Sukses

Viral Kisah Haru Pedagang Es Kelapa Muda, Laku 50 Bungkus Ternyata Kena Tipu

Penipu membawa kabur motor milik pedangang es kelapa muda tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Di tengah bulan Ramadan ini, meskipun tengah beribadah, masyarakat diimbau untuk tetap waspada. Hal ini lantaran tingkat kriminalitas bisa saja meningkat menjelang lebaran tahun 2021 nanti.

Kini modus pencurian kendaraan bermotor pun makin bervariasi. Baru-baru ini, seorang pedangang es kelapa muda baru saja kehilangan motornya setelah terkena tipu dari seorang calon pembeli.

Baru tersadar setelah motornya di bawa lari, kini pedagang kaki lima tersebut pun hanya bisa pasrah dan menyerahkan kasusnya kepada pihak kepolisian. 

Seperti apakah kisahnya? Berikut ulasan selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Jumat (16/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Motor di bawa kabur

Dilansir dari akun Twitter @gothed yang membagikan kisah tentang seorang pedagang es kelapa muda bernama Kang Oteng, diceritakan bahwa pedagang malang tersebut baru saja kehilangan satu unit motor Honda Beat Tahun 2019 dengan plat Z 2669 IR.

Awal buan puasa, jualan mulai jam 2 sore, alhamdulilah hati rasa senang ada yang borong 50 bungkus es kelapa muda buat acara buka bersama di masjid.” tulis Kang Oteng di Facebook yang kemudian dibagikan ulang oleh akun Twitter @gothed pada Rabu (14/4/2021).

Meski belum dibayar lunas, namun pria asal Tasikmalaya ini tak menaruh rasa curiga sama sekali dan meladeni pembeli tersebut dengan suasana hati senang. Pelaku kemudian meminta agar 50 bungkus es kelapa muda tersebut di antarkan ke sebuah alamat masjid. 

Menggunakan motor satu-satunya yang ia miliki, Kang Oteng mengantarkan pesanan tersebut dan bergantian dengan istri untuk menunggu lapak jualan. Kemudian setelah sampai di masjid, sang pelaku pun minta agar dipinjami motor untuk mengambil uang agar bisa membayar pesanan es kelapa muda tersebut. Tak disangka-sangka, ternyata pelaku kabur membawa motor milik Kang Oteng.

"Lama-lama punya tunggu dia gak dateng-dateng, akhirnya beranikan diri tanya ke org di sekitar mesjid situ, dan mereka pada gak tau, katanya gak ada acara bukber. Setelah hampir magrib saya tunggu beharap dia balik lagi, ternyata sampe sekarang dia hilang bawa motor saya." pungkas Kang Oteng.

3 dari 3 halaman

Respon warganet

Kisah yang dibagikan oleh Kang Oteng ini pun viral di media sosial Facebook dan Twitter. Banyak orang yang merasa simpati kepada pedagang es kelapa muda ini dan mendoakan agar rejekinya semakin lancar.

"Ya Allah.....yang sabar ya bang ....mudah" an motor yang di pinjem orang bermanfaat untuk di akhirat nanti mas .....dan mudah" an allah segera mengganti dengan yang lebih , Aamiin aamiin yra," tulis akun @Dewanda Arianti.

"Yaalloh mudah mudahan cepet ke ganti motor ny dan yng ngambil semoga cepat d sadarkn dan d beri hidayah mungkin bukan rezekiny bapa lain kli berhati hati dlm berjualan," tulis akun @Siti Hajar.

"Intinya jngan mudah melepas spda motor atau benda berharga anda pada orang yg udah dikenal apalagi tidak kenal sama sekali." tulis akun @Yusuf Effendy

"Astaghfirullah aladzim,,kenapa ada yg tega mendzolimi pedagang kecil,,duh gustiiiiii. Semoga dibulan yg penuh berkah ini Alloh ganti dgn yg lebih bnyk," tulis akun @Nurfitriani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.