Sukses

7 Potret Prosesi Pemakaman Pangeran Philip, Dihadiri 30 Orang

Liputan6.com, Jakarta Kepergian Pangeran Philip pada 9 April 2021 lalu tentu saja menjadi duka yang begitu mendalam bagi keluarga kerajaan Inggris serta masyarakat. Pangeran Philip sendiri diketahui meninggal dunia pada usia 99 tahun.

Dilansir Liputan6.com dari CNN, prosesi pemakaman Pangeran Philip sendiri dilakukan pada Sabtu (17/4/2021) pukul 3 sore waktu setempat. Prosesi pemakaman pun dilakukan di Kapel St. George yang berada di dalam lahan Kastil Windsor.

Peti mati Pangeran Philip sendiri ditutupi dengan bendera pribadinya serta pedang, topi angkatan laut dan karangan bunga jelang prosesi upacara pemakaman. Tak hanya itu saja, atribut milik Duke sendiri telah diletakkan di altar Kapel St. George sebagai bentuk penghormatan.

Tak hanya meletakkan atribut milik Pangeran Philip saja, namun Inggris juga melaksanakan mengheningkan cipta selama satu menit untuk menghormati pemakaman suami dari Ratu Elizabeth II. Asosiasi polisi Police Federation ikut melakukan mengheningkan cipta. Tim olahraga seperti Surrey Cricket dan staf tranportasi umum Edinburgh Trams di Skotlandia juga turut melaksanakan hening cipta selama satu menit.

Sebelum prosesi pemakaman berlangsung, suara tembakan senjata serta lonceng menara pun terdengar. Hal ini dilakukan sebagai penanda jika upacara pemakaman akan dimulai. Duke telah mempersiapkan acara pemakamannya sendiri, ia telah memilih musik dan memastikan upacara tersebut mencerminkan afiliasi militer dan kepentingan pribadinya.

Prosesi pemakaman Pangeran Philip sendiri berlangsung dengan khidmat dan hanya dihadiri oleh 30 orang pelayat yang terdiri dari keluarga kerajaan saja.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa potret prosesi pemakaman Pangeran Philip yang dilakukan di Kapel St. George, Minggu (18/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Prosesi pemakaman Pangeran Philip sendiri disiarkan secara langsung melalui channel YouTube keluarga Kerajaan Inggris.

3 dari 8 halaman

2. Jenazah Pangeran Philip diketahui dipindahkan ke Kapel St. George menggunakan Land Rover berwarna hijau yang pernah didesain oleh Pangeran Philip.

4 dari 8 halaman

3. Saat prosesi pemindahan peti mati Pangeran Philip juga terlihat iring-iringan keluarga kerajaan yang berjalan di belakang mobil jenazah.

5 dari 8 halaman

4. Ratu Elizabeth II turut serta mengikuti iring-iringan peti mati Pangeran Philip dari Windsor Castle menuju Kapel St.Goerge menggunakan mobil kerajaan.

6 dari 8 halaman

5. Prosesi pemakaman Pangeran Philip diketahui melibatkan kurang lebih 700 anggota militer sebagai penghormatan dari Royal Navy, Royal Marines, British Army dan Royal Air Force semasa hidupnya.

7 dari 8 halaman

6. Namun, prosesi pemakaman tersebut hanya dihadiri oleh 30 orang anggota keluarga kerajaan saja serta mengikuti protokol kesehatan.

8 dari 8 halaman

7. Ratu Elizabeth II pun terlihat duduk menyendiri serta selalu menundukkan kepala selama proses upacara pemakaman berlangsung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini