Sukses

12 Macam-Macam Kopi Khas Indonesia, Mencuri Perhatian Mendunia

Kopi Sidikalang, Lanang, Sumatera, Preanger, Luwak, Java, Toraja, Gayo, Wamena, Kintamani, Flores, dan Temanggung.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Berdasarkan data dari Organisasi Pangan dan Agrikultur Dunia (FAO), pada tahun 2017 – 2018 Indonesia tercatat sebagai penghasil biji kopi terbesar keempat, setelah negara Brazil, Vietnam, dan Columbia.

Tak heran bila dari sekian banyak macam-macam kopi khas Indonesia, sebagian besar di antaranya sudah melanglang buana sampai mancanegara. Salah satu dari macam-macam kopi khas Indonesia yang paling mahal dan dikenal punya rasa fenomenal adalah kopi luwak. Kopi ini difermentasi langsung dari tubuh hewan luwak.

Dari sekian banyak macam-macam kopi, ada dua belas macam-macam kopi khas Indonesia yang mencuri perhatian dunia. Mulai dari kopi Sidikalang, Lanang, Sumatera, Preanger, Luwak, Java, Toraja, Gayo, Wamena, Kintamani, Flores, dan Temanggung.

Berikut Liputan6.com ulas macam-macam kopi khas Indonesia dari berbagai sumber, Selasa (23/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Macam-Macam Kopi Khas Indonesia

Kopi Sidikalang

Salah satu macam-macam kopi khas Indonesia, yakni kopi Arabika atau Kopi Sidikalang. Kopi Sidikalang ditanam di daerah Bukit Barisan di bawah udara yang sejuk dan tanah yang kaya mineral, mampu menghasilkan kopi dengan kualitas terbaik.

Kopi Sidikalang merupakan salah satu dari macam-macam kopi khas Indonesia yang masuk ke dalam jajaran salah satu kopi terbaik dunia dan banyak yang menyandingkannya dengan kopi kualitas Brasil.

Kopi Lanang

Kopi Lanang diambil dari bahasa Jawa yang berarti laki-laki. Salah satu dari macam-macam kopi khas Indonesia ini dinamakan seperti itu karena kopi ini dikenal bisa menambah vitalitas para pria.

Kopi Lanang banyak diproduksi di daerah Jawa Timur. Salah satu dari macam-macam kopi khas Indonesia ini memiliki kadar kafein yang cukup tinggi.

Tak heran ketika mengonsumsi akan membuat penikmatnya tak akan merasa ngantuk. Kopi ini dikenal hingga daratan Amerika karena bentuk biji yang bulat dan juga kadar kafeinnya yang tinggi tersebut.

3 dari 7 halaman

Macam-Macam Kopi Khas Indonesia

Kopi Sumatera

Macam-macam kopi khas Indonesia dari Sumatera ada banyak dan mayoritas memiliki kualitas terbaik. Sebagian besar berasal dari daerah Mandaling dan Gayo (Kopi Gayo). Kopi yang ditanam di daerah Sumatera biasanya memiliki tekstur yang halus, terasa sedikit asam dan memiliki aroma tembakau dan tanah.

Kalau bicara soal sejarahnya, macam-macam kopi khas Indonesia yang berasal dari daerah Mandaling ini dikatakan berawal mula dari biji kopi yang dibawa pulang dari Mekkah yang selanjutnya ditanam di Minangkabau pada masa pemerintahan Hindia Belanda.

Kopi Preanger

Kopi Preanger ini merupakan salah satu dari macam-macam kopi khas Indonesia yang asalnya dari Jawa. Kopi Jawa ini sangat terkenal di dunia. Eksistensi kopi Preanger sudah ada sejak zaman pendudukan Belanda di Indonesia.

Rasa dari salah satu macam-macam kopi khas Indonesia ini sangat khas dan nikmat. Hal ini yang membuat kopi Java Preanger terkenal di Eropa dan menyebutnya secangkir Jawa (a cup of Java).

4 dari 7 halaman

Macam-Macam Kopi Khas Indonesia

Kopi Luwak

Kopi luwak merupakan salah satu dari macam-macam kopi khas Indonesia yang sudah cukup fenomenal. Kopi khas Indonesia ini pun sudah menjadi kopi termahal di dunia.

Harga mahal dari macam-macam kopi khas Indonesia

yang ditawarkan akan terbayar dengan rasanya yang khas dan sangat lembutnya. Hal yang mempengaruhi harga kopi luwak adalah proses fermentasi yang unik, langsung dilakukan dalam tubuh luwak.

Kopi Java

Java Coffee atau Kopi Jawa ini merupakan salah satu dari macam-macam kopi khas Indonesia yang sangat terkenal di dunia dan termasuk dalam jenis kopi Arabika. Kata “Java” sekarang menjadi sebuah kata slang dalam Bahasa Inggris untuk kopi. Di mulai dengan produksinya oleh pemerintah kolonial Belanda pada abad ke-17, Jawa sampai saat ini masih menjadi salah satu produsen kopi yang terbesar di dunia.

5 dari 7 halaman

Macam-Macam Kopi Khas Indonesia

Kopi Toraja

Macam-macam kopi khas Indonesia yang telah mendunia adalah kopi Toraja. Kopi yang sebagian besarnya berasal dari Toraja-Kalosi ini terkenal dengan rasa khasnya yang seperti rasa tanah dan hutan.

Hal ini dikarenakan proses pembuatan kopinya setelah biji kopi dipetik.

Banyak yang mengatakan bahwa jika telah menyeruput salah satu dari macam-macam kopi khas Indonesia ini, rasa pahit pada kopi akan mendadak hilang. Kopi Toraja ini sangat digemari masyarakat Jepang dan Amerika Serikat, lho.

Kopi Gayo

Macam-macam kopi khas Indonesia ini berasal dari dataran tinggi Gayo di Aceh yang telah berkembang sejak tahun 1908. Kopi Gayo cukup terkenal di dunia karena memiliki aroma dan kenikmatan yang khas dan jika di cupping atau di test rasa dan aroma di daerah gayo hampir memiliki cita rasa kopi yang ada di seluruh dunia.

Hal ini dibuktikan dengan beberapa kali kopi gayo meraih penghargaan sebagai kopi terbaik dunia. Meski terjadi krisis di Eropa, tak mengurangi permintaan kopi asal dataran tinggi Tanah Gayo di pasar dunia.

Kopi dari daerah gayo merupakan salah satu kopi mahal di dunia ini terbukti pada saat pameran kopi dunia yang diselenggarakan organisasi Specialty Coffee Association of America (SCAA) di Portland, Oregon Convention Center, Amerika Serikat.

6 dari 7 halaman

Macam-Macam Kopi Khas Indonesia

Kopi Wamena

Macam-macam kopi khas Indonesia yang berasal dari Wamena ini bisa dibilang sebagai kopi organik yang memiliki kualitas terbaik. Hal ini disebabkan daratan Papua yang masih sangat subur sehingga menghasilkan kopi yang sangat baik.

Bagi yang pernah mencicipi kopi Wamena pasti tahu aroma kopinya yang harum, tekstur halus serta after taste yang cukup manis, berbeda dengan kebanyakan macam-macam kopi khas Indonesia biasanya.

Untuk beberapa pecinta kopi, ada yang menyandangkan kopi ini sejajar dengan kopi Jamaica Blue Mountain, yang merupakan kopi Arabika premium asal Jamaica. Sejak tahun 2000, produksi kopi Wamena ini diekspor ke dataran Amerika, Singapura, Jepang, dan Australia.

Kopi Kintamani

Macam-macam kopi khas Indonesia yang berasal dari Kintamani, Bali ini merupakan kopi organik yang masih menggunakan sistem pengairan tradisional.

Kopi Kintamani memiliki kualitas kopi yang sangat baik karena ditanam di daerah yang sejuk dan dingin.

Salah satu dari macam-macam kopi khas Indonesia ini memiliki tekstur yang halus dan menciptakan rasa yang lembut di lidah. Penggemar kopi asal Bali ini sudah meluas hingga sampai ke daratan Jepang.

7 dari 7 halaman

Macam-Macam Kopi Khas Indonesia

Kopi Flores

Macam-macam kopi khas Indonesia yang berasal dari Flores, Nusa Tenggara Timur ini mempunyai ciri khas kekentalan yang cukup pekat dengan tingkat keasaman yang rendah.

Bahkan salah satu dari macam-macam kopi khas Indonesia ini mempunyai rasa dominan coklat dan vanila dengan memberikan after taste effect seperti kacang-kacangan. Jenis kopi ini sudah diekspor ke negara Amerika.

Kopi Temanggung

Macam-macam kopi khas Indonesia Robusta asal daerah Temanggung ini mempunyai ciri khas yang berbeda dari yang lain. Kopi Robusta ini mempunyai aroma tembakau dengan dominasi rasa yang pahit.

Rasa pahit itulah yang menjadikan macam-macam kopi khas Indonesia seperti robusta ini banyak digemari. Saat ini Indonesia telah mengekspornya ke beberapa negara seperti Amerika Latin, negara-negara kawasan Timur Tengah, dan Eropa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.