Sukses

5 Fakta Anji Positif COVID-19 Tanpa Gejala, Sembuh di Hari ke-13

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan selebritas Tanah Air sangat menarik untuk diikuti. Seperti kehidupan dari musisi Anji yang baru-baru ini mengabarkan ia pernah dinyatakan positif COVID-19. Ya, pemilik nama lengkap Erdian Aji Prihartanto dinyatakan positif pada 7 Januari 2021 lalu.

Cerita pelantun lagu Dia positif COVID-19 ia bagikan melalui kanal YouTube Dunia MANJI pada Minggu (24/1/2021). Anji mengungkapkan fakta-fakta dari sejak ia dinyatakan positif hingga harus isolasi diri secara mandiri di studionya selama 13 hari.

Salah satu fakta yang menarik dari Anji terkait ia positif COVID-19 yakni ia berstatus orang tanpa gejala (OTG). Anji mengakui tidak merasakan sakit apapun semenjak ia dinyatakan positif. Meski merasa baik-baik saja, pria berusia 42 tahun ini tetap minum vitamin-vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya.

"CERITA POSITIF, semoga ada gunanya terutama buat Orang Tanpa Gejala," ungkap di video YouTube berjudul POSITIF DILAWAN POSITIF channel Dunia MANJI, Minggu (24/1/2021).

Berikut Liputan6.com rangkum dari YouTube Dunia MANJI, fakta Anji dinyatakan OTG dan cerita hingga negatif COVID-19, Senin (25/1/2021).

2 dari 6 halaman

1. Kronologi Anji positif COVID-19

Anji dinyatakan positif COVID-19 pada 7 Januari 2021. Mantan personel Drive tersebut menceritakan kronologi bagaimana ia bisa terkena virus tersebut. Ia menuturkan bahwa virus tersebut terdeteksi saat berada di Bandung, Jawa Barat. Di sana Anji bertemu banyak orang untuk keperluan pekerjaan membuat konten.

"Tapi mungkin saya kena di Kota Bandung karena saya banyak ketemu orang di sana. Saya membuat konten beberapa hari di Kota Bandung, lalu saya menunggu waktu pulang dan tes PCR," ujar Anji.

Setelah pulang dari Bandung dan hendak mengisi acara TV bersama Melly Goeslaw, Ruth Sahanaya, dan Pinkan Mambo, Anji melakukan PCR. Tak disangka, pelantun lagu Bidadari tak bersayap malah dinyatakan COVID-19. Hasil yang keluar cukup mengagetkan, pasalnya dari Anji dan tiga kru yang melakukan tes PCR hanya Anji yang dinyatakan positif.

3 dari 6 halaman

2. Status Anji OTG

Salah satu fakta menarik, Anji menuturkan ia dinyatakan positif COVID-19 tanpa gejala. Ia tidak merasakan sakit apapun dan merasa baik-baik saja. Ia bahkan bisa mencium kentut dan merasa tidak demam. Oleh sebab itu, ia harus isolasi sekiranya 10 harian. Anji juga disarankan dokter untuk minum vitamin agar daya tahan tubuhnya meningkat.

"Aku bisa cium kentut ku sendiri, aku enggak demam, aku di sini dulu ya, 10 harian," ujar Anji saat telepon ke Wina Natalia.

4 dari 6 halaman

3. Isolasi mandiri di studio

Setelah hasil tes PCR dinyatakan positif, pria berusia 42 tahun memutuskan untuk isolasi mandiri di studio. Di sana ia menghabiskan waktu 13 hari hingga ia dinyatakan negatif COVID-19. Ayah dua anak ini lalu mengabarkan ke istri, Wina Natalia melalui sambungan telepon.

"Jadi saya telepon istri saya, saya bilang bahwa saya isolasi mandiri di studio saja. Karena di sini saya memiliki ruang gerak lebih, tidak ada anak-anak dan tidak ada siapapun di sini. Saya benar-benar sendirian," ucapnya.

Di studio, Anji melakukan banyak kegiatan saat isolasi diri. Mulai dari bermain musik hingga menonton drama korea rekomendasi istri dilakukan Anji untuk membunuh rasa bosannya. Bagi Anji, terus berperilaku positif dan berpikiran positif saat kondisi COVID-19 sangat penting untuk meningkatkan imun tubuh.

 

5 dari 6 halaman

4. Anji rutin tes antigen.

Anji yang merupakan orang berstatus positif tanpa gejala terus menjaga kesehatan tubuhnya. Ia selalu rutin minum vitamin agar tubuhnya selalu sehat. Pelantun lagu Dia sampai membeli alat SARS-COV-2 Antigen Detection melalui air liur. Alhasil, sejak hari ke-8 isolasi, Anji rutin melakukn tes antigen.

"Di hari ketujuh, saya membeli SARS-COV-2 Antigen Detection melalui air liur. Ini dilakukan pagi hari, sebelum makan dan sebelum minum."

 

6 dari 6 halaman

5. Sembuh di hari ke-13

Anji yang selalu rutin tes antigen dari hari ke-7, akhirnya dinyatakan negatif COVID-19. Sebenarnya Anji sudah dinyatakan negatif sejak hari ke-8 melalui SARS-COV-2 Antigen Detection. Hanya saja untuk memastikan benar-benar sembuh, ia melakukan tes PCR pada hari ke-12 isolasi mandiri. Hasilnya, Anji dinyatakan negatif di hari ke-13

"Yang pertama, jangan pernah takut ketika kamu dinyatakan positif Covid-19. Karena ketakutan dan stres itu yang akan menekanmu. Kebosanan juga sih, saya sempat drop. So, hilangkan rasa bosan, lakukan hal yang kamu suka, yang bikin kamu bahagia, jangan takut, jangan stres. Konsumsi vitamin," ceritanya.