Sukses

Cara Membuat Brosur di Laptop Menggunakan Photoshop, Word , dan Publisher

Cara membuat brosur yang menarik bisa menggunakan berbagai aplikasi desain di gadget kamu.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat brosur cukup mudah dan sangat cocok untuk pemula. Membuat brosur dengan CorelDraw dan Photoshop mungkin sudah tidak asing lagi menjadi aplikasi desain yang disukai banyak orang.

Namun, ternyata membuat brosur juga bisa menggunakan Microsoft Word dan Publisher. Brosur adalah salah satu alat yang biasanya digunakan untuk mempromosikan produk barang, jasa, dan lain-lain. 

Bentuk fisik brosur yang terbuat dari kertas ini berisikan sejumlah informasi dan juga penawaran mengenai produk jasa atau produk tersebut.

Cara membuat brosur yang menarik bisa menggunakan berbagai aplikasi desain di gadget kamu. Jika kamu baru mengenal Photoshop, kamu juga bisa belajar dengan menerapkan cara membuat brosur sederhana menggunakan aplikasi tersebut.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (12/3/2021) tentang cara membuat brosur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara Membuat Brosur di Photoshop

Pertama-tama, kamu perlu membuat sebuah lembar kerja baru dengan ukuran 297 x 21 cm. Ukuran tersebut merupakan ukuran umum yang digunakan dalam membuat sebuah brosur.

Kamu perlu mengatur resolusinya menjadi 300dpi untuk mendapatkan kualitas hasil cetakan yang mendetail, serta pemilihan warna dengan CMYK.

Tampilan brosur pada umunya hadir dalam bentuk lipatan. Biasanya dalam satu brosur terdapat tiga lipatan. Oleh karena itu, kamu perlu membagi bidangnya ke dalam tiga bagian yang masing-masing berukuran 9,9 x 21 cm.

 

Cara Membuat Brosur dengan Photoshop Bagian Background dan Depan

Setelah membuat ukuran pada bidang brosur, selanjutnya cara membuat brosur dengan photoshop yang perlu kamu lakukan adalah membuat background. Ya, kamu bisa membuat background sederhana dengan menggunakan gradasi warna saja. Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu memanfaatkan Layer Style.

Selain memanfaatkan Layer Style, kamu juga bisa menggunakan gambar yang sesuai dengan produkmu. Kalau kamu sudah memiliki gambar produk, kamu bisa menjadikannya sebagai background. Atau kalau kamu belum memiliki gambar sendiri, kamu bisa coba men-download gambar apapun di internet, kemudian menyesuaikan ukurannya untuk dijadikan background dari brosur ini.

Masukkan beberapa gambar yang sesuai dengan produkmu dan atur posisinya sesuai dengan selera kamu. Selain gambar, kamu juga bisa menambahkan font yang sesuai dengan konsep yang kamu miliki agar lebih informatif.

3 dari 7 halaman

Cara Membuat Brosur dengan Photoshop Selanjutnya

Setelah lembar pertama atau bagian depan sudah selesai diberi background dan tulisan yang sesuai dengan produkmu, selanjutnya akan mengisi pada lembar kedua dan ketiga. Nah, untuk bagian kedua atau tengah ini kamu bisa mengisinya dengan beberapa foto yang lebih detail.

Ya, kamu bisa menambahkan beberapa foto yang menjelaskan tentang produkmu. Kamu bisa mendesainnya dengan menyusun beberapa foto yang diletakkan di bagian kiri kemudian memberikan penjelasan berupa tulisan di sebelah kanannya.

Selain gambar dan tulisan, kamu bisa juga menambahkan beberapa efek yang tersedia, tentunya disesuaikan dengan konsep produkmu, ya.

Di bagian ketiga atau lembar terakhir, kamu bisa menambahkan info lebih detail tentang produkmu seperti lokasi detail beserta denah lokasi dan kontak yang bisa dihubungi.

Agar nampak lebih bervariasi, kamu bisa menambahkan background gambar-gambar yang tentunya disesuaikan dengan jenis produkmu, ya.

Nah, langkah terakhir dalam cara membuat brosur di photoshop ini adalah dengan mengekspor file kamu ke PDF. Caranya, buka menu File, Save As, dan pilih Photoshop PDF.

4 dari 7 halaman

Cara Membuat Brosur di Word

1. Siapkan Dokumen Baru (New Document) pada Word

Pertama, kamu perlu siapkan dokumen kosong pada Word atau mulai dengan salah satu template brosur. Di Word sendiri menawarkan template brosur yang bisa kamu pilih.

2. Sesuaikan Tata Letak

- Orientation

Jika kamu memulai dengan halaman kosong, buat tata letak brosur dengan membuka tab ‘Layout’. Kemudian pilih ‘Orientation’ dan ubahlah dari portrait ke landscape.

- Margin

Kemudian klik ‘Margin’ dan sesuaikan ke 0,5” atau yang lebih kecil. Perlu diingat, Margin di sini untuk menciptakan ruang putih di sekitar batas pada brosur.

Jadi, kalau kamu menggunakan latar belakang berwarna, dan kamu ingin membuat margin yang lebih kecil, bisa lakukan Margin > Margin Custom. Disarankan untuk 25” kanan dan kiri, dan 31” atas dan bawah.

Namun kamu bisa lewatkan langkah ini jika menggunakan template.

5 dari 7 halaman

Cara Membuat Brosur di Word

3. Pilih Tema

Selanjutnya, ke tab ‘Design’ dan pilih ‘Theme’ sesuai dengan selera yang kamu inginkan. Tema akan otomatis mengisi ke bagian laman kerjamu

4. Buat Struktur Dasar

- Ruler dan Gridlines

Lanjut ke tab ‘View’ kemudian pilih ‘Ruler’ dan ‘Gridlines’. Gunakan pilihan tersebut untuk membuat jarak yang akurat.

- Text Box

Kalau tadi kamu menggunakan margin 0.5”, buatlah kotak teks yang lebarnya sebesar 3”. Namun ini bisa dibuat lebih pendek atau sebaliknya, tergantung dari teks yang ingin kamu sajikan. Misalnya, cukup gunakan kotak pendek untuk membuat judul, dan kotak panjang untuk menambahkan beberapa paragraf teks.

Untuk menyisipkan kotak teks, buka tab Sisipkan > Kotak teks.

- Columns

Kamu membutuhkan dua halaman dengan tiga kolom. Halaman pertama untuk lipatan depan, belakang, dan dalam brosur. Sedangkan halaman kedua akan menjadi bagian dalam brosur. Gunakan Ruler dan Gridlines untuk menempatkan kotak teks menjadi tiga kolom.

6 dari 7 halaman

Cara Membuat Brosur di Word

5. Masukkan Konten

Sekarang kamu telah memiliki enam kolom pada desain brosur. Setelah itu kamu bisa masukkan konten tentang produk barang atau jasa. Tak hanya menambahkan teks tentang konten produkmu. Di sini kamu juga bisa menambahkan gambar, bentuk, dan bagan.

6. Buat Grup Konten

Konten kamu akan masuk ke dalam grup konten seperti header dan subjudul, atau sekumpulan bentuk yang membentuk desain tadi. Pilih masing-masing objek ini dan ubah ke dalam ‘Group’. Hal ini akan memungkinkan kamu untuk memindahkan masing-masing komponen tersebut secara bersamaan saat ingin mengeditnya.

7 dari 7 halaman

Cara Membuat Brosur Menggunakan Publisher

Cara membuat brosur menggunakan Microsoft Publisher bisa dilakukan dengan menggunakan template. Hal ini tentunya akan lebih memudahkan kamu dalam menyelesaikan brosur yang kamu inginkan.Berikut ini cara membuat brosur di Microsoft Publisher:

1. Pada halaman Mulai yang muncul saat kamu membuka Publisher, klik Brosur (kamu dapat masuk ke halaman Mulai kapan saja dengan mengklik File > Baru).

2. Klik sebuah brosur di galeri templat brosur dan klik Buat.

 

Mengubah Template

Kamu juga bisa mengubah template sesuai dengan yang kamu mau. Berikut langkah-langkahnya:

1. Klik Desain Halaman > Ubah Templat.

2. Ganti teks atau grafik templat dengan mengklik kanan kotak teks atau grafik dan mengklik Hapus Teks atau Ubah Gambar.

 

Menyesuaikan Templat dengan Keinginan

Setelah menemukan templat yang kamu sukai, kamu bisa membuat desain yang diinginkan, yaitu sebagai berikut:

1. Klik tab Desain Halaman dan bereksperimenlah dengan warna tema, font, dan latar belakang.

2. Bila kamu sudah puas dengan hasilnya, klik File > Cetak dan pilih sebuah opsi:

- Klik Ekspor untuk menemukan opsi simpan sebagai PDF atau Kemas dan Proses lainnya untuk pencetakan foto atau komersial.

- Klik Cetak untuk membuat salinan di printer pribadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini