Sukses

Semangati Peserta SNMPTN, Kisah Wanita 7 Kali Gagal Masuk PTN Ini Bikin Salut

Setelah ditolak PTN 7 kali, wanita ini berhasil lolos di salah satu Perguruan Tinggi di Surabaya.

Liputan6.com, Jakarta Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 telah diumumkan pada Senin (22/3/2021) pukul 15.00 WIB. Hampir seluruh peserta SNMPTN unggah detik-detik momen menegangkan saat melihat pengumuman SNMPTN di laman media sosial.

Setiap peserta tentunya ada yang merasakan sedih dan bahagia. Peserta yang berhasil lolos SNMPTN 2021 tak biasa sembunyikan rasa haru dan bahagianya tembus PTN impian lewat seleksi SNMPTN. Namun tak sedikit juga calon mahasiswa yang merasakan sedih dan kecewa lantaran pengumuman SNMPTN 2021 tak sesuai dengan harapan.

Media sosial ramai dengan unggahan-unggahan peserta SNMPTN 2021. Semua peserta terlihat saling membubuhkan komentar semangat satu sama lainnya baik di Twitter maupun TikTok. Ada banyak cara memberikan semangat untuk peserta yang gagal SNMPTN, salah satunya dengan bagikan kisah perjuangan saat ingin masuk PTN impian.

Belum lama ini viral di TikTok seorang wanita bagikan kisah perjuangannya setelah dinyatakan tidak lolos SNMPTN 2020. Gagal masuk PTN lewat jalur SNMPTN tidak mematahkan semangat untuk terus kejar PTN impian.

Kisah viral perjuangan wanita ditolak 7 kali masuk Perguruan Tinggi Negeri ini dilansir Liputan6.com dari laman TikTok @b_brth pada Senin (22/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kisah Perjuangan Wanita Masuk PTN

Setelah lulus dari bangku Sekolah Menengah Atas (SMA), para siswa tentunya akan dihadapkan dengan ragam jenis seleksi untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dua diantaranya adalah SNMPTN dan SBMPTN. 

Setiap orang mempunyai kisah perjuangan yang berbeda saat melewati masa-masa mempersiapkan diri menghadapi SNMPTN hingga pengumuman tiba. Media sosial pun dijadikan wadah untuk saling menguatkan menerima apapun pengumuman di beranda SNMPTN.

Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 telah diumumkan pada (22/3/2021) pukul 15.00 WIB. Media sosial pun turut ramai dengan ragam hasil SNMPTN dari seluruh calon mahasiswa di Indonesia. Rasa kecewa hingga bahagia tentunya tengah menyelimuti para peserta SNMPTN.

Gagal lolos SNMPTN 2021 bukan akhir dari segalanya. Mungkin itulah kalimat yang bisa memberikan semangat untuk peserta yang gagal lolos SNMPTN 2021. Bahkan tak sedikit orang yang beri semangat kepada peserta SNMPTN dengan mengunggah kisah perjuangan saat masuk PTN.

@b_brth

trowback ditolak 7× perguruan tinggi:'), bukan akhir dari segalanya #snmptn2021 #snmptn #sbmptn #spmb

♬ original sound - distik🦄 - distik🦄

Dalam video tersebut sang pemilik akun mengunggah potret kartu SNMPTN 2020 dan menuliskan bahwa Ia mendapatkan notice merah saat melihat pengumuman SNMPTN 2020. Bangkit dan terus berjuang, sang pemilik akun membagikan foto kompilasi persiapannya saat akan menghadapi SBMPTN 2020. Namun hasil berkata lain, sang pemilik akun juga gagal SBMPTN 2020.

"trowback ditolak 7× perguruan tinggi:'), bukan akhir dari segalanya." tulis sang pemilik akun pada kolom caption unggahannnya.

Tak pantang menyerah, sang pemilik akun juga mengikuti seleksi mandiri di berbagai PTN di Indonesia. Setelah gagal SBMPTN 2020, sang pemilik akun mencoba mendaftar Universitas Sebelas Maret jurusan D-3 Farmasi. Namun hasil tetap berkata bahwa Ia gagal lolos seleksi mandiri Universitas Sebelas Maret.

Setelah gagal SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi mandiri Universitas Sebelas Maret 2021, sang pemilik akun yang bernama Robertha Febriana kembali mencoba daftar di Universitas Negeri Yogyakarta. Namun hasil tetap tak sesuai harapan.

Terus bangkit dan semangat, Robertha Febriana kembali daftar di Universitas Negeri Surabaya jurusan S1 Pendidikan Kimia. Terlihat dalam unggahan setelahnya, Robertha berhasil lolos seleksi mandiri Universitas Negeri Surabaya 2020. Ia pun mengunggah momen dimana saat Ia melewati masa-masa orientasi.

 

3 dari 4 halaman

Sempat Putus Asa

@b_brth

Balas @putrifbry27 sharing ajaa🥺, maap ga cukup durasinya

♬ original sound - robertha - robertha

Lantaran banyak yang penasaran dengan cerita detail perjuangannya masuk perguruan tinggi, sang pemilik akun kemudian mengunggah beberapa video lanjutan yang menceritakan tentang kisah perjuangannya. Sang pemilik aku juga membagikan bahwa biaya untuk mendaftar tes jika ditotal adalah sampai Rp 1 juta rupiah.

Dalam unggahan tersebut sang pemilik akun menjelaskan dengan detail perjuangannya saat mendaftar beberapa perguruan tinggi. Saat mendaftar di Universitas Negeri Yogyakarta sang pemilik akun menuturkan bahwa Ia sempat putus asa. Kabar masih dibukanya pendaftaran UNY pun Ia dapatkan dari temannya.

Semangat dan perjuangan sang pemilik aku membuat tak sedikit warganet yang salut dan haru. Sang pemilik akun yang bernama Robertha ini juga menjelaskan bahwa 7 kali gagal tersebut sudah termasuk saat mendaftar Politeknik.

4 dari 4 halaman

Komentar Warganet

Video yang diunggah pada 21 Maret 2021 ini sudah ditonton lebih dari 1 juta kali. Video tersebut sudah dibagikan lebih dari dua ribu kali dan mendapatkan 200 ribu likes dari para pengguna TikTok. Ada sekitar tiga ribu komentar dibubuhkan warganet pada kolom komentar unggahan tersebut. Video tersebut tentu saja dapat memberikan semangat untuk para peserta SNMPTN 2021 yang gagal lolos SNMPTN 2021.

"aaa kakk ini bisa jd motivasii bgt. Semangat yokk." tulis novaura disertai dengan emot nangis.

"Apapun hasilnya, semoga aku bisa sekuat ini." kata @lalaa880 disertai emot senyum.

"Kegagalan adalah kunci keberhasilan." timpal Gemini disertai emot senyum.

"Gw tau rasanya kecewa bgt, 2020 ditolak sampe 9x dan butuh waktu 3 bulan buat bangkit lagi." imbuh meibell disertai emot nangis.

"Mentalnya kuat banget, gue yg ditolak di SMA yg gue inginkan udh msh sedih sampe sekarang." tambah U l a t c a b e disertai emot sedih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini