Sukses

Cara Mengirim Email Gmail di Komputer, Android, iPhone dan iPad

Cara mengirim email di Gmail sangat mudah.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengirim email di Gmail sangat mudah dilakukan. Email merupakan layanan yang digunakan untuk berkirim surat secara online. Email menjadi pilihan praktis saat ini untuk berkirim pesan.

Saat ini cara mengirim email merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki setiap orang. Email bisa berisi teks, file, gambar, atau lampiran lain. Ada banyak penyedia layanan email. Salah satu yang terkenal adalah Gmail besutan Google.

Cara mengirim email di Gmail sangatlah mudah. Cara mengirim email di Gmail ini bisa dilakukan di berbagai perangkat mulai dari Android, Apple, atau komputer. Cara mengirim email di Gmail bisa dilakukan siapa saja, di mana saja, dan kapan saja.

Cara mengirim email di Gmail ini bisa membantu Anda mengirim pesan secara profesional. Berikut cara mengirim email di Gmail, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (3/03/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara mengirim email di Gmail dari komputer

Untuk bisa mengirim email, Anda perlu memiliki akun Gmail yang aktif. Selain itu, koneksi yang stabil juga dibutuhkan dalam cara mengirim email dari komputer. Berikut cara mengirim email di Gmail dari komputer:

1. Di komputer atau laptop, buka browser dan masuk ke https://mail.google.com/. Login dengan akun Gmail Anda.

2. Di kiri atas, klik ikon (+), "tulis", atau "compose".

3. Di kolom "Kepada" atau "to", tambahkan penerima. Anda juga dapat menambahkan penerima di kolom "Cc" dan "Bcc". Anda juga bisa menambahkan penerima dengan menulis pesan di kolom teks, menggunakan tanda "+" atau "@" diikuti dengan nama kontak.

4. Tambahkan subjek email. Ini biasanya berisi judul email.

5. Tulis pesan pada kolom di bawah subjek.

6. Di bagian kiri bawah halaman email, klik Kirim atau Send.

3 dari 6 halaman

Cara mengirim email di Gmail dari Android

Cara mengirim email di Gmail dari Android memiliki sedikit perbedaan dari komputer. Perbedaan ini sebenarnya hanya perbedaan antar muka dan fitur tertentu. Berikut cara mengirim email di Gmail dari Android:

1. Di ponsel atau tablet Android, buka aplikasi Gmail.

2. Di kanan bawah, ketuk Tulis atau compose yang dilambangkan dengan simbol (+).

3. Di kolom "Kepada" atau To, tambahkan penerima. Anda juga dapat menambahkan penerima D]di kolom "Cc" dan "Bcc". Anda juga bisa menambahkan penerima dengan menulis pesan di kolom teks, menggunakan tanda "+" atau "@" diikuti dengan nama kontak.

4. Tambahkan subjek email. Ini biasanya berisi judul email.

5. Tulis pesan pada kolom di bawah subjek.

6. Di bagian kanan atas layar, ketuk Kirim atau send.

4 dari 6 halaman

Cara mengirim email di Gmail dari iPhone & iPad

Cara mengirim email di Gmail dari iPhone & iPad sebenarnya hampir sama dengan mengirim dari Android. Bedanya, iPhone & iPad biasanya tidak terpasang aplikasi Gmail secara otomatis. Jadi Anda perlu menginstal aplikasi Gmail terlebih dahulu. Berikut cara mengirim email di Gmail dari iPhone & iPad:

1. Pastikan Anda telah mendownload aplikasi Gmail.

2. Di iPhone atau iPad, buka aplikasi Gmail .

3. Di kanan bawah, ketuk Tulis atau compose yang dilambangkan dengan simbol (+).

4. Di kolom "Kepada" atau To, tambahkan penerima. Anda juga dapat menambahkan penerima D]di kolom "Cc" dan "Bcc". Anda juga bisa menambahkan penerima dengan menulis pesan di kolom teks, menggunakan tanda "+" atau "@" diikuti dengan nama kontak.

5. Tambahkan subjek email. Ini biasanya berisi judul email.

6. Tulis pesan pada kolom di bawah subjek.

7. Di bagian kanan atas layar, ketuk Kirim atau send.

5 dari 6 halaman

Penggunaan cc dan bcc

Dalam cara mengirim email di Gmail, kamu akan dihadapkan dengan pilihan penerima cc dan bcc. Kedua fitur ini digunakan sebagai tembusan surat. Terkadang orang tidak bisa membedakan penggunaan kedua fitur tembusan ini. Padahal perbedaan keduanya sangat signifikan.

Cc merupakan kependekan dari carbon copy. Jika kamu menggunakan cc, atau memasukkan alamat email pada kolom cc, maka kamu dapat mengirimkan email ke penerima lain si penerima email utama yang alamatnya diletakkan di kolom "to" (kepada) dapat mengetahui kepada siapa email tersebut diteruskan.

Sementara Bcc merupakan kependekan dari blind carbon copy. Bcc dapat digunakan untuk mengirimkan email tembusan sama halnya dengan cc. Bedanya, jika menggunakan cc orang penerima utama yang tertulis di "to" akan mengetahui kepada siapa saja email ditembuskan, dengan penggunaan bcc, maka penerima di kolom "to" tidak akan mengetahui kepada siapa saja email tersebut dikirimkan atau ditembuskan.

6 dari 6 halaman

Membatalkan pengiriman pesan

Di Gmail, kamu bisa membatalkan pengiriman pesan beberapa saat setelah pesan dikirim. Fitur pembatalan pesan ini disebut dengan Undo Send atau urung kirim.

Segera setelah mengirim pesan, Anda akan melihat notifikasi pesan "Dikirim" (sent) dan opsi Urung (undo). Tap Urungkan atau Undo Send untuk membatalkan pesan.

Fitur ini hanya tersedia beberapa detik setelah pesan terkirim. Jika pesan sudah terkirim dalam hitungan menit atau jam, pesan tidak bisa dibatalkan pengirimannya. Fitur undo send ini tersedia dalam beberapa pilihan waktu pembatalan 5, 10, 20, dan 30 detik.

Untuk mengubah jumlah waktu pembatalan pesan, buka pengaturan, lalu di samping opsi undo send, tap untuk mengubah periode pembatalan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini