Sukses

Podcast adalah Siaran Audio Digital, Ketahui Cara Membuatnya

Podcast bahkan menjadi tren di seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta Podcast adalah siaran yang makin digandrungi beberapa tahun terkahir. Podcast bahkan menjadi tren di seluruh dunia. Podcast adalah siaran audio yang bisa dinikmati seluruh orang di dunia.

Salah satu hal menarik tentang podcast adalah ada banyak cara untuk mendeskripsikannya. Sebuah podcast biasanya membahas topik atau minat tertentu. Kini semua orang bisa membuat podcast sesuai topik yang diinginkan. Dalam dunia digital, podcast adalah bagian dari perkembangan broadcasting.

Kini podcast adalah media komunikasi dan informasi berbasis internet yang sangat populer. Banyak orang menyebut podcast adalah versi praktis dari radio. Podcast mencakup hampir semua topik, biasanya gratis dan sesuai permintaan. Podcast adalah media yang dapat dengan mudah diakses kapan pun dan dimana pun.

Berikut pengertian podcast yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (14/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Mengenal podcast

Podcast adalah portmanteau atau kombinasi kata dari "iPod" dan "broadcast". Terlepas dari etimologinya, konten dapat diakses menggunakan komputer apa pun atau perangkat serupa yang dapat memutar file media. Istilah ini pertama kali digunakan dalam komunitas audioblogging pada 2004 silam.

Dalam bahasa Indonesia, podcast disebut dengan siniar. KBBI mendefinisikan siniar sebagai siaran baik itu berupa berita, musik, dan sebagainya yang dibuat dalam format digital. Siaran ini bisa berupa audio atau video yang diunduh melalui internet. Secara lebih rinci, podcast adalah rangkaian kata yang diucapkan, episode audio, semuanya berfokus pada topik atau tema tertentu.

Podcast adalah file audio yang dapat diunduh dari Internet. Cara terbaik untuk mendeskripsikan podcast adalah dengan menganggapnya sebagai radio internet yang tersedia sesuai permintaan. Podcast adalah acara audio orisinal yang terdiri dari episode individu tentang berbagai topik. Jutaan orang di seluruh dunia dapat menikmatinya kapan saja dan di mana saja.

Per Juni 2019, diperkirakan ada lebih dari 750.000 podcast dan lebih dari 30 juta episode individu. 70% orang mendengarkan podcast di ponsel pintar sementara 30% lainnya mendengarkan melalui tablet dan komputer desktop.

3 dari 7 halaman

Cara kerja podcast

Podcasting menyediakan sarana untuk mempublikasikan program audio melalui Internet. Pengguna dapat mengunduh podcast secara otomatis (biasanya file mp3) ke komputer mereka dan mentransfer rekaman ini secara otomatis ke pemutar musik portabel seperti iPod Apple yang sangat populer. Pengguna kemudian dapat mendengarkan file kapan saja dan di mana saja yang mereka pilih.

Tidak seperti radio konvensional, podcast tidak diproduksi secara eksklusif oleh perusahaan media besar. Faktanya, banyak podcast paling populer dimulai oleh amatir yang antusias terkait suatu topik atau minat. Dengan podcast, banyak yang melarikan diri dari belenggu format radio tradisional untuk mengeksplorasi pendekatan orisinal yang brilian dan subjek yang benar-benar khusus.

4 dari 7 halaman

Manfaat podcasting

Informasi lebih personal

Dalam podcast, konten dikomunikasikan langsung kepada pendengar, baik secara lisan maupun melalui video. Itu cara yang jauh lebih intim untuk mendapatkan informasi daripada membacanya dari email atau dokumen.

Nyaman dan mudah diakses

Setelah berlangganan umpan podcast, podcast baru secara otomatis diunduh ke perangkatmu segera setelah tersedia. Kamu dapat mendengarkannya kapan saja.

Murah

Karena podcast dikirim secara digital, mereka menghilangkan banyak biaya yang terkait dengan bentuk komunikasi lain termasuk pencetakan, dan kertas. Mereka juga dapat mengurangi biaya rapat dan biaya penyimpanan email. Mereka mudah diarsipkan dan memperbaruinya dengan cepat dan mudah.

Hemat waktu

Kamu dapat mendengarkan podcast saat melakukan hal lain di kantor atau di rumah, atau selama perjalanan. Mendengarkan podcast bisa menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas.

5 dari 7 halaman

Manfaat podcasting

Portabel

Setelah podcast berada di komputer atau ponsel, kamu dapat membawa serta mendengarkan podcast kapan pun atau di mana pun kamu mau. Atau, kamu dapat mentransfer podcast ke pemutar media pribadi seperti iPod.

Podcasting adalah teknologi on-demand

Pendengar memutuskan apa yang ingin mereka dengar, dan kapan mereka ingin mendengarnya. Di satu sisi, ini berarti kamu bersaing untuk mendapatkan mata dan telinga mereka. Di sisi lain, ini berarti bahwa jika mereka berlangganan podcast, ada kemungkinan besar mereka benar-benar mendapatkan informasi yang kamu berikan kepada mereka.

Tingkatkan jejaring

Pelanggan podcast adalah inti dari komunitas dan seiring waktu, mereka akan menjadi prospek terbaikmu untuk memperdalam hubungan melalui penjualan silang dan taktik loyalitas.

6 dari 7 halaman

Cara membuat podcast di Anchor

1. Download dan install aplikasi Anchor dari Google Play Store atau Apple App Store.

2. Jalankan dan mulai mendaftar akun baru. Bisa langsung pakai akun Google dengan tap 'Continue with Google'.

3. Untuk langsung membuat podcast, tap 'I want to make new podcast'. Jika ingin meng-upload audio podcast yang sudah direkam, tap 'I have podcast I want to import'.

4. Lanjutkan tap 'Record' untuk merekam podcast baru.

5. Mulailah berbicara tentang topik podcast yang sudah disiapkan.

6. Beri tanda 'Flag' dengan tap pada Add Flag. Kesalahan pengucapan atau kesalahan lain akan memunculkan tanda dengan fitur ini.

7. Jika rekaman selesai, tap 'Stop'. Tampilkan preview untuk mendengarkan hasil rekaman. Agar lebih menarik, tap 'Add background music' untuk menambahkan musik tambahan.

8. Selanjutnya akan muncul koleksi musik Anchor yang bisa dipilih. Tap tombol 'Play' untuk mendengarkan preview musiknya, lalu tap ikon plus untuk menambahkan musik ke dalam podcast.

9. Langsung tap 'Save' untuk menyimpan ke akun.

10. Beri judul podcast yang akan disimpan. Silakan beri judul episode, lalu tap 'Add recording to episode'.

11. Tap 'Publish' yang letaknya di kanan atas untuk mulai meng-upload podcast yang sudah dibuat.

12. Isi keterangan untuk judul episode podcast dan deskripsi singkatnya.

13. Jika sudah terisi semua, tap 'Publish Now' atau 'Change publish date' jika podcast ingin disiarkan pada hari dan jam tertentu.

14. Selesai.

7 dari 7 halaman

Cara membuat Podcast di Spotify

1. Siapkan narasi atau topik yang akan dibuat podcast.

2. Lakukan perekaman suara sesuai urutan narasi yang sudah dibuat.

3. Edit rekaman suara yang sudah dibuat dan akan di-upload ke Spotify.

4. Buat RSS Feed untuk tempat berkas MP3 setiap episode.

5. Pergi ke halaman situs web Spotify for Podcaster.

6. Login menggunakan akun spotify.

7. Klik tombol Get Started, lalu Submit your podcast.

8. Isikan nama pada kolom Your legal name.

9. Centang di kotak Terms and Conditions, lalu klik Continue.

10. Masukkan link RSS feed di kolom yang disediakan.

11. Kirimkan kode konfirmasi ke email, lalu masukkan kode tersebut.

12. Di menu Add podcast info, masukkan informasi negara, bahasa, kategori dan penyedia layanan, kemudian klik Next.

13. Terakhir di halaman Review, pastikan tidak ada kesalahan dalam memasukkan informasi, klik Submit.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini