Sukses

Database adalah Kumpulan Informasi yang Tersimpan Sistematis, Kenali Fungsi dan Jenisnya

Mengenal istilah database adalah bagian terpenting dalam dunia komputerisasi.

Liputan6.com, Jakarta Keberadaan database sangat penting dalam perangkat lunak seperti komputer. Pengertian database adalah kumpulan informasi yang tersimpan sistematis dalam komputer.

Database adalah sistem yang mengumpulan data, file, dan informasi secara terintegrasi. Fungsi utama dari database adalah memudahkan identifikasi data untuk melakukan pengulangan. 

Pengembangan database dalam situs web berguna mempercepat dan mempermudah cara kerjanya. Hal ini membuat informasi dapat disimpan, dikelola, dihapus atau diambil dengan lebih efisien.

Berikut Liputan6.com ulas penjelasan lengkap tentang database adalah kumpulan informasi yang tersimpan sistematis dari berbagai sumber, Sabtu (6/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Pengertian Database Menurut Para Ahli

Toni Fabbri

Database adalah sebuah sistem file-file dan data yang terintegrasi dimana file dan data tersebut yang mempunyai sebuah primary key untuk melakukan pengulangan data.

C.J. Date

Database adalah kolek data operasional yang sengaja di simpan dan juga dipakai oleh sistem aplikasi dari suatu organisasi.

Gordon C. Everest

Database adalah suatu koleksi atau kumpulan data yang bersifat mekanis, terbagi atau shared, terdefinisi secara formal dan juga terkontrol. Pengontrolan tersebut terpusat pada suatu organisasi.

Jogiyanto

Database adalah kumpulan data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan di simpanan luar komputer dan digunakan perangkat lunak tertentu untuk memanipulasinya.

Date

Database adalah sebagai tempat sekumpulan berkas dan juga terkomputerisasi, jadi sistem database menurut Date pada dasarnya adalah sistem terkomputerisasi yang mempunyai tujuan utamanya untuk melakukan pemeliharaan terhadap informasi dan juga membuat informasi tersebut tersedia saat dibutuhkan.

S. Atte

Database adalah sebuah koleksi data-data yang saling berinteraksi yang ada dalam suatu organisasi atau enerprise dengan macam-macam penggunaan.

Fabbri dan Schwab

Database adalah sebuah sistem berkas terpadu yang dirancang terutama untuk dapat meminimalkan pengulangan atau redundancy data.

Chou

Database adalah kumpulan informasi yang bermanfaat yang diorganisasikan dalam tatacara yang khusus sehingga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan suatu organisasi.

3 dari 7 halaman

Mengenal Istilah Database

Istilah database cukup populer di dunia komputerisasi. Database adalah sekumpulan data atau informasi yang tersimpan secara sistematis. Nama lain database adalah basis data.

Melansir dari laman Osf.io, database adalah kumpulan informasi yang disimpan di komputer secara sistematik sehingga bisa diperiksa menggunakan suatu program komputer.

Dari pemeriksaan inilah nantinya akan diperoleh informasi dari basis data tersebut. Database adalah tabel yang terdiri dari kolom (kolom) dan baris (record) di mana setiap kolom berisi atribut tertentu dan setiap baris menampilkan nilai tertentu untuk atribut yang sesuai.

Jumlah kolom dalam satu tabel database adalah bergantung pada berapa banyak jenis atau kategori informasi yang perlu disimpan dalam database. Sementara jumlah baris database adalah ditentukan jumlah objek yang harus diperkenalkan dengan record yang dikategorikan.

4 dari 7 halaman

Database dalam Website

Database adalah berada di antara elemen struktural terpenting dari World Wide Web saat ini. Berada di dasar sebagian besar situs web dan aplikasi yang digerakkan konten.

Pada dasarnya database adalah memiliki misi khusus untuk menyediakan mekanisme yang terorganisir dengan baik. Tidak mengherankan bahwa data dapat dimanipulasi atau diolah.

Dalam pengembangan situs web atau aplikasi sekarang, pendekatan database adalah dengan mengatur web dengan menawarkan cara yang cepat dan otomatis. Tujuannya agar informasi dapat disimpan, dikelola, dihapus atau diambil.

Serangkaian kemampuan kuat yang dimiliki database adalah telah memperkenalkan situs web yang lebih dinamis, yang telah membuka halaman baru dalam sejarah evolusi web.

5 dari 7 halaman

Fungsi Database yang Umum

Suatu pengelolaan sistem database dalam dunia IT sering disebut dengan database Management System (DBMS). Dapat disederhanakan bahwa database adalah kumpulan tabel-tabel yang menyimpan data serta informasi. Adapun beberapa fungsi database dalam komputer adalah sebagai berikut:

1. Fungsi database adalah menghindari data ganda yang tersimpan. Suatu software DBMS bisa di-setting agar mampu mengenali duplikasi data yang terjadi saat diinput. Hal ini karena sifat database dapat diakses oleh lebih dari satu pengguna.

2. Fungsi database adalah mempermudah identifikasi data. Pengelompokkan data dapat dilakukan dengan beragam cara seperti membuat tabel yaitu dengan field yang berbeda-beda.

3. Fungsi database adalah mempermudah penggunaan hampir di semua sisi seperti memasukkan data baru, mengupdate, atau bahkan menghapus data yang sudah tidak digunakan lagi.

4. Fungsi database adalah menjadi alternatif lain terkait masalah penyimpanan ruang dalam suatu aplikasi. Hal ini karena keterbatasan dari media penyimpanan oleh kebanyakan aplikasi komputer.

5. Fungsi database adalah keterbatasan dari media penyimpanan oleh kebanyakan aplikasi komputer, database dapat menjadi alternatif lain terkait masalah penyimpanan ruang dalam suatu aplikasi.

6 dari 7 halaman

Jenis-Jenis Database

Database Relasional

Database relasional dominan dipakai pada 1980-an. Item dalam database relasional diatur sebagai sekumpulan tabel dengan kolom dan baris. Teknologi database relasional menyediakan cara yang paling efisien dan fleksibel untuk mengakses informasi terstruktur.

Database Berorientasi Objek

Informasi dalam database berorientasi objek direpresentasikan dalam bentuk objek, seperti dalam pemrograman berorientasi objek.

Database Terdistribusi

Database terdistribusi terdiri dari dua atau lebih file yang terletak di situs berbeda. Database dapat disimpan di beberapa komputer, yang terletak di lokasi fisik yang sama, atau tersebar di jaringan yang berbeda.

Gudang Data

Gudang pusat untuk data, gudang data adalah jenis database yang dirancang khusus untuk kueri dan analisis cepat.

Database NoSQL

NoSQL, atau database nonrelasional, adalah jenis yang memungkinkan data tidak terstruktur dan semistruktur untuk disimpan dan dimanipulasi. Database NoSQL menjadi populer karena aplikasi web menjadi lebih umum dan lebih kompleks.

Open Source Database

Sistem database open source adalah sistem yang kode sumbernya adalah open source; database tersebut dapat berupa database SQL atau NoSQL.

Database Cloud

Database cloud adalah kumpulan data, baik terstruktur atau tidak terstruktur, yang berada pada platform komputasi cloud pribadi, publik, atau hybrid. Ada dua jenis model database cloud: tradisional dan database sebagai layanan (DBaaS).

7 dari 7 halaman

Jenis-Jenis Database

Database Grafik

Database grafik menyimpan data dalam bentuk entitas dan hubungan antar entitas.

Database OLTP

Database OLTP adalah database analitik cepat yang dirancang untuk transaksi dalam jumlah besar yang dilakukan oleh banyak pengguna.

Selain jenis database tersebut, perubahan dalam pengembangan teknologi dan kemajuan dramatis seperti cloud dan otomatisasi, juga mendorong kemajuan database. Beberapa jenis terbaru dari database adalah:

Database Multimodel

Database multimodel menggabungkan berbagai jenis model database menjadi satu back end yang terintegrasi. Artinya mereka bisa menampung berbagai tipe data.

Database dokumen atau JSON

Didesain untuk menyimpan, mengambil, dan mengelola informasi berorientasi dokumen, database dokumen adalah cara modern untuk menyimpan data dalam format JSON daripada dalam bentuk baris dan kolom.

Database Self-Driving

Jenis database terbaru dan paling inovatif, database self-driving (juga dikenal sebagai database otonom) berbasis cloud dan menggunakan pembelajaran mesin untuk mengotomatiskan penyetelan database, keamanan, backup, update, dan tugas manajemen rutin lainnya yang biasanya dilakukan oleh administrator database.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini