Sukses

9 Cara Mengganti Background Foto Tanpa Ribet, Bisa Pakai Microsoft Word

Liputan6.com, Jakarta Cara mengganti background foto sangat berguna untuk banyak keperluan. Ada saat di mana kamu perlu mengganti background foto. Ini seperti saat ingin mengubah warna pas foto, membuat desain produk, hingga membuat poster. Cara mengganti background foto menjadi penting untuk diketahui. 

Kini ada banyak pilihan cara mengganti background foto. Kamu tak perlu lagi menggunakan software rumit di komputer untuk cara mengganti background foto. Sekarang cara mengganti background foto bisa dilakukan dari ponsel, bahkan tanpa aplikasi sekalipun.

Kamu juga tak memerlukan kemampuan desain grafis khusus dalam cara mengganti background foto ini. Berikut cara mengganti background foto, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(5/3/2021).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 7 halaman

Cara mengganti background foto secara online

Remove Bg

Remove Bg merupakan cara mengganti background foto online yang mudah digunakan. Kamu cukup mengunggah foto, dan situs akan secara otomatis menghapus background. Selanjutnya, kamu dapat mengganti warna background atau gambar dengan cukup klik ikon Edit. Situs ini sebagian besar berfungsi untuk foto yang memiliki orang dan objek tunggal. Sayangnya, meski kamu dapat menghapus background untuk gambar tanpa batas dari berbagai ukuran, hasil akhir hanya akan disimpan dalam ukuran kecil dalam versi gratis.

Online image editor

Dari situs ini kamu perlu memilih area atau warna yang ingin dibuat transparan secara manual. Untuk membuat gambar transparan, pertama-tama, unggah gambar. Kemudian klik pada tab Wizards di bagian atas dan pilih Transparansi. Setelah itu, sesuaikan pilihan. Kelemahan dari alat ini adalah mungkin butuh beberapa waktu untuk gambar dengan background yang rumit. Setelah background asli terhapus, kamu bisa menggantinya dengan warna atau gambar lain.

3 dari 7 halaman

Cara mengganti background foto secara online

Photo Scissors

PhotoScissors Online memiliki fitur cara mengganti background foto secara online. Dengan bantuan situs ini, background secara otomatis terdeteksi dan dihapus dari gambar. Kamu juga bisa menghapus background secara manual menggunakan tab tools yang tersedia.

Kamu hanya perlu menyorot beberapa latar depan dan background dan algoritma pada situs ini akan menangani penghapusan background dengan detail. Kamu dapat mengubah background menjadi warna solid atau gambar yang tepat menggunakan alat ini. Selanjutnya, kamu juga akan ditawari kemampuan untuk mengubah ukuran gambar juga.

Lunapic

Tidak hanya memungkinkan kamu menghapus background dari gambarmu, tetapi juga menawarkan beberapa fitur pengeditan yang menarik. Dalam penghapusan background, LunaPic bekerja paling baik untuk gambar yang memiliki background yang solid. Gambar dengan nuansa latar yang berbeda sulit dihapus menggunakan alat ini. Untuk menghapus background, unggah gambar, lalu pergi ke Edit > Transparent Background. Klik pada bagian yang ingin kamu hapus. Gambar disimpan dalam kualitas aslinya.

4 dari 7 halaman

Cara mengganti background foto dengan aplikasi ponsel

PicsArt

PicsArt merupakan aplikasi edit foto yang memiliki fitur cara mengganti background foto. Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan untuk mengedit foto.

Pilih foto yang akan diganti background-nya, kemudian tekan tombol ADD yang terletak di pojok kanan atas. Apabila Jika berhasil ditambah, lalu tap opsi Cutout dan silahkan pilih ikon orang di bagian bawah untuk proses menghapus background. Perbaiki hasilnya dengan menu kuas dan penghapus, lalu simpan.

Cut Cut

Mirip dengan PicsArt, Cut Cut juga mendeteksi garis luar subjek secara otomatis. Pemilihannya cepat dan akurat. Cut Cut tidak hanyabisa mengubah latar belakang gambar foto tetapi juga memberimu banyak stok gambar untuk digunakan. Pada saat yang sama, kamu juga dapat menambahkan gambar untuk background dari ponsel atau mencari online untuk beberapa gambar yang tepat.

5 dari 7 halaman

Cara mengganti background foto dengan aplikasi ponsel

Auto Cut Paste

Cara mengganti background foto di ponsel selanjutnya adalah menggunakan Auto Cut Paste. Aplikasi ini telah menyediakan template background foto yang siap digunakan. Instal apliaksi Auto Cut Paste. Kemudian tap pada menu Cut Photo berwarna biru, setelah itu silahkan pilih foto yang akan diedit.

Lalu, kamu akan diberikan pilihan untuk memotong gambar tersebut. Tentukan ukuran serta dimensi sesuai keinginan. Langkah berikutnya yaitu tap pilihan Auto untuk memulai proses penghapusan background. Lalu silahkan klik di daerah background untuk menghilangkan warnanya. Setelah itu tap tanda centang di kanan atas untuk melanjutkan proses cara mengganti warna background foto di Android.

Kemudian tentukan tingkat kehalusan gambar dengan menggeser parameter Smooth yang ada di bawah layar. Lalu, tap tanda centang di kanan atas dan pilih opsi Add Background untuk menambah background baru. Lalu tap icon Save di kanan atas untuk menyimpan gambar yang telah diedit.

MagiCut

MagiCut juga bisa menjadi cara mengganti background foto di ponsel. Sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi ini bahkan lebih sederhana dan mudah digunakan. Selain itu ada beragam pilihan background yang tersedia di apliaksi ini. Plus, ada opsi untuk memilih gambar dari Pixabay untuk versi permiumnya.

6 dari 7 halaman

Cara mengganti background foto dengan Microsoft Word

Microsoft Word bisa menjadi pilihan darurat saat kamu perlu mengedit background pas foto. Berikut cara mengganti background foto dengan Microsoft Word:

1. Buka Microsoft Word, masuk pada tab Insert, lalu pilih opsi picture. Pilih foto yang akan di edit lalu klik insert. Klik gambar yang telah di insert. Ketika kamu melakukannya, kamu akan melihat tab "Format" di atas.

2. Pilih tab format, sebelum menghapus background, posisikan foto dengan tepat. Pilih opsi position lalu pilih Position in top center. Klik pula opsi Bring Forward aga foto terus berada di depan.

3. Setelah foto diposisikan, klik foto dan pilih opsi Remove Background pada tab format. Opsi ini berada di pojok kiri atas. Setelah opsi ini dipilih, Word akan mewarnai latar belakang gambar dengan warna magenta. Ini akan berlaku secara otomatis. Semua yang ada di magenta nantinya akan dihapus dari gambar. Ini adalah upaya Microsoft untuk mendeteksi secara otomatis latar belakang suatu gambar.

4. Sesuaikan titik background yang akan dihapus. pastikan warna magenta menutupi semua background yang akan dihapus. Seperti yang kamu lihat, Word tidak cukup canggih untuk secara akurat menyeleksi latar belakang pada sebagian besar gambar. Tapi, Word menyediakan dua tools untuk membantu kamu merapikannya.

5. Jika ada area yang tidak terseleksi dalam warna magenta, kamu bisa menyeleksinya secara manual. Caranya dengan memanfaatkan tools “Mark Areas to Keep” dan “Mark Areas to Remove”.

6. Jika kamu memilih tools “Mark Areas to Keep”, pointermu akan berubah menjadi pena yang memungkinkan kamu menyorot area gambar yang ingin kamu simpan (yang tidak ingin dihapus). Kamu dapat mengklik suatu area seperti rambut atau baju yang mungkin terkena sedikit warna magenta agar nantinya tidak terhapus. Kamu harus bereksperimen dengan foto dan penamu untuk menemukan yang terbaik. Saat kamu selesai menandai sesuatu, kamu dapat mengeklik di mana saja di luar gambar untuk melihat efeknya.

7 dari 7 halaman

Cara mengganti background foto dengan Microsoft Word

7. Jika kamu memilih “Mark Areas to Remove” pointermu juga akan berubah menjadi pena dan akan menandai area yang ingin kamu hapus. Klik area tertentu yang ingin kamu hapus, dan area tersebut akan berubah menjadi magenta. Klik di luar gambar kapan saja untuk memeriksa hasilnya.

8. Setelah kamu puas dengan hasil editanmun, kamu bisa klik tombol "Keep Changes" pada tab "Background Removal". Kini Background yang kamu tandai akan terhapus dan siap diganti dengan warna lain.

9. Pilih Insert, pilih Shape, lalu pilih rectangle. Lalu arahkan pada lembar kerja, masukkan rectangle di dalam foto tadi. Untuk menentukan warna, kamu bisa mengaturnya pada bagian Shape Styles, pilih warna sesuai background yang kamu inginkan. Satukan background dengan foto hingga membentuk sebuah pas foto. Setelah selesai, kamu bisa menyimpannya dalam bentuk JPG.

10. Setelah selesai mengedit, kamu perlu menyimpannya dalam bentuk JPG. Caranya dengan klik foto, lalu tekan Ctrl pada keyboard. Arahkan kursor pada shape background, hingga kursor berubah menjadi ikon (+). Kemudian, klik kanan lalu pilih opsi Group.

11. Lalu, klik gambar yang sudah di Group atau digabungkan. Klik Ctrl+x atau opsi Cut. Gambar akan hilang, untuk menampilkannya lagi, klik kanan lalu pilih opsi "paste picture. Bisa juga klik opsi paste pada pojok kiri atas.

12. Gambar kemudian akan muncul dengan background dan foto yang benar-benar menyatu. Pada langkah ini foto sudah dapat disimpan. Klik kanan lalu pilih opsi "Save as Picture.." pilih format gambar, bisa JPG atau PNG. Pilih sesua kebutuhanmu. Setelah itu klik save. Pas foto dengan warna background baru sudah dapat kamu miliki.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.