Sukses

40 Makanan Tradisional Indonesia, Punya Keunikan Tiap Daerah

Hampir setiap daerah memiliki jenis makanan tradisionalnya sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Makanan tradisional Indonesia kaya akan keanekaragaman. Hampir setiap daerah memiliki jenis makanan tradisionalnya sendiri. Makanan tradisional Indonesia tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Makanan tradisional Indonesia punya rasa yang otentik. Mulai dari olahan sayuran, daging, hingga aneka jajanan, makanan tradisional Indonesia selalu memanjakan lidah. Makanan tradisional Indonesia memanfaatkan bahan-bahan lokal yang menjadi salah satu kekayaan hayati Indonesia.

Makanan tradisional Indonesia juga menjdi kebanggaan setiap masyarakatnya. Berikut makanan tradisional Indonesia dengan beragam cita rasa, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (22/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Makanan tradisional Indonesia: Sate

Sate Madura

Siapa yang tak kenal sate Madura. Hampir di tiap daerah kamu bisa menemukan sate Madura. Sate Madura adalah sate ayam dengan bumbu kacang yang khas.

Sate Padang

Selain sate Madura, sate Padang juga sangat populer di kalangan pencinta sate. Sate Padang memakai bahan daging sapi, lidah, atau jerohan (jantung, usus, dan tetelan) dengan bumbu kuah kacang kental ditambah cabai yang banyak sehingga rasanya pedas.

Sate Ponorogo

Sekilas, tampilan sate ini mirip dengan sate ayam Madura. Bedanya, sate Ponorogo dipotong dengan cara menyayat tipis daging ayam menyerupai fillet. Selain itu, sebelum dibakar, sate Ponorogo terlebih dahulu dibacem atau direndam dalam bumbu agar lebih meresap ke daging.

Sate bandeng

Tak cuma daging dan ayam, sate juga bisa terbuat dari ikan bandeng. Sate bandeng merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari Banten. Keistimewaan sate bandeng ini adalah tak memiliki duri dan tekstur daging yang empuk.

Sate Kere

Sate kere merupakan kuliner khas Solo yang terbuat dari tempe gembus. Sebelum dibakar sate kere dibumbui dengan bumbu khas dan kemudian ditambahkan saus kacang. Sate ini nikmat disantap berasama lontong dan sambal.

Sate Kolombi

Sate Kolombi merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari Sulaewsi Utara. Kolombi dalam bahasa setempat berarti keong. Sate Kolombi merupakan olahan keong mas yang dibumbui, ditusuk seperti sate, dan dibakar di atas bara api. Sate Kolombi biasa disajikan dengan sambal kacang atau campuran ikan.

 

3 dari 9 halaman

Makanan tradisional Indonesia: Soto

Coto Makassar

Coto Makassar merupakan kuliner andalan Makassar. Hidangan ini bahkan sudah sangat sebagai makanan tradisional Indonesia. Hidangan satu ini berisi jeroan dan daging sapi. Coto Makassar biasa disantap bersama buras atau ketupat. Coto Makassar terkenal dengan kuahnya yang kental dan kaya akan rempahnya.

Sroto Sokaraja

Soto Sokaraja merupakan makanan khas Indonesia dari Purwokerto. Sroto Sokaraja disantap dengan potongan ketupat. Potongan ketupat dicampur dengan irisan daging ayam atau sapi, sohun, tauge, daun bawang, dan taburan kerupuk. Campuran ini kemudian disiram kuah kaldu sapi atau ayam yang gurih.

Tauto

Tauto merupakan soto khas Pekalongan, Jawa Tengah. Makanan khas Jawa Tengah merupakan perpaduan kuliner Tionghoa dan India yang menyatu di Pekalongan. Keistimewaan soto ini adalah danya tambahan tauco di dalamnya. Adanya tauco memberi warna dan rasa yang khas pada jenis soto ini.

Soto Betawi

Kuah soto Betawi merupakan campuran santan dan susu yang membuat cita rasa soto ini begitu legendaris. Soto betawi berisi jerohan dan seringkali organ-organ lain juga disertakan, seperti mata, terpedo, dan juga hati. Daging sapi juga menjadi bahan campuran dalam soto Betawi.

Soto Banjar

Soto Banjar adalah soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan. Soto ini memiliki aroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkih. Soto Banjar berisi daging ayam yang sudah disuwir-suwir, dengan tambahan perkedel, kentang rebus, rebusan telur, potongan wortel dan ketupat. Kuah Soto Banjar juga biasanya dicampur dengan sedikit susu yang membuat warna kuahnya sedikit keruh.

4 dari 9 halaman

Makanan tradisional Indonesia: Nasi

Nasi uduk

Nasi uduk merupakan makanan tradisional Indonesia khas Betawi. Nasi uduk terbuat dari nasi yang diaron dan dikukus dengan santan, serta dibumbui dengan pala, kayu manis, jahe, daun serai dan merica. Nasi uduk biasa dihidangkan dengan emping goreng, tahu goreng, telur dadar, dan abon kering, tempe, bawang goreng, ayam goreng, timun serta sambal kacang.

Nasi Jaha

Nasi Jaha merupakan olahan nasi khas Sulawesi Utara. Cara memasak nasi jaha mirip dengan nasi lemang khas Melayu. Nasi jaha yang merupakan campuran beras dan ketan dibumbui dengan rempah seperti jahe, bawang merah, bawang putih, dan garam. Seluruh bahan dimasukkan ke dalam batang bambu dan kemudian dibakar dalam bara api. Nasi Jaha disajikan dengan dipotong dengan ukuran 8 sampai 10 cm dan dimakan bersama sajian khas lainnya.

Nasi Liwet

Nasi Liwet merupakan makanan khas Solo. Sekilas makanan khas Jawa Tengah ini mirip dengan nasi gurih atau nasi uduk. Nasi liwet adalah nai yang dimasak dengan santan kelapa sehingga mendapatkan rasa gurih. Nasi liwet disajikan bersama sayur labu siam dan suwiran ayam gurih.

Nasi Bambu

Nasi Bambu terbuat dari beras ketan dan campuran santan. Beras dan santan kemudian dimasukkan ke dalam bambu yang sebelumnya telah dilapisi oleh daun pisang. Bambu kemudian dibakar cukup lama, kurang lebih 6 jam. Nasi Bambu memiliki cita rasa khas gurih dan nikmat dan cocok disantap bersama sajian ikan.

Nasi Kelapa

Nasi kelapa merupakan makanan tradisional Ambon. Nasi ini serupa dengan nasi uduk yang ada di Jawa. Bahan utama nasi ini adalah beras dan santan kelapa. Namun, teknik memasak nasi kelapa khas Ambon ini sedikit berbeda. Santan dicampur dua kali hingga nasi terasa lebih gurih dan tidak lengket. Nasi ini juga dibumbui dengan bawang putih, bawang merah, air lemon, garam, dan terasi.

5 dari 9 halaman

Pecel, gado-gado, karedok, ketoprak

Pecel

Pecel merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari Jawa. Pecel berisi aneka sayuran rebus seperti kangkung, bayam, tauge, daun singkong dan banyak lainnya. Sayuran ini kemudian disiram dengan bumbu kacang.

Gado-gado

Gado-gado merupakan makanan tradisional Indonesia yang dianggap sebagai saladnya Indonesia. Gado-gado mirip dengan pecel, berisi sayuran rebus dengan siraman bumbu kacang. Yang membedakan pecel dan gado-gado adalah campuran bahan dan tekstur bumbunya. Bumbu gado-gado biasanya diberi tambahan kentang rebus. Selain itu, gado-gado juga menambahkan telur rebus di dalamnya.

Karedok

Berbeda dengan pecel dan gado-gado, karedok berisi aneka sayuran mentah. Karedok biasanya berisi mentimun, taoge, kol, kacang panjang, ubi, daun kemangi, dan terong. Karedok juga disantap bersama bumbu kacang yang pedas. Salah satu ciri dari karedok adalah menggunakan oncom bakar.

Ketoprak

Ketoprak merupakan makanan khas Betawi. Ketoprak berisi tahu, bihun, mentimun, taoge dan bisa juga memakai telur rebus yang dilengkapi dengan saus kacang, kecap manis, dan taburan bawang merah goreng.

6 dari 9 halaman

Olahan daging

Konro

Konro adalah olahan iga sapi khas Bugis, Makassar. Konro biasa diolah menjadi sup konro dengan kuah coklat kehitaman. Tulang iga diolah dengan cara direbus atau dibakar dan dihidangkan dalam kuah kaldu sup.

Rendang

Rendang merupakan makanan tradisional Indonesia yang sudah mendunia. Rendang dibuat dari daging yang dimasak bersama santan dan rempah dalam waktu yang lama. Makanan khas Sumatera Barat ini dikenal akan kelezatannya yang tiada tara.

Dendeng

Dendeng adalah daging yang dipotong tipis menjadi serpihan yang lemaknya dipangkas, dibumbui dengan saus asam, asin atau manis dengan dikeringkan dengan api kecil atau diasinkan dan dijemur. Sama dengan rendang, dendeng juga merupakan makanan khas Sumatera Barat.

Tongseng

Tongseng merupakan makanan tradisional Indonesia asal Jawa Tengah. Tongseng dibuat dengan menggunakan daging yang masih melekat pada tulang, terutama tulang iga dan tulang belakang. Tongseng pada umumnya menggunakan daging kambing, meskipun ada pula tongseng daging sapi dan kerbau. Tongseng juga biasanya diberi tambahan sayuran seperti kol, bawang putih, tomat, dan kecap.

7 dari 9 halaman

Olahan ayam dan bebek

Ayam Cincane

Ayam cincane adalah masakan khas Kalimantan Timur. Hidangan ini sering dijumpai pada acara-acara besar, seperti pesta pernikahan dan acara penyambutan tamu-tamu kehormatan. Selain itu, masakan ini juga dapat dijumpai di beberapa kedai ataupun rumah makan. Ayam cincane merupakan olahan daging ayam kampung yang disajikan bersama bumbu berwarna kemerahan menjadi ciri khas tersendiri dari menu ayam cincane.

Ayam Lodho

Ayam Lodho merupakan makanan tradisional khas Jawa Timur. Ayam lodho merupakan olahan ayam kampung yang dibakar dan kemudian dimasak lagi bersama santan dan bumbu pedas. Tekstur ayam lodho sangat empuk dan lembut. Ayam lodho memiliki cita rasa pedas mengggit berkat rempah dan cabainya.

Ayam Taliwang

Ayam Taliwang adalah makanan khas Pulau Lombok. Daging ayam yang disajikan berasal dari ayam kampung muda yang dibakar kemudian dibumbui dengan semacam saus rempah. Makanan ini biasanya disajikan bersama makanan khas Lombok yang lain, misalnya plecing kangkung.

Bebek songkem

Bebek Songkem adalah masakan khas madura berupa olehan bebek yang dikukus. Bebek songkem dimasak dengan cara dikukus sehingga rendah kolesterol. Bebek dibersihkan, dibumbui dengan rempah khas, ditelungkupkan, dan dikukus menggunakan daun pisang selama 3 jam.

Bebek betutu

Bebek betutu merupakan makanan khas Bali yang sangat populer. Bebek betutu dimasak bersama bumbu khas Bali berupa bumbu genep dan bumbu wewangena. Bebek Betutu biasanya dibuat dari bebek yang dibungkus daun pisang, lalu dibungkus lagi dengan pelepah pinang. Bebek ditanam dalam lubang di tanah dan ditutup dengan bara api selama 6-7 jam sampai matang.

Gulai itiak

Gulai itiak adalah makanan tradisional Indonesia dari Koto Gadang Agam, di Bukittinggi. Masakan ini menggunakan itik sebagai bahan dasar, dengan bumbu cabe kriting hijau, laos, kunyit, jahe, daun salam daun jeruk dan daun kunyit. Bebek (itik) muda yang setelah dipotong lalu dibakar terlebih dahulu. Hasilnya adalah gulai bebek (itik) yang bewarna hijau.

8 dari 9 halaman

Olahan seafood

Iwak Pakasam

Pakasam atau jukut adalah menu masakan khas dari Suku Banjar, Kalimantan Selatan. Pakasam berbahan dasar ikan yang diasinkan melalui proses permentasi dengan garam. Ikan yang diperam, dicampur dengan taburan beras ketan yang telah digoreng. Ikan yang akan dijadikan Pakasam bisa jenis apa saja. Namun yang paling diminati adalah Pakasam anakan ikan dan Pakasam Papuyu. Salah satu jenis ikan yang biasa dibuat pakasam adalah ikan sepat rawa.

Cakalang Fufu

Cakalang fufu merupakan olahan ikan cakalang atau tongkol yang dibumbui, dijepit dengan kerangka bambu, dan diasap hingga matang. Kuliner ini merupakan hidangan khas Minahasa, Sulawesi Utara. Daging ikan dibaluri garam dan bubuk soda. Cakalang Fufu biasa dikonsumsi bersama nasi panas dan dabu-dabu.

Mangut lele

Mangut lele merupakan makanan khas "Mataraman" yaitu Yogya-Solo dan Semarang-Kendal. Mangut lele merupakan olahan lele goreng yang diberi bumbu mangut. Bumbu mangut berisi cabai rawit, belimbing wuluh, aneka rempah, dan santan.

Ikan kuah kuning

Ikan kuah kuning biasanya disantap bersama papeda. Makanan khas Papua satu ini menggunakan ikan cakalang, gabus, mubara, atau tongkol. Ikan diolah dengan bumbu kunyit dan belimbing wuluh. Olahan ikan kuah kuning memiliki rasa asam yang segar.

Ikan Asar

Ikan Asar menjadi olahan ikan khas Ambon yang tak boleh terlewatkan. Ikan Asar merupakan olahan ikan cakalang atau ikan tuna yang diasapkan. Di sini ikan cakalang atau tuna dibumbui lalu ditusuk dengan bambu lalu diasapkan hingga matang. Ikan asar juga tekenal bisa bertahan lama dan menjadi salah satu oleh-oleh khas Ambon yang banyak diburu. Ikan ini biasa disantap bersama nasi hangat dengan sambal colo-colo.

9 dari 9 halaman

Sambal

Dabu Dabu

Dabu-dabu adalah jenis sambal khas Sulawesi Utara yang biasa disajikan bersama ikan atau bubur Manado. Dabu-dabu terdiri dari irisan cabai merah, rawit, bawang merah, tomat, jeruk nipis, kemangi, dan garam. Dengan varian yang beragam seperti dabu dabu iris, dabu dabu bakar, dabu dabu lilang, serta dabu dabu lemong membuat makanan menjadi bertambah lezat.

Sambal colo-colo

Sambal Colo-Colo merupakan pelengkap makanan khas Papua dan wilayah timur lainnya. Salah satu hidangan lezat yang dinikmati bersama sambal colo-colo adalah ikan bakar. Bahan dasar sambal colo–colo adalah bawang merah, cabai rawit, tomat, daun kemangi dan jeruk lemon cina. Sambal ini tidak diulek melainkan disantap berupa irisan-irisan begitu saja.

Sambal belacan

Sambal belacan merupakan sambal yang terbuat dari belacaatau udang yang dilumatkan. Sambal ini juga dapat digabung dengan bahan lain seperti kangkung untuk menghasilkan sambal kangkung, dengan cumi-cumi untuk menghasilkan sambal sotong, dan dengan telur untuk sambal telur.

Samba lado

Sambal ini berasal dari Minangkabau. Cabai untuk sambal ini dikukus setengah matang bersama bawang putih, bawang merah atau bawang bombai, dan tomat. Lalu digerus kasar dan diberi perasan jeruk nipis serta garam dan digoreng sebentar. Biasanya sambal ini memiliki cita rasa yang sangat pedas.

Sambal lu'at

Sambal lu'at berasal dari Nusa Tenggara Timur, dibuat dari cabai, jeruk nipis, daun siba, dan daun kemangi. Sambal ini biasa disantap dengan daging se'i dan jagung bose.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.