Sukses

Mean adalah Nilai Rata-Rata, Ketahui Rumus, Contoh, dan Jenisnya

Mean adalah bagian dari perhitungan dasar statistika.

Liputan6.com, Jakarta Mean adalah bagian dari perhitungan dasar statistika. Dalam bahasa Indonesia, mean juga disebut dengan rata-rata. Mean adalah indikator statistik yang dapat digunakan untuk mengukur rata-rata sebuah data.

Mean adalah metode yang umum digunakan dalam statistik. Mean dapat dengan mudah dihitung dengan rumus sederhana. Mean adalah perhitungan yang biasanya digunakan bersama modus dan median.

Penghitungan mean banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contoh manfaat perhitungan mean adalah untuk mengetahui nilai rata-rata siswa di satu kelas. Mean adalah perhitungan yang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Mean adalah ilmu matematika yang cukup mudah untuk dipahami. Berikut pengertian, rumus, dan jenis-jenis mean, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (30/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Pengertian mean

Mean adalah rata-rata matematika sederhana dari sekumpulan dua atau lebih bilangan. Mean menunjukkan distribusi nilai yang sama untuk kumpulan data tertentu. Untuk menghitung mean, kamu perlu menambahkan nilai total yang diberikan dalam data dan kemudian membagi jumlahnya dengan jumlah nilai total.

Ada beberapa jenis mean, dan metode penghitungan mean bergantung pada hubungan yang diketahui atau diasumsikan mengatur anggota lain.

3 dari 9 halaman

Rumus mean

Nilai mean dapat ditentukan dengan membagi jumlah data dengan banyaknya data. Mean (rataan) dapat dicari dari berbagai jenis data tunggal atau data kelompok. Mean (rataan) dapat dicari dari berbagai jenis data tunggal atau data kelompok.

Rumus mean adalah:

mean = jumlah data : banyak data

Intinya kamu hanya perlu jumlahkan semua angka, lalu bagi dengan banyaknya angka yang ada.

Contoh:

4, 5, 8, 9, 12

mean=(4+5+8+9+12):5= 7.6

Untuk menghitung mean aritmatika dari sekumpulan data, pertama-tama kamu harus menjumlahkan semua nilai data (x) dan kemudian membagi hasilnya dengan jumlah nilai (n). Karena ∑ adalah simbol yang digunakan untuk menunjukkan bahwa nilai-nilai akan dijumlahkan, rumus mean aritmatika (x̄) adalah:

x̄ = ∑x / n

4 dari 9 halaman

Contoh soal mencari mean

Misal dalam satu kelas terdapat 20 siswa dan diperoleh persentase: 88,82,88,85,84,80,81,82,83,85,84,74,75,76,89,90, 89,80,82,83.

Tentukan mean yang diperoleh kelas tersebut.

Jawaban:

Rata-rata = Jumlah persentase yang diperoleh 20 siswa di kelas : Jumlah siswa

Rata-rata = [88 + 82 + 88 + 85 + 84 + 80 + 81 + 82 + 83 + 85 + 84 + 74 + 75 + 76 + 89 + 90 + 89 + 80 + 82 + 83] : 20

Rata-rata = 1660 ; 20 = 83

Contoh lain:

Contoh: Berapakah mean dari 3, 5, 9, 5, 7, 2?

Jawabannya:

mean = jumlah data : banyak data

mean = (3 + 5 + 9 + 5 + 7 + 2) : 6

mean = 31 : 6

mean = 5.16

5 dari 9 halaman

Jenis-jenis mean

Ada tiga jenis nilai mean yang dipelajari dalam statistik. Ini meliputi mean aritmatika, mean, geometris, dan mean harmonik.

Mean aritmatika

Saat kamu menjumlahkan semua nilai dan membaginya dengan jumlah nilai, itu disebut mean aritmetika. Untuk menghitung, cukup jumlahkan semua bilangan yang diberikan lalu bagi dengan banyaknya bilangan yang diberikan.

 

6 dari 9 halaman

Mean geometris

Rata-rata geometris adalah rata-rata yang berguna untuk kumpulan bilangan positif, yang diinterpretasikan menurut hasil kali mereka (seperti halnya dengan tingkat pertumbuhan) dan bukan jumlah mereka (seperti halnya dengan mean aritmatika).

Mean geometris dari dua bilangan x dan y adalah xy. Jika kamu memiliki tiga bilangan x, y, dan z, rata-rata geometriknya adalah 3xyz.

Misalnya, rata-rata geometris dari lima nilai: 4, 36, 45, 50, 75 adalah:

7 dari 9 halaman

Mean harmonik

Rata-rata harmonik adalah rata-rata yang berguna untuk kumpulan bilangan yang ditentukan dalam kaitannya dengan beberapa unit, seperti dalam kasus kecepatan yaitu, jarak per unit waktu.

Rata-rata harmonik digunakan untuk rasio rata-rata. Untuk dua bilangan x dan y, rata-rata harmoniknya adalah 2xy (x + y). Untuk, tiga angka x, y, dan z, rata-rata harmoniknya adalah 3xyz (xy + xz + yz)

Misalnya, rata-rata harmonik dari lima nilai: 4, 36, 45, 50, 75 adalah

8 dari 9 halaman

Pengertian median

Setelah mengetahui apa itu mean, penting juga memahami apa itu median dan modus. Ini karena ketiga perhitungan ini kerap digunakan bersamaan.

Median adalah nilai tengah setelah data diurutkan. Median adalah suatu nilai yang membagi data menjadi dua bagian yang sama banyaknya setelah data tersebut diurutkan dari yang terkecil sampai yang terbesar.

Median kadang-kadang digunakan sebagai kebalikan dari mean ketika ada pencilan dalam urutan yang mungkin mendistorsi rata-rata nilai. Median dapat digunakan untuk menentukan perkiraan rata-rata, atau rata-rata, tetapi tidak bisa disamakan dengan mean.

Untuk mencari median, data harus disusun dari yang terkecil hingga yang terbesar. Untuk menentukan nilai median dalam urutan angka, angka-angka tersebut harus terlebih dahulu diurutkan, atau diatur, dalam urutan nilai dari terendah ke tertinggi atau tertinggi ke terendah.

Jika ada bilangan ganjil, nilai mediannya adalah bilangan yang ada di tengah, dengan jumlah bilangan yang sama di bawah dan di atasnya. Jika ada jumlah angka genap dalam daftar, pasangan tengah harus ditentukan, dijumlahkan, dan dibagi dua untuk mencari nilai median.

9 dari 9 halaman

Pengertian modus

Dalam ilmu statistika, modus adalah nilai yang paling banyak muncul. Modus seringkali dihitung bersama mean dan median. Modus adalah data yang mempunyai frekuensi terbesar. Modus dapat digunakan untuk menentukan sampel dari suatu populasi dalam statistika. Perhitungan modus dapat diterapkan pada data numerik maupun data kategoris.

Contoh sederhana dari fungsi modus sehari-hari adalah untuk mengetahui mayoritas nilai ulangan sebuah mata pelajaran yang diperoleh oleh siswa dalam suatu kelas. Modus merupakan nilai data yang paling sering muncul atau nilai data yang punya frekuensi terbesar. Cara menghitung modus adalah dengan mencari nilai yang paling sering muncul pada sebuah data.

Cara menghitung modus adalah mengurutkan nilai sebuah data dari rendah ke tinggi. Nilai yang paling banyak disebut merupakan modus dari data tersebut.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini