamin E.

Redakan gatal

Vitamin E tidak dapat mengobati reaksi alergi, infeksi, dan masalah lain yang menyebabkan gatal-gatal pada kulit. Namun, karena sifatnya yang melembapkan, minyak vitamin E bisa membantu meredakan sementara gatal yang disebabkan oleh kulit kering. Menjaga kulit tetap lembap dapat membantu mencegah kulit kering, dan mencegah gejala seperti gatal.

4 dari 6 halaman

Manfaat Minyak Vitamin E untuk kulit

Atasi eksim

Vitamin E dapat mengurangi kekeringan, gatal, dan pengelupasan yang terkait dengan eksim, atau dermatitis atopik. Satu studi menemukan bahwa suplemen vitamin E oral dapat menghasilkan perbaikan yang signifikan pada gejala eksim. Meskipun minyak vitamin E belum dipelajari dengan baik dalam pengobatan eksim, minyak ini dapat meningkatkan efektivitas pelembab topikal.

Atasi psoriasis

Setidaknya satu penelitian telah mengaitkan vitamin E topikal dengan pengurangan gejala psoriasis. Lebih baik lagi, penelitian tersebut menunjukkan bahwa tidak ada efek samping yang serius.

Namun, efek vitamin E pada psoriasis tidak sebaik perawatan yang tersedia. Minyak vitamin E mungkin merupakan pilihan yang baik untuk orang yang ingin menghindari pengobatan resep dan yang memiliki psoriasis ringan.

5 dari 6 halaman

Manfaat Minyak Vitamin E untuk kulit

Cegah dan kurangi bekas luka

Vitamin E telah dikaitkan dengan pengurangan bekas luka. Namun, penelitian tentang manfaat ini masih sangat terbatas. Penelitian menunjukkan bahwa kulit dengan kelembapan yang baik cenderung lebih jarang mengembangkan bekas luka.

Jadi bagi orang yang tidak memiliki reaksi alergi terhadap vitamin E, menggunakannya sebagai pelembap sembari menyembuhkan luka mungkin menawarkan beberapa manfaat.

Cegah garis halus dan keriput

Manfaat pelembap dari minyak vitamin E dapat membantu kulit terlihat lebih muda dan tidak keriput. Ini karena ulit kering cenderung terlihat lebih keriput daripada kulit yang lembap.

Meski begitu, manfaat minyak vitamin E untuk mencegah kerutan masih sangat minim. Strategi terbaik untuk mencegah kerutan adalah dengan menghindari sinar matahari langsung dan memakai tabir surya yang berkualitas.

6 dari 6 halaman

Manfaat Minyak Vitamin E untuk kulit

Cegah sunburn

Penelitian terbatas menunjukkan bahwa vitamin E dapat mencegah atau mengurangi pembentukan luka bakar akibat sinar matahari. Ini karena minyak vitamin E dapat melembabkan dan menenangkan kulit yang kering dan bersisik.

Minyak ini dapat membantu meredakan rasa terbakar dan gatal akibat sengatan matahari. Vitamin E adalah sumber antioksidan yang menetralkan efek radikal bebas yang disebabkan oleh radiasi ultraviolet, sehingga menenangkan kulit terbakar sinar matahari. Namun, memakai tabir surya dan menghindari paparan sinar matahari langsung tetap menjadi strategi terbaik untuk melindungi kulit.

Sehatkan kuku

Penelitian menunjukkan bahwa suplementasi vitamin E dapat mencegah sindrom kuku kuning, yang menyebabkan kuku mengelupas, retak, dan menguning. Manfaat pelemba minyak vitamin E juga dapat mendukung kesehatan kuku dengan mencegah kutikula pecah-pecah dan kulit kering di sekitar bantalan kuku.