Sukses

10 Cara Membersihkan Telinga yang Benar, Efektif dan Aman

Cara membersihkan telinga yang benar adalah mampu meluruhkan dan melunakkan kotoran yang keras.

Liputan6.com, Jakarta Keberadaan kotoran dalam telinga sudah pasti sulit dihindari. Hal ini yang membuat cara membersihkan telinga yang benar penting diketahui. Tentu saja untuk selalu menjaga kebersihan sekaligus kesehatan alat indra pendengaran ini.

Sayangnya, sampai sekarang masih banyak yang belum paham cara membersihkan telinga yang benar, yakni bukan dengan cutton bud. Memang lebih praktis dan mudah, tetapi efek jangka panjangnya justru kotoran telinga dapat terdorong lebih dalam dan menyebabkan masalah parah.

Kotoran telinga disebut dengan istilah serumen, bentuknya gumpalan lunak yang diproduksi oleh kelenjar minyak di liang telinga. Nah, cara membersihkan telinga yang benar adalah mampu meluruhkan serumen ini dan melunakkan serumen yang sudah mengeras.

Berikut Liputan6.com ulas cara membersihkan telinga yang benar dari berbagai sumber, Kamis (11/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Membersihkan Telinga yang Benar

Baby Oil

Cara membersihkan telinga yang benar bisa menggunakan baby oil. Cara ini dikenal sebagai cara yang paling mudah dilakukan, sebab untuk mencari baby oil bisa di warung kelontong dekat tempat tinggalmu.

Harga dari baby oil ini pun juga cukup murah, sehingga tidak akan menguras kantong. Untuk menggunakan baby oil sebagai cara membersihkan telinga yang benar, bisa dengan meneteskan sedikit saja baby oil tersebut langsung ke dalam telinga. Lalu tutup lubang telinga dengan kain atau benda yang aman selama beberapa menit.

Pembilasan

Cara membersihkan telinga yang benar kedua bisa dengan pembilasan. Pembilasan ini diterapkan menggunakan air hangat. Terkadang, kotoran telinga bisa keluar sendiri oleh tekanan ringan dari pembilasan air.

Penerapan cara membersihkan telinga yang benar ini dimulai dengan membeli bola karet lembut yang dibuat untuk membersihkan telinga, dan isi dengan air hangat.

Miringkan kepala ke samping dengan handuk tebal atau baskom di bawah telinga. Peras bola karet dengan lembut sehingga air hangat menetes ke telinga. Biarkan air mengalir ke handuk atau baskom.

Bisa juga praktik cara membersihkan telinga yang benar ini di atas mangkuk, sehingga dapat melihat apakah ada kotoran telinga yang jatuh. Pembilasan ini dapat dikombinasikan dengan salah satu metode yang direkomendasikan sebelumnya. Lakukan pembilasan 5 hingga 15 menit setelah menggunakan baking soda, hidrogen peroksida, atau minyak.

3 dari 6 halaman

Cara Membersihkan Telinga yang Benar

Minyak Almond

Cara membersihkan telinga yang benar ketiga bisa menggunakan minyak almond. Minyak almond merupakan jenis bahan yang alami, tentu saja akan sangat aman bagi kesehatan kulit pada area sekitar telinga.

Minyak almond memiliki berbagai kandungan nutrisi seperti vitamin E yang akan baik dalam menjaga kelembapan kulit. Cara membersihkan telinga yang benar dengan minyak almond ini sangat baik untuk melunakkan kotoran telinga yang sudah terlanjur mengeras.

Untuk mempraktikkan cara membersihkan telinga yang benar bisa dengan bantuan pipet tetes, lalu teteskan minyak almond ini ke dalam telinga. Setelah itu, diamkan minyak almond selama beberapa menit, lalu bersihkan kotoran telinga yang muncul dengan kain halus.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan bahan yang sangat baik sebagai cara membersihkan telinga yang benar. Ada kandungan asam lemak pada minyak kelapa yang bisa menjadi kunci mengapa jenis minyak ini baik untuk membersihkan kotoran telinga.

Selain itu, minyak kelapa sangat baik dalam membantu telinga melawan infeksi dan berbagai bakteri. Untuk praktik cara membersihkan telinga yang benar dengan minyak kelapa, bisa dengan memanaskan sedikit.

Kemudian lanjutkan dengan membiarkannya sedikit dingin. Gunakan pipet tetes untuk memasukkan beberapa tetes minyak ke dalam telinga. Lalu, diamkan minyak kelapa selama 5 menit, dan bersihkan menggunakan kain pembersih telinga.

4 dari 6 halaman

Cara Membersihkan Telinga yang Benar

Bawang Putih

Minyak bawang putih merupakan salah satu cara membersihkan telinga yang benar dan mudah dipraktikkan. Dalam minyak bawang putih terkandungan antibiotik yang dapat membantu seseorang mengatasi sakit akibat kotoran telinga yang menumpuk.

Praktik cara membersihkan telinga yang benar dengan minyak bawang putih sangat mudah. Ambil 3 hingga 4 siung bawang putih dan panaskan di atas penggorengan dengan minyak hingga sedikit menghitam.

Saat bawang putih telah menyerap minyak yang ada, sisihkan lalu remaslah secara perlahan agar minyak yang ada di dalam bawang putih menetes keluar.

Cara membersihkan telinga yang benar selanjutnya adalah teteskan minyak dari bawang putih tersebut ke dalam telinga yang perlu diberihkan. Gunakan minyak ini sebelum tidur.

Minyak Zaitun

Masih dari jenis minyak alami lainnya, minyak zaitu juga dapat diandalkan sebagai cara membersihkan telinga yang benar. Minyak zaitun berguna untuk melunakkan kotoran telinga yang sudah mengeras.

Tekstur yang dimiliki oleh minyak zaitu bermanfaat untuk membuat kotoran telinga menjadi lebih lunak, sangat mudah untuk dibersihkan. Selain itu, minyak zaitun mengandung zat antibakteri yang dapat menjaga telinga tetap sehat.

5 dari 6 halaman

Cara Membersihkan Telinga yang Benar

Alkohol

Cara membersihkan telinga yang benar selanjutnya bisa memanfaatkan alkohol. Alkohol yang diberi campuran cuka akan semakin efektif untuk membantu mengurai kotoran telinga seluruhnya.

Mengapa perlu campuran cuka dalam praktik cara membersihkan telinga yang benar? Sebabnya, alkohol bisa mengeluarkan kotoran telinga dengan baik, sementara cuka bermanfaat dalam menjaga telinga dari infeksi.

Untuk praktik cara membersihkan telinga yang benar dengan kedua campuran bahan tersebut sangat mudah. Cukup dengan bantuan kapas, tetap hati-hati dalam menggunakannya, dan jangan terlalu masuk ke dalam telinga.

Hidrogen Peroksida

Cara membersihkan telinga yang benar selanjutnya bisa dengan hidrogen peroksida. Zat ini cukup efektif untuk membersihkan kotoran telinga. Terdapat kandungan ekstra oksigennya dapat mengurai kotoran lebih cepat.

Tidak heran bila cara membersihkan telinga yang benar ini efektif menjauhkan telinga dari masalah infeksi. Bisa praktikkan dengan kapas khusus telinga, lalu oleskan hydrogen peroksida ke dalam telinga. Terakhir bersihkan kembali dengan kapas bersih.

6 dari 6 halaman

Cara Membersihkan Telinga yang Benar

Baking Soda

Baking soda tidak hanya bermanfaat dalam proses pembuatan kue. Cara membersihkan telinga yang benar dengan baking soda sangat direkomendasikan karena aman.

Tapi jangan salah, baking soda sangat baik dan efektif untuk menyingkirkan kotoran telinga. Baking soda berperan aktif sebagai antiseptik yang berguna dalam melunakkan kotoran telinga.

Untuk praktik cara membersihkan telinga yang benar dengan baking soda, campurkan setengah sendok teh baking soda ke dalam air.

Kemudian tuangkan beberapa tetes larutan ke dalam telinga. Biarkan selama beberapa saat, lalu bersihkan telinga dengan kapas lembut. Lakukan secukupnya dan jangan berlebihan.

Air Garam

Cara membersihkan telinga yang benar bisa memanfaatkan air garam. Air garam sangat membantu dalam melarutkan kotoran telinga yang memiliki efektivitas layaknya obat tetes yang biasa diresepkan oleh para dokter. Namun praktik cara membersihkan telinga yang benar dengan air garam perlu diperhatikan betul porsinya, ya.

Cara membersihkan telinga yang benar cukup campurkan 1 sendok makan garam ke dalam air. Lalu, rendam kapas pada air tersebut dan teteskan ke dalam telinga. Namun, jaga larutan agar tidak mengalir keluar selama beberapa menit.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.