Sukses

Viral Buku Silsilah Keluarga, Jumlah Halamannya Ratusan Lembar

Liputan6.com, Jakarta Silsilah keluarga memang penting untuk diketahui. Hal tersebut tentunya bertujuan untuk membantu seseorang agar lebih mengenal keluarga besarnya. Biasanya seseorang hanya mengenal keluarga besar yang ia kenal saat ini saja, namun kurang mengenal bahkan tidak mengetahui anggota keluarga besar sebelum ia lahir.

Menceritakan tentang silsilah keluarga membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Butuh waktu yang cukup panjang agar silsilah keluarga tersebut dipahami dengan jelas. Walaupun begitu, tak sedikit orangtua yang semangat untuk menjelaskan tentang silsilah keluarga yang membingungkan tersebut.

Belum lama ini viral seorang wanita mengunggah buku silsilah keluarganya. Dalam video yang diunggahnya terlihat buku silsilah keluarga tersebut sangat tebal dan terdiri dari ratusan halaman. Potret buku silsilah keluarga ini sudah terlihat seperti buku pelajaran yang bikin warganet geleng kepala.

Rupanya dibutuhkan waktu lama untuk menyusun buku silsilah keluarga yang jumlah halamannya sampai ratusan lembar tersebut. Selain itu juga harus banyak informasi dari keluarga lainnya agar buku silsilah keluarga yang ditulis lebih jelas.

Video viral wanita unggah buku silsilah keluarga yang jumlahnya ratusan lembar ini dilansir Liputan6.com dari laman TikTok @limabelasokt pada Jumat (26/2/2021).

2 dari 4 halaman

Buku Silsilah Keluarga

Tentunya jarang terpikirkan dalam benak seseorang untuk membuat buku silsilah keluarga. Pasalnya, silsilah keluarga ini rumit dan harus banyak keluarga dari keturunan awal yang ikut serta membuat buku silsilah keluarga. Jika tidak, maka informasi silsilah keluarganya tidak jelas dan ada yang terlupakan dan tidak tertulis dalam buku tersebut.

Pasti butuh waktu lama untuk mengumpulkan data-data keluarga besar dari keturunan awal. Namun ide membuat buku silsilah keluarga ini bisa diambil sisi positifnya yakni dapat membantu anak dan cucu memahami tentang silsilah keluarganya tanpa harus dijelaskan. Tak hanya itu, mengetahui tentang silsilah keluarga tentunya dapat membantu menjaga tali persaudaraan.

@limabelasokt

Anak muda jgn buta keluarga kata bapak :( #fyp #fypシ #fypgakni #fypsounds #fypdongggggggg #foryoupage #KejarDiskonWIB #MulaiDari100 #fypgak #fypdong

♬ Bahasa Kalbu - T r i k🧕🏼

Dalam video tersebut sang pemilik akun memperlihatkan beberapa halaman silsilah keluarga ini yang bikin pusing. Sang ayah juga menuturkan bahwa penting untuk mengetahui tentang silsilah keluarga dengan baik agar mengenal seluruh anggota keluarga walaupun belum pernah bertemu sekalipun.

“Anak muda jgn buta keluarga kata bapak :(.” tulis sang pemilik akun pada kolom caption unggahannya.

Terlihat dalam video tersebut buku silsilah keluarga ini sangat lengkap disertai dengan alamat yang detail dan nama lengkap seluruh keluarga yang jelas. Buku silsilah keluarga ini tak jauh beda dengan buku pelajaran yang penuh dengan tulisan, dimana butuh waktu lama untuk mempelajari setiap halamannya. Namun buku tersebut sangat unik dan merupakan cara mudah untuk memperkenalkan silsilah keluarga kepada anak dan cucu.

3 dari 4 halaman

Sangat Lengkap

@limabelasokt

Balas @whathefacts dr buku silsilah sih gitu. btw aku dibuku ini turunan ke 7 🤣 #fyp #SelebizzaSearch #GENITonResso #PopMiePANAS #KejarDiskonWIB

♬ Diam Diam Menyukaiku - wawanawe26

Lantaran banyak warganet yang penasaran bagaimana detail isi dari buku silsilah keluarga ini, sang pemilik akun unggah video saat ia membaca buku silsilah keluarga ini di laman TikToknya beberapa kali. Seorang pemilik akun @limabelasokt unggah beberapa video tentang buku silsilah keluarganya yang diberikan ayahnya ini. Dalam video yang diunggahnya di TikTok sang pemilik akun menuturkan bahwa dengan buku silsilah keluarga tersebut ia menetahui bahwa ia adalah keturunan ke-7.

Tak sedikit warganet yang berkomentar bahwa sang pemilik akun beruntung bisa mengetahui dengan detail silsilah keluarganya. Selain itu, data keluarganya juga sangat lengkap. Terlihat dalam video lainnya tangga silsilah keluarganya sangat lengkap, bahkan nama masing-masing anggota keluarga ditulis dengan lengkap.

4 dari 4 halaman

Komentar Warganet

Video yang diunggah pada 24 Februari 2021 ini sudah ditonton lebih dari 200 ribu kali dan dibagikan lebih dari beberapa kali dan mendapatkan 21 ribu likes dari para pengguna TikTok. Ada sekitar 4 ratus komentar dibubuhkan warganet pada kolom komentar unggahan tersebut.

“Seru banget woy kayanya, gue selalu pengen tau keturunan apa gue ini wkwkwkwkw.” tulis Laras Affuani .

“Beruntung anda, bapak sama ibuku gapernah cerita tntng silsilah, ga prioritasin juga. Padahal kaya om tante semua liatin silsilah.” kata ajure rai.

“Ihh pengen banget tau silsilah keluarga gitu, gua gak tau samsek keluarga bapak sipa Cuma tau kake sama nenek kalau mama msh tau dikit2.” timpal esz.

“Berharap banget di keluarga ada buku kek gituan.” imbuh teddy.

“Aku pernah dengar kalau kita bisa nyari sampe tau 7 turunan keatas itu bikin pinter.” tambah ginjal dr. Ayman.

“Gilaaa data keluarganya keren bgt.” komentar hiyayiyo disertai emot sedih.