Sukses

15 Wisata Dieng Low Budget Terfavorit, Wajib Kamu Kunjungi

15 wisata dieng low budget yang bisa kamu kunjungi, mana favoritmu?

Liputan6.com, Jakarta Wisata Dieng telah menjadi primadona wisatawan bagi yang ingin merasakan sensasi berlibur dengan suasana pegunungan yang asri dan alami. Berada di kabupaten Wonosobo, Dieng Plateau atau dataran tinggi Dieng adalah salah satu situs bersejarah paling terkenal di Indonesia.

Dataran ini dikenal dengan pesona alamnya yang indah di Pulau Jawa yang dikelilingi oleh hijau pegunungan dan hamparan awan. Hal itu membuat wisata Dieng memiliki udara dingin yang segar.

Selain alamnya yang elok, Dieng juga menyimpan banyak objek wisata geologi dan sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa tempat wisata Dieng yaitu kawah, telaga, dan komplek kawasan Candi Hindu yang mampu menarik para wisatawan untuk berkunjung kembali.

Wisata Dieng populer dengan suguhan sunrise yang tak hanya dikenal oleh negeri sendiri, namun nama Dieng juga telah bergaung hingga ke mancanegera. Biaya liburan yang murah menjadi salah satu alasan utama mengapa wisata Dieng nampak selalu ramai dikunjungi.

Berikut Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, wisata Dieng populer yang wajib kamu kunjungi dengan panorama menakjubkan mata, Rabu (24/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Wisata Dieng Terfavorit

1. Candi Arjuna

Wisata Dieng juga memiliki banyak candi bersejarah yang bisa dikunjungi. Salah satu yang terpopuler adalah Candi Arjuna. Candi Arjuna memiliki luas mencapai 1 hektar. Candi ini masih aktif dijadikan tempat ibadah warga sekitar yang beragama Hindu, terlebih saat Hari Raya Galungan. 

2. Bukit Sikunir

Spot wisata yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Dieng adalah Bukit Sikunir. Memiliki ketinggian 2.300 meter di atas permukaan laut, Bukit Sikunir merupakan tempat yang memiliki pemandangan matahari terbit paling ciamik di Jawa Tengah.

Tak butuh waktu lama untuk bisa sampai ke puncak Bukit Sikunir. Biasanya, waktu tempuh para wisatawan hanya berkisar 30 hingga 60 menit saja. Jika cuaca sedang cerah dan berawan, Anda akan bisa merasakan sensasi melihat empat gunung paling terkenal di Jawa Tengah, Merbabu, Sindoro, Merapi, dan juga Sumbing.

3. Telaga Warna

Tak etis rasanya apabila berlibur ke wisata Dieng tanpa mampir ke Telaga Warna. Pasalnya, saat berkunjung di bulan Juli sampai Agustus, Anda akan berkesempatan melihat warna air di telaga ini menjadi merah, hijau, biru, hingga kuning.

Mitosnya, perubahan warna yang terjadi di Telaga Warna terjadi karena isi pusaka yang terjatuh milik Cupu Manik Astagina. Namun, jika dijelaskan secara ilmiah, penyebab warna air yang berubah disebabkan karena ekosistem yang ada di telaga tersebut.

3 dari 6 halaman

Wisata Dieng Terfavorit

4. Telaga Merdada

Meski tidak sepopuler Telaga Warna, Telaga Merdada memiliki daya tarik yang sayang untuk dilewatkan. Saat berlibur ke Wisata Dieng di musim hujan, Anda akan diperlihatkan dengan pemandangan telaga yang dipenuhi dengan air dan dirangkul oleh kebun milik warga. Imajinasi pedesaan masa kecil akan langsung terealisasikan saat berkunjung ke Telaga Merdada.

5. Telaga Menjer

Terbuat karena aktivitas vulkanik, Telaga Menjer dimanfaatkan sebagai PLTA. Namun, karena pemandangannya yang indah, tak sedikit wisatawan yang menjadikan kawasan ini sebagai tujuan wisata. Tak hanya itu, Anda juga dapat bersantai dan memancing di telaga ini sembari melepas penat setelah seharian berwisata.

6. Telaga Cebong

Telaga Cebong dulunya adalah sebuah kawah purba yang terisi oleh air. Banyak wisatawan yang memanfaatkan tempat wisata ini dengan aktivitas berperahu hingga berkemah. Peralatan kemah dapat dengan mudah disewa dari warga sekitar di sekitar area tersebut.

4 dari 6 halaman

Wisata Dieng Terfavorit

7. Gunung Prau

Buat kamu yang hobi hiking, tidak ada salahnya untuk coba menaklukkan Gunung Prau. Dengan ketinggian hampir 2.600 mdpl, Gunung Prau merupakan gunung dengan puncak paling tinggi di Dieng. Waktu untuk mendaki gunung ini termasuk ke dalam kategori yang cepat.

Mayoritas pendaki hanya membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 4 jam untuk sampai puncaknya. Dijamin ketika melihat sunrise di puncak Gunung Prau, semua beban pikiran akan hilang.

8. Kawah Sikidang

Masih berada di kawasan Gunung Prau, elok rasanya untuk melipir sebentar di kawah vulkanik yang masih aktif di sana. Sebenarnya, ada banyak kawah vulkanik yang ada di gunung tersebut. Namun, Kawah Sikidanglah yang paling banyak dikunjungi. Pastikan memakai masker karena aroma belerangnya cukup tajam dan dapat membahayakan kesehatan.

9. Kawah Sileri

Berlokasi di Desa Kepakisan, Anda dapat mampir melihat Kawah Sileri sembari berjalan menuju pemandian air hangat Bitingan untuk beristirahat. Meski terhitung lebih aktif dan sering meletus ketimbang Kawah Sikidang, destinasi wisata ini masih kondusif untuk dikunjungi. 

5 dari 6 halaman

Wisata Dieng Terfavorit

10. Kawah Candradimuka

Kawah Candradimuka adalah salah satu kawah Dieng yang terletak 7 km dari Dataran Tinggi Dieng. Kawah ini sebenarnya bukan kawah gunung berapi tetapi merupakan pemunculan solfatara dari rekahan tanah. Terdapat dua lubang rekahan yang masih aktif mengeluarkan solfatara, yang satu mengeluarkan secara terus menerus dan yang lainnya secara berselang.

Kawah Candradimuka masih belum banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara karena jaraknya yang jauh dari Dataran Tinggi Dieng, fasilitas wisata yang belum lengkap dan minimnya akses jalan.

11. Gardu Pandang Tieng

Bagi Anda yang segan untuk mendaki namun ingin menikmati pengalaman liburan di tempat tinggi, Gardu Pandang Tieng adalah tempat paling cocok untuk dipilih. Berada di ketinggian 1.789 mdpl, lokasi ini menawarkan pemandangan sunrise tanpa harus repot mendaki. Spot wisata ini juga memiliki area nongkrong yang bisa dimanfaatkan untuk berkumpul bersama orang terdekat. 

12. Goa Semar

Konon, Goa Semar merupakan tempat bertapa para raja zaman dahulu. Bahkan, berdasarkan petunjuk informasi yang ada, Presiden Soeharto pun pernah melakukan meditasi di gua ini. Jadi, jika menyukai suasana mistis, Goa Semar wajib masuk dalam list kunjungan di wisata Dieng.

6 dari 6 halaman

Wisata Dieng Terfavorit

13. Petak 9 Dieng

Tempat Wisata Dieng yang juga dikenal dengan nama Bukit Sidengkeng ini merupakan spot kunci jika Anda ingin melihat Telaga Warna dari kejauhan.

14. Lubang Sewu

Sama halnya dengan Telaga Warna, pada musim kemarau dan air menjadi kering, Anda dapat melihat suasana layaknya Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat. Namun, jika berkunjung saat musim hujan, Lubang Sewu akan dipenuhi air dan juga ikan yang berenang dan bersembunyi di celah lubang.

15. Kolam Air Panas D’qiano Water Park

D’qiano Water Park cocok dijadikan destinasi liburan terakhir yang menyenangkan di wisata Dieng. Di sini pengunjung bisa berenang di kolam air panas sepuasnya. Selain itu, D’qiano Water Park juga menawarkan fasilitas penginapan dengan kualitas mumpuni. Jadi, momen liburan bersama keluarga di wisata Dieng akan terasa lebih berkesan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.