Sukses

18 Macam-Macam Profesi dan Gajinya, Pahami Risiko

Penjelasan singkat mengenai macam-macam profesi yang populer.

Liputan6.com, Jakarta Memimpikan sebuah pekerjaan untuk masa depan dengan nominal gaji yang besar, tentu boleh-boleh saja. Coba simak macam-macam profesi dan gajinya dalam ulasan kali ini.

Profesi adalah bukan pekerjaan biasa, tetapi pekerjaan yang membutuhkan keahlian khusus. Menjalankan pekerjaan dengan kode etik, sertifikasi, sampai lisensi. Dari macam-macam profesi, bisa dipilih sesuai dengan yang disenangi.

Perlu dipahami bahwa dari setiap macam-macam profesi yang ingin ditekuni pasti memiliki risiko. Semakin tinggi besaran gaji yang ditawarkan, maka akan semakin tinggi juga risiko dalam pekerjaan tersebut.

Berikut Liputan6.com ulas macam-macam profesi dan gajinya dari berbagai sumber, Jumat (26/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Macam-Macam Profesi dan Gajinya

Polisi

Polisi merupakan salah satu macam-macam profesi yang harus mengemban tanggungjawab besar. Pekerjaannya berkaitan erat dengan  keamanan dan ketertiban negaranya.

Harus selalu berhadapan dengan orang-orang jahat. Bahkan polisi selalu mempertaruhkan nyawa untuk melindungi warga negaranya.

Polisi sudah pasti tersebar di berbagai penjuru tanah air. Tujuannya untuk menjaga pemerataan kondusifitas di dalam negara. Polisi juga harus bersikap netral dalam menegakkan hukum kepada siapapun. Penegakan hukum tidak boleh bersikap “tajam ke bawah, tetapi tumpul ke atas”.

Untuk gaji polisi disesuaikan dengan jumlah bintang dan masa kerjanya. Gaji polisi juga sudah diatur dalam Perpres Nomor 17 tahun 2019.

1. Jenderal Polisi: Rp 5.238.200 hingga Rp 5.930.800.

2. Komisaris Jenderal Polisi (Komjen): Rp 5.079.300 hingga Rp 5.930.800.

3. Inspektur Jenderal Polisi (Irjen): Rp 3.290.500 hingga Rp 5.576.500.

4. Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen): Rp 3.290.500 hingga Rp 5.407.400.

Pengebor Minyak

Menjalani profesi sebagai pengebor minyak bukanlah hal yang mudah. Profesi ini merupakan salah satu macam-macam profesi yang juga memiliki banyak risiko yang berat. Mulai dari harus bekerja di tengah laut yang jauh dari akses manapun, bekerja dengan durasi kerja yang lama, jauh dari keluarga, hingga risiko jika terjadi kecelakaan kerja yang mengancam nyawa.

Terkadang pekerja pengeboran minyak lepas pantai harus bekerja selama 16 jam secara terus-menerus. Mereka bahkan bisa tidak tidur selama satu atau dua hari. Selain itu, ada banyak risiko yang mengancam keselamatan seperti kebakaran, ledakan, tenggelam, dan kecelakaan karena alat pengeboran adalah beberapa di antara risiko yang harus dihadapi.

Namun, risiko itu sepadan dengan penghasilan mereka yang berada di kisaran US$70 ribu hingga US$140 ribu per tahun (setara Rp945 juta hingga Rp1,8 miliar).

Dokter

Dokter termasuk salah satu dari macam-macam profesi yang sangat vital di tengah masayarakat. Dokter adalah garda terdepan dalam hal pengobatan. Hanya dokter yang sangat diandalkan karena keahlian dan pengetahuannya.

Padahal, apabila bisa lebih sabar, seseorang yang terkena penyakit yang ringan cukup melakukan penyembuhan tanpa perlu meminum obat-obatan. Termasuk mereka memiliki kode etik untuk melindungi pasiennya.

Gaji seorang dokter menurut Ikatan Dokter Indonesia (IDI) tahun 2016 semestinya Rp 17 juta perbulan untuk dokter umum. Sementara dokter spesialis paling tidak mulai dari Rp 40 juta perbulan. Kenyataannya gaji dokter sekitar Rp 12 juta – Rp 15 juta dan Rp 20 juta – Rp 45 juta setiap bulan. Kembali lagi semua tergantung praktik yang dilakukan.

3 dari 7 halaman

Macam-Macam Profesi dan Gajinya

Guru

Guru termasuk salah satu macam-macam profesi yang sangat mulia. Tugas Guru mengajar berbagai macam hal kepada muridnya. Mengajar yang dilakukan sangat membutuhkan pengetahuan dan keahlian. Termasuk bagian dari kontribusi Guru untuk mencerdaskan bangsa.

Sejak dulu, Guru merupakan profesi spesial dengan kedudukan tinggi. Berbeda sekali dengan keadaan saat ini. Banyak guru yang justru dianiaya dan dikucilkan. Niatnya mendidik namun banyak disalahkan orang tua.

Gaji seorang guru yang sudah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) cukup menjanjikan. Nilai gaji ini disesuaikan dengan golongannya juga, berkisar pada Rp 2 juta sampai Rp 9 juta setiap bulannya. Untuk guru honorer, gajinya masih sangat kecil dan terkadang masih di bawah UMR.

Pekerja Nuklir

Di Jepang, ada sebuah profesi dengan tingkat risiko sangat tinggi, yaitu menjadi pekerja nuklir. Salah satu dari macam-macam profesi ini sangat berbahaya karena mengharuskan pekerjanya untuk tinggal dan selalu siaga memperbaiki reaktor nuklir.

Bekerja di sebuah reaktor nuklir memiliki tingkat bahaya yang sangat besar. Terpapar radiasi akibat reaksi nuklir secara terus-menerus bisa menyebabkan cacat seumur hidup bahkan bisa menyebabkan kematian.

Arsitek

Arsitek adalah salah satu dari macam-macam profesi yang membutuhkan ketelitian tingkat tinggi. Seorang Arsitek harus pandai menggambar desain bangunan lengkap dengan ukuran yang presisi.

Gedung-gedung yang menjulang dan kokoh memerlukan konstruksi bagus dan presisi. Seperti halnya konstruksi gedung di Jepang yang dapat bertahan karena gempa.

Di Indonesia, gaji arsitek cukup besar dan menjajikan. Gaji arsitek muda rata-rata 2 kali UMR, sudah berpengalaman 2 tahun rata-rata Rp 6 sampai Rp 7 juta. Untuk yang sudah profesional akan mendapat gaji lebih besar lagi, mencapai puluhan juta rupiah.

4 dari 7 halaman

Macam-Macam Profesi dan Gajinya

Presiden

Presiden termasuk profesi tertinggi dalam suatu negara modern. Gaji pokok presiden cukup besar dan bergengsi. Presiden sebenarnya hanya sebutan, intinya adalah kepala negara. Arab Saudi menyebutnya raja karena menganut sistem pemerintahan kerajaan Islam.

Di Malaysia, kepala negaranya dinamakan Perdana Menteri. Di Jepang sering disebut Kaisar, dan masih banyak lagi. Sebenarnya pemimpin negara bukan hal yang patut disombongkan. Tanggung jawabnya cukup besar. Dituntut melakukan tindakan yang jelas, tegas, dan pro kepada rakyatnya.

Gaji seorang presiden telah diatur dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan/Administratif Presiden dan Wakil Presiden serta Bekas Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Besaran gajinya enam kali lipat gaji pokok tertinggi pejabat negara RI selain presiden dan wakil presiden. Totalnya adalah Rp 30.240.000 dan tunjangannya Rp. 32.500.000, bila dijumlah menjadi Rp 62.740.000 perbulannya.

Perawat

Perawat adalah salah satu macam-macam profesi yang berkaitan dengan dunia medis. Hampir sama dengan pekerjaan dokter. Namun, perawatlah yang bertugas merawat pasien selain dokter.

Mereka juga menggunakan kode etik dalam pekerjaannya. Misalnya dalam hal pemberian obat, pengecekan sampel darah, pemeriksaan tekanan darah, dan pemulihan pasien.

Gaji seorang perawat di Indonesia sudah diatur dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/392/2020 Tahun 2020 yang menuturkan bahwa gaji seorang perawat Rp 7.5 juta.

Wartawan

Wartawan adalah salah satu macam-macam profesi yang membutuhkan keberanian dan keahlian. Wartawan/reporter/jurnalis memiliki tugas untuk mencari, mengumpulkan, memilih, mengelola berita, dan menyajikannya dengan cepat dan tepat.

Mereka menyampaikan melalui media massa seperti media cetak, online, dan elektronik. Wartawan tidak cuma-cuma dalam menjalankan pekerjaannya. Dituntut professional serta patuh terhadap kode etik dan standar profesi wartawan.

Gaji wartawan yang baru direkrut rata-rata adalah Rp 1.700.000 sampai Rp 2.200.000 seperti dilansir dari laman gajimu.com. Sementara menurut Aliansi Jurnalis Indonesia, upah layak wartawan seharusnya Rp 8.7 juta perbulan.

5 dari 7 halaman

Macam-Macam Profesi dan Gajinya

Pilot

Pilot adalah salah satu macam-macam profesi dengan tanggung jawab yang cukup besar. Pilot bertugas mengendalikan pesawat sesuai keahlian dan pengetahuannya. Tidak semua orang bisa menjadi pilot.

Pilot harus membawa puluhan hingga ratusan penumpang untuk terbang dan mendarat lagi dengan selamat.

Dilansir dari Qerja.com, rata-rata gaji yang diterima pilot setiap bulannya berada di atas Rp 10 juta per bulan. Misalnya, gaji rata-rata Lion Air disebutkan mencapai Rp 15,7 juta per bulan. Kisaran gaji yang diterima para pilot Lion Air antara Rp 9 juta sampai Rp 20 juta.

Masinis

Masini adalah orang yang menjalankan atau melayani mesin (di kapal, lokomotif, dan sebagainya), atau disebut juga juru mesin. Jika kamu pernah naik kereta api, maka orang yang menjalankan kereta api tersebut disebut masinis.

Dilansir dari laman cnbcindonesia.com menurut keterangan dari Direktur Utama KAI Edi Sukmoro, gaji yang didapatkan masinis di atas Rp 10 juta. "THP [Take Home Pay] bisa sampai Rp 12 juta per bulan.

Nakhoda

Nakhoda merupakan juragan (pemimpin) perahu (kapal) menurut KBBI. Selain itu, nakhoda juga dapat diartikan sebagai seorang perwira laut yang memegang komando tertinggi di atas kapal niaga. Tugasnya tentu adalah mengemudikan kapal.

Seorang nahkoda pemula rata-rata mendapat gaji Rp 4-5 juta setiap bulan. Biasanya perusahaan asing bisa memberikan gaji lebih banyak, kisarannya mencapai Rp 10 juta setiap bulan.

6 dari 7 halaman

Macam-Macam Profesi dan Gajinya

Peneliti

Peneliti adalah salah satu macam-macam profesi yang selalu mengandalkan pengetahuan. Harus selalu cerdik dan berhati-hati dalam penelitian. Peneliti senior disebut sebagai Profesor. Ada peneliti fisika, kimia, biologi, geografi, dan masih banyak lagi.

Tanggung jawab mereka cukup besar karena berkaitan erat dengan penemuan-penemuan baru. Menurut keterangan dari Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta pada tahun 2011 gaji peneliti adalah Rp 8-9 juta.

Penulis

Penulis merupakan profesi yang cukup terkenal sekarang ini. Kamu tinggal pilih menguasai bidang apa, esai, puisi, novel, lirik lagu, atau bahkan sajak sekalipun. Jika kamu sudah berpengalaman dan profesional, tidak jarang kamu akan mendapatkan bayaran yang cukup melimpah.

Besaran gaji seorang penulis sangat bergantung dengan royalty. Rumusnya adalah 10% x (harga per buku) x (jumlah buku yang terjual). Dimisalkan harga buku Rp 60 ribu dan jumlah yang terjual 4000 eksemplar selama 6 bulan, maka gaji penulis dalam 6 bulan total Rp. 24 juta.

Fotografer

Fotografer merupakan salah satu macam-macam profesi yang cukup digandrungi dewasa ini. Orang yang menyukai fotografi tentunya akan lebih perhatian pada detail dan punya cara pandang yang lebih tajam dibanding orang lain.

Sudut pandang unik bisa menjadi bekal untuk menjadi seorang fotografer andal yang bisa menghasilkan foto keren dari angle berbeda.

Sebagai fotografer, kamu bisa bekerja secara independen maupun untuk sebuah perusahaan. Gaji seorang fotografer pada tahun 2021 rata-rata adalah Rp 2 juta sampai Rp 21 juta.

7 dari 7 halaman

Macam-Macam Profesi dan Gajinya

Tentara

Menjadi seorang tentara berati sudah siap lahir batin untuk menghadapi segala sesuatu di tempat bertugas. Tugas seorang tentara adalah membela bangsa dan negara sampai tetes darah terakhir.

Terlebih bagi yang ditugaskan di perbatasan ataupun medan pertempuran. Banyak risiko yang dihadapi oleh seorang tentara, di antaranya seperti jauh dari keluarga, tempat kerja yang cukup berbahaya hingga kehilangan nyawa.

Gaji seorang tentara sudah diatur dalam Peraturan Menteri Pertahanan Nomor 33 Tahun 2017 (Permenhan 33/2017) tentang Penghasilan Prajurit TNI. Tentu saja sesuai kelas jabatannya, berkisar antara Rp 1.9 juta sampai Rp 37 juta.

Pramugari

Pramugari merupakan pendamping pilot pada pesawat terbang. Pramugari memiliki risiko pekerjaan yang cukup tinggi. Namun banyak yang meminati jenis pekerjaan satu ini.

Dilansir dari laman sekolahpenerbangan.com gaji seorang pramugari yang baru masuk adalah Rp 4-5 juta. Tersedia juga tunjangan uang terbang yang nominalnya Rp 50 ribu untuk setiap jamnya.

Pemadam Kebakaran

Pemadam kebakaran adalah salah satu macam-macam profesi yang memiliki tingkat risiko  cukup tinggi. Melakukan pemadaman saat kebakaran, dan menolong para korban yang terjebak merupakan salah satu dari tugas mereka.

Tidak jarang pemadam kebakaran harus menembus kobaran api yang mengancam nyawa demi keselamatan para korban. Dilansir dari laman gajimu.com besaran gaji seorang pemadam kebakaran adalah Rp 1.7 juta sampai Rp 5.3 juta setiap bulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.