Sukses

Niat Puasa Ayyamul Bidh, Waktu, dan Keutamaanya yang Perlu Diketahui

Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa yang dikerjakan pada pertengahan bulan, yaitu pada hari ke 13, 14, dan 15 hijriah tiap bulannya.

Liputan6.com, Jakarta Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa yang dikerjakan pada pertengahan bulan, yaitu pada hari ke 13, 14, dan 15 hijriah tiap bulannya. Jadi, kamu harus menyimak penanggalan hijriah untuk mengetahui tanggal tepatnya di penanggalan masehi.

Puasa ini sering juga disebut dengan puasa putih. Dinamakan puasa putih karena umat muslim disunahkan untuk berpuasa minimal tiga hari tiap bulannya, dan pada tiga hari itu bulan bersinar terang, sehingga malam tampak putih bercahaya. 

"Pendapat lain menyatakan, hari itu dinamai ayyamul bidh karena malam-malam tersebut terang benderang oleh rembulan dan rembulan selalu menampakkan wajahnya mulai matahari tenggelam sampai terbit kembali di bumi. Karenanya malam dan siang pada saat itu menjadi putih (terang)." dikutip dari HR Badruddin Al Aini Al Hanafi.

Puasa Ayyamul Bidh ini memiliki berbagai keutamaan puasa yang peting diketahui umat Islam. Menjalankan amalan sunah ini memberikan keutamaan yang sangat besar bagi setiap muslim. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (26/2/2021) tentang Puasa Ayyamul Bidh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Puasa Ayyamul Bidh atau Puasa Putih

Puasa Ayyamul Bidh merupakan puasa sunah yang dikerjakan pada pertengahan bulan, yaitu pada tanggal 13, 14, dan 15 hijriah tiap bulannya. Puasa Ayyamul Bidh disebut puasa putih juga berkaitan dengan kisah Nabi Adam AS saat turun ke bumi.

Riwayat Ibnu Abbas mengatakan, ketika Nabi Adam AS turun, seluruh tubuhnya terbakar oleh matahari hingga menjadi hitam atau gosong. Selanjutnya Allah SWT memberikan wahyu untuk berpuasa selama tiga hari (tanggal 13, 14, 15). Usai menjalankan hari pertama, sepertiga badannya menjadi putih. Kemudian puasa hari kedua, sepertiganya lagi menjadi putih. Puasa hari ketiga, sepertiga sisanya jadi putih.

Pada bulan Rajab 1442 Hijriah ini, Puasa Ayyamul Bidh dapat dilaksanakan pada tanggal 25, 26, dan 27 Februari 2021 pada penanggalan Masehi. Pada bulan selanjutnya, yaitu Syaban 1442 Hijriah, kamu bisa melaksanakannya pada tanggal 27, 28, 29 Maret 2021 Masehi. Puasa Ayyamul Bidh atau Puasa Putih ini tentunya bisa membuat kamu lebih terbiasa dalam menjalankan Puasa Ramadan nantinya.

3 dari 5 halaman

Niat Puasa Ayyamul Bidh

Untuk melaksanakan Puasa Ayyamul Bidh, kamu tentunya perlu mengenali niatnya terlebih dahulu. Adapun lafal niat puasa Ayyamul Bidh adalah sebagai berikut:

Nawaitu shouma ghadin ayyamal bidhi sunnatan lillahi ta’ala

Artinya: Saya niat berpuasa besok pada (ayyamul bidh) hari-hari putih sunah karena Allah Ta’ala.

Tidak seperti puasa sunah yang lainnya atau puasa di bulan Ramadan yang mengharuskan membaca niat sebelum fajar, puasa Ayyamul Bidh boleh diniatkan setelah fajar dan niatnya menjadi seperti berikut.

Nawaitu sauma ayyami bidh sunnatan lillahi ta’ala

Artinya: Saya berniat puasa pada hari-hari putih, sunah karena Allah ta’ala.

4 dari 5 halaman

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Keutamaan puasa Ayyamul Bidh sangatlah besar jika kamu laksanakan dengan benar. Keutamaannya adalah apabila dilaksanakan selama tiga hari, maka akan mendapatkan ganjaran pahala yang sama dengan puasa selama sebulan.

Selain itu, jika puasa Ayyamul Bidh dilakukan setiap bulan, maka dianggap sama dengan menjalankan ibadah puasa selama setahun.

"Sungguh, cukup bagimu berpuasa selama tiga hari dalam setiap bulan, sebab kamu akan menerima sepuluh kali lipat pada setiap kebaikan yang Kau lakukan. Karena itu, maka puasa ayyamul bidh sama dengan berpuasa setahun penuh." dikutip dari HR Bukhari Muslim.

5 dari 5 halaman

Waktu Puasa Ayyamul Bidh Tahun 2021 Masehi

Puasa Ayyamul Bidh pada tahun 1442 Hijriah atau 2021 Masehi ini bisa dimulai pada Bulan Jumadil Akhir, yaitu bertepatan dengan 26, 27, 28 Januari 2021. Kemudian, pada bulan Rajab 1442 Hijriah ini, Puasa Ayyamul Bidh dapat dilaksanakan pada tanggal 25, 26, dan 27 Februari 2021 pada penanggalan Masehi. Pada bulan selanjutnya, yaitu Syaban 1442 Hijriah, kamu bisa melaksanakannya pada tanggal 27, 28, 29 Maret 2021 Masehi.

Setelah Bulan Ramadan usai, kamu bisa melanjutkan kembali ibadah sunah Puasa Ayyamul Bidh pada pertengahan bulan seperti biasanya. Pada bulan Syawal 1442 Hijriah, kamu bisa melaksanakannya pada 25, 26, 27 Mei 2021. Selenjutnya, puasa Ayyamul Bidh pada bulan Zulkaidah bisa dilakukan pada 24, 25, 26 Juni 2021. Pada bulan Zulhijjah, kamu bisa melaksanakannya pada tanggal 24, 25, dan 26 Juli 2021.

Selanjutnya, di bulan Muharram, puasa Ayyamul Bidh bisa dilaksanakan pada tanggal 22, 23, 24 Agustus 2021. Di bulan Safar, puasa Ayyamul Bidh dilaksanakan pada 20, 21, 22 September. Bulan Rabiul Awal, puasa putih bisa dilaksanakan pada 20, 21, 22 Oktober. Pada Rabiul Akhir, puasa Ayyamul Bidh dilaksanakan pada 18, 19, 20 November. Terakhir, Pada Jumadil Awal 1442 Hijriah, Puasa Ayyamul Bidh dilaksanakan pada 18, 19, 20 Desember.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini