Sukses

Viral Bayi Hiu Berwajah Mirip Manusia Ditemukan Nelayan di NTT, Ini 4 Faktanya

Ikan hiu berwajah manusia viral di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta Media sosial berkembang menjadi tempat berkumpulnya beragam konten menarik. Selain itu, media sosial juga memudahkan orang mendapatkan informasi. Bahkan kini melalui media sosial, seseorang bisa mengetahui kisah-kisah viral yang bikin ngakak ataupun bikin geger sekalipun.

Seperti yang belum lama ini viral di media sosial ikan hiu yang berwajah manusia. Ikan hiu tersebut ditemukan oleh nelayan asal Nusa Tenggara Timur (NTT). Nelayan yang bernama Abdullah Fero ini dibuat kaget dengan hasil tangkapannya. Tak hanya dirinya, warga sekitar dan warganet dibuat geger dengan penemuan nelayan tersebut.

Suatu hal yang aneh memang kerap menimbulkan tanda tanya warganet, apalagi ikan hiu berwajah manusia yang belum lama ini viral di media sosial. Sebelumnya, potret ikan berwajah manusia memang pernah viral dan bikin geger. Namun rupanya muncul kembali ikan berwajah manusia yang bikin warganet heboh.

Sang nelayan mengaku terkejut karena tangkapannya berbeda dengan ikan kebanyakan. Ia mendapatkan bayi hiu yang di mana wajahnya disebut mirip manusia. Sontak saja hasil tangkapannya ini bikin heboh warga sekitar dan viral di media sosial.

Fakta mengenai viralnya ikan hiu berwajah manusia ini dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (24/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Berukuran 1 Meter Lebih

Abdullah Fero seorang nelayan yang berasal dari Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT) dibuat kaget dengan hasil melautnya. Tetangganya juga heboh karena anak ikan hiu yang ditangkapnya mempunyai wajah mirip manusia.

Pria yang tinggal di kampung nelayan Desa Papela, Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao itu awalnya mencari ikan di perairan Butupulu, sebelah timur Pos Angkatan Laut (Posal) Papela.

"Sekitar jam 11 malam, saya tarik pukat ternyata dapat ikan hiu kira-kira berukuran satu meter lebih," jelas Abdullah, Selasa (25/2).

3 dari 5 halaman

2. Ada Dua Ekor Bayi Ikan Hiu

Nelayan yang berusia 48 tahun ini mengaku mendapatkan dua ekor bayi hiu. Abdullah Fero juga menuturkan setelah ia mendapatkan ikan hiu tersebut ia tidak langsung pulang ke rumah, melainkan terus mencari ikan hingga pukul 02.00 dini hari.

"Paginya sekitar jam enam saya pulang ke rumah, saya belah ikan hiu itu, ternyata ada dua ekor bayi hiu," ungkapnya.

Satu ekor bayi hiu kondisinya normal, namun seekor lagi berbeda dengan ikan pada umumnya. Bayi hiu itu memiliki dua bola mata yang besar dan terletak di bagian bawah, kepalanya lancip, dan mempunyai bibir seperti manusia.

4 dari 5 halaman

3. Bikin Geger Warga

Melihat secara langsung ikan berwajah manusia tentu saya membuat seseorang merasa kaget dan tak percaya. Sebelumnya, ikan berwajah manusia memang sering viral di media sosial dan membuat masyarakat geger akan hal tersebut. Pasalnya sesuatu yang berbeda dan tidak pernah dilihat oleh masyarakat sebelumnya kerap saja memunculkan tanda tanya besar apakah hal tersebut sungguhan atau tidak.

Temuan Abdullah kemudian diawetkan dalam sebuah stoples kaca, agar dilihat oleh banyak orang. Kini warga sekitar berbondong-bondong ke rumahnya untuk melihat secara dekat bayi hiu itu.

"Saya terkejut karena sudah ulang-ulang saya pergi cari, bahkan sampai melintas hampir di perairan Australia, tapi tidak pernah dapat ikan hiu yang modelnya seperti ini," sebut Abdullah.

5 dari 5 halaman

4. Diberitakan Media Luar

Kabar viral mengenai bayi hiu berwajah manusia tak hanya viral di media Indonesia, namun juga berita viral ini ditulis oleh media luar. Dilansir dari Daily Mail, rumah nelayan yang bernama Abdullah Fero ramai dikunjungi warga dan ia akan melestarikan bayi hiu berwajah manusia ini. Selain itu, ia juga menuturkan bahwa banyak tetangga yang ingin membeli ikan hiu berwajah manusia ini, namun nelayan berusia 48 tahun ini menolaknya.

"Rumah saya sudah penuh sesak dengan orang-orang yang ingin melihat hiu." kata Abdullah Fero

"Banyak orang ingin membelinya, tapi saya akan menyimpannya." tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.