Sukses

6 Fakta Unik di Balik Kebiasaan Orang Jepang Duduk di Lantai saat Makan

Liputan6.com, Jakarta Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki kebudayaaan dan kebiasaan yang unik. Tak sedikit masyarakat yang berasal dari negara lain merasa kagum dengan kebiasaan-kebiasaan orang Jepang. Tak hanya masyarakatnya, keindahan alamnya selalu berhasil membuat seseorang ingin berkunjung ke Negari Sakura ini.

Ada ragam kebiasaan orang Jepang yang mungkin tidak ditemukan di negara lain. Orang Jepang selalu bisa mencetuskan ide-ide unik yang tak pernah terpikirkan sebelumnya. Tak heran jika kebiasaan-kebiasaan orang Jepang menjadi kiblat masyarakat dari negara lain. 

Salah satu kebiasaan orang Jepang yang di negara lain mungkin dipandang sebelah mata yakni adalah kebiasaan duduk di lantai saat makan. Saat makan, orang-orang biasanya akan memilih menikmati hidangan di meja makan. Namun berbeda dengan orang Jepang.

Duduk di lantai saat makan ternyata menyimpan manfaat untuk kesehatan. Melansir dari Brightside, sebagian besar keluarga di Jepang memilih untuk duduk di lantai saat makan dan kecil kemungkinan untuk menemukan kursi di rumah-rumah orang Jepang.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang fakta unik di balik kebiasaan orang Jepang duduk di lantai saat makan, Kamis (25/3/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Fakta unik yang pertama di balik kebiasaan orang Jepang duduk di lantai saat makan yakni adalah dapat membantu melancarkan pencernaan. Duduk di lantai sambil makan membantu saraf vagus berfungsi lebih baik. Saat sistem pencernaan melepaskan hormon yang disebut leptin, sistem ini mengirimkan sinyal ke saraf vagus bahwa seseorang merasa kenyang, dan fungsi yang tepat dari saraf ini dapat mencegah seseorang makan berlebihan.

Kebiasaan sederhana yang dilakukan orang Jepang ini rupanya bisa bermanfaat untuk membantu seseorang yang ingin menurukan berat badan. Selain makanan sehat, kebiasaan sehat saat makan juga dapat membuat hasil diet menjadi lebih maksimal bukan?

3 dari 7 halaman

2. Lebih Nyaman dan Fleksibel

Saat dihadapkan pada dua pilihan untuk makan di meja makan atau duduk di lantai, sepertinya akan banyak orang yang memilih untuk makan di meja makan. Dalam bayangan, makan di meja makan tentunya memudahkan seseorang untuk bangun dari duduk. Namun menurut orang Jepang, duduk di lantai saat makan lebih nyaman dan fleksibel.

Saat duduk di kursi terlalu lama dapat menyebabkan punggung menjadi sakit dan akhirnya membebani cakram di tulang belakang, namun duduk di lantai dapat meregangkan lutut dan pinggul seseorang. Pasalnya, posisi ini membantu seseorang untuk duduk lebih tinggi di setiap gigitan, ini mencegah seseorang membungkuk dan membuat punggung dan bahu menjadi lebih kuat.

4 dari 7 halaman

3. Membantu Pencernaan

Fakta unik di balik kebiasaan orang Jepang duduk di lantai saat makan yang dilihat dari sisi kesehatan selanjutnya yakni dapat membantu melancarkan pencernaan. Saat seseorang duduk di lantai dengan menyilangkan kaki dan makan, seseorang dengan mudah melakukan yoga pada saat yang bersamaan. Posisi bersila ini disebut pose "santai", atau sukhasana, dan diyakini dapat meningkatkan aliran darah ke perut, membantu mencerna makanan dengan mudah dan mendapatkan vitamin dan nutrisi terbanyak.

Tak hanya gerakan menyilangkan kaki, gerakan membungkuk saat mengambil makanan dari piring dan kemudian kembali ke posisi awal untuk menelannya, seseorang memperkuat otot-otot di perut, yang dimana dapat mencegah kembung.

5 dari 7 halaman

4. Menjaga Kesehatan Sendi

Fakta unik selanjutnya yang membuat seseorang tak percaya yakni kebiasaan tersebut dapat menjaga kesehatan sendi seseorang. Saat seseorang duduk di kursi dalam waktu lama, itu membuat pinggul menjadi kaku. Namun, duduk di lantai memungkinkan seseorang dapat meregangkan pinggul dan pergelangan kaki, membuat persendian menjadi lebih fleksibel.

Beberapa postur duduk, seperti berlutut dan jongkok, membuat otot bekerja bahkan saat seseorang beristirahat. Namun saat seseorang memilih duduk di kursi saat makan, hal tersebut dapat membuat otot menjadi tidak aktif. 

6 dari 7 halaman

5. Menenangkan Pikiran

Fakta unik selanjutnya yang tak pernah terbayangkan sebelumnya yakni kebiasaan duduk di lantai saat makan dapat membantu menenangkan pikiran seseorang. Ada banyaknya gerakan saat makan membuat seseorang lebih aktif dan seperti berolahraga. Melansir dari Brightside melakukan yoga sambil makan juga menenangkan pikiran seseorang. Saat pikiran tenang dan damai, seseorang dapat lebih menikmati makanan sampai merasa kenyang.

Tak hanya itu, melansir dari Brightside, kebiasaan duduk di lantai saat makan adalah salah satu kebiasaan orang Jepang yang dapat membuat seseorang panjang umur. Jika seseorang dapat dengan mudah bangkit dari posisi bersila tanpa dukungan apa pun, kemungkinan besar seseorang bisa hidup lebih lama. Ternyata, duduk di lantai sambil makan dan bangun beberapa kali sehari adalah salah satu cara termudah untuk menambah tahun ekstra dalam hidup orang Jepang.

7 dari 7 halaman

6. Baik untuk Postur Tubuh

Orang Jepang selalu punya ide-ide dan kebiasaan unik yang tak pernah terpikirkan sebelumnya. Tak heran Jepang ataupun masyarakatnya menjadi kiblat masyarakat di negara lain. Jepang selalu saja membuat seseorang kagum dengan budaya, kebiasaan, ataupun hal-hal lain yang diciptakan oleh Jepang.

Fakta unik selanjutnya dari kebiasaan orang Jepang duduk di lantai saat makan yakni adalah dapat meningkatkan postur tubuh seseorang. Kursi yang tidak menopang punggung akan mendorong seseorang untuk melatih otot inti, yang pada akhirnya akan menguntungkan postur seseorang. Namun, hal yang harus dipastikan yakni adalah tidak membungkuk, karena hal itu dapat menyebabkan sakit punggung.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS