Sukses

11 Cara Mengurangi Mata Minus Secara Alami dan Cepat, Lebih Praktis

Cara mengurangi mata minus bisa dilakukan dengan menerapkan berbagai langkah.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengurangi mata minus bisa dilakukan dengan menerapkan berbagai langkah. Mata minus atau miopia adalah kondisi saat mata tidak bisa melihat benda dari jarak jauh dengan jelas. Kondisi miopi terjadi ketika bayangan jatuh di depan retina.

Maka itu, orang dengan miopia memiliki penglihatan jarak jauh yang buruk. Objek yang jauh akan terlihat buram sebab fokus mata tidak jatuh tepat pada retina. Ini bedanya mata orang normal dan yang mengalami mata minus.

Cara mengurangi mata minus bisa dilakukan secara alami. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui penyebab mata minus, mulai dari keturunan, kebiasaan membaca, jarang beraktivitas di luar ruangan, dan masih banyak lagi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (24/3/2021) tentang cara mengurangi mata minus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Mengurangi Mata Minus

Fokuskan Penglihatan Menggunakan Telunjuk

Fokuskan penglihatan menggunakan telunjuk merupakan salah satu cara mengurangi mata minus secara alami. Kamu bisa melakukan latihan ini dalam posisi duduk yang nyaman, dan tempatkan telunjuk kamu 10 cm dari hidung. Fokuskan pandangan kamu ke arah telunjuk kemudian alihkan fokus kamu ke objek jauh yang berada di belakang telunjuk, kemudian kembalikan fokus kamu ke telunjuk. Lakukan ini dengan melirik namun tanpa menggeserkan kepala. Ulangi proses ini hingga 10 kali setiap hari.

Senam Mata

Cara mengurangi mata minus berikutnya adalah dengan senam mata. Senam mata bisa dilakukan dengan menggoyangkan bola mata dari kiri ke kanan, kemudian berputar dan berkedip sebanyak 100 kali setiap hari. Latihan ini juga berfungsi untuk membersihkan dan melumasi biji mata.

Pijat juga pelipis kanan dan kiri yang searah jarum jam. Lalu, pijit secara perlahan pada bagian bawah kepala. Lakukan cara mengurangi mata minus dan silinder ini minimal di pagi dan malam hari sebelum tidur.

Menjemur Mata di Pagi Hari

Menjemur mata pagi hari merupakan salah satu cara mengurangi mata minus secara alami. Caranya dengan menutup kedua mata dan arahkan pkamungan ke matahari sampai bola mata terasa hangat. Sebaiknya lakukan hal ini di pagi hari, supaya asupan vitamin D juga dapat tercukupi.

Lepas Kacamata Ketika Tidak Diperlukan

Saat menggunakan kacamata, mata akan terbiasa terfokus pada pusat lensa atau bagian tengah kacamata, dan hal ini bisa menyebabkan otot mata menjadi kaku karena bola mata jarang bergerak untuk memandang ke arah lainnya. Cara mengurangi mata minus secara alami lainnya adalah dengan melepas kacamata ketika tidak diperlukan. Selain itu, dengan melepas kacamata, juga akan mengurangi ketergantungan pada kacamata.

3 dari 5 halaman

Cara Mengurangi Mata Minus Lainnya

Menggunakan Lilin

Cara mengurangi mata minus secara alami dengan lilin ini merupakan salah satu solusi yang paling banyak dipakai oleh kebanyakan orang. Sebagian besar berpendapat ini merupakan cara yang ampuh untuk menyembuhkan mata minus dengan cepat.

Cara mengurangi mata minus secara alami dengan lilin harus dilakukan dengan tepat agar hasilnya maksimal. Berikut adalah langkah yang harus dilakukan untuk cara mengurangi mata minus secara alami dengan lilin.

Kompres Air Hangat

Mengompres mata dengan air hangat bisa membantu mengurangi silinder pada mata. Cara mengurangi mata minus dan silinder ini sebaiknya dilakukan ketika sedang bersantai. Sesekali coba lepas kacamata untuk mengurangi ketergantungan kacamata. Lalu, mulailah kompres dengan air hangat. Mengompres mata dengan air hangat akan membantu otot mata lebih lentur, rileks, dan tidak tegang.

Hindari Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk seperti membaca terlalu lama akan menambah silinder mata. Termasuk kebiasaan menonton televisi terlalu dekat dan berada di depan komputer dengan penerangan buruk. Menghindarinya akan membantu mengurangi silinder pada mata.

Selalu kondisikan mata senyaman mungkin agar tidak terlalu lelah dan tegang. Jaga juga kebersihan mata dengan merendam kapas pada air bersih. Seka mata dari sisi kiri ke sisi kanan untuk menghilangkan kotoran.

4 dari 5 halaman

Cara Mengurangi Mata Minus dengan Bahan Alami

Mengonsumsi Jus Lidah Buaya

Cara mengurangi mata minus dengan bahan alami yang pertama adalah menggunakan lidah buaya. Kamu bisa mengonsumsi jus lidah buaya selama 1 minggu penuh untuk mengurangi mata minus. Rutin mengonsumsi jus lidah buaya dipercaya dapat mengurangi minus, hal ini disebabkan karena kandungan gizi yang dimiliki oleh jus lidah buaya.

Lidah buaya mampu membantu menutrisi mata. Lidah buaya mampu mencegah berbagai jenis penyakit mata dan meredakan penyakit mata seperti minus/silinder. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan bahan-bahan herbal lainnya seperti kenari, lemon dan madu.

Mengonsumsi Jus Buah Bit

Buah bit juga dapat digunakan sebagai cara mengurangi mata minus secara alami. Cara mengurangi mata minus secara alami dengan buah bit adalah minumlah secara rutin selama satu minggu. Jika perlu, campurkan dengan jus belimbing atau wortel untuk khasiat yang lebih manjur.

Rutin Mengonsumsi Wortel

Cara mengurangi mata minus selanjutnya adalah dengan wortel. Sebagaimana diketahui wortel mengandung beta-karoten yang diperlukan oleh tubuh dalam memproduksi vitamin A. Vitamin A sendiri sangat baik untuk kesehatan mata.

Dengan mengonsumsi wortel kamu akan dapat menjaga dan memelihara mata. Jika dikonsumsi secara rutin akan mengurangi minus pada mata. Fakta medis mengatakan bahwa minum dua gelas jus wortel dalam satu hari selama satu bulan dapat meningkatkan penglihatan penderita mata minus secara signifikan.

Daun Sirih

Cara mengurangi mata minus dengan daun sirih ternyata juga dianggap sebagai solusi yang ampuh. Hal ini didukung oleh kandungan minyak esensial, yaitu sineol, karvakol, eugenol, kavikol, dan kadinen. Minyak atsiri dalam daun sirih mengandung pati, gula, zat samak, seskuiterpen, diatase, dan kavikol. kavikol berguna untuk membunuh bakteri, jamur, dan sebagai antioksidan.

Berikut langkah cara menyembuhkan mata minus dengan daun sirih, pertama-tama siapkan 2 lembar daun sirih segar, cuci daun sirih di bawah air yang mengalir, tempelkan daun sirih yang telah dicuci di mata saat sebelum tidur, lalu lepaskan daun sirih saat pagi.

5 dari 5 halaman

Cara Mencegah Mata Minus

- Memeriksakan mata secara teratur serta kondisi kronis yang berhubungan dengan penglihatan, seperti diabetes dan hipertensi.

- Istirahatkan mata secara teratur di sela pekerjaan kamu, terutama jika kamu berada di depan komputer sepanjang hari.

- Pakai kacamata antisinar UV matahari untuk melindungi mata saat beraktivitas lama di luar ruangan.

- Konsumsi makanan sehat dan segar, serta kaya buah dan sayuran untuk menjaga kesehatan mata, terutama sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam ataupun buah-buahan berwarna cerah.

- Gunakan pencahayaan yang baik untuk beraktivitas seperti membaca.

- Hindari merokok.

- Gunakan kacamata yang tepat untuk membantu penglihatan bila kamu sudah memerlukannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini