Sukses

25 Wisata Puncak Bogor Populer, Segar Khas Pegunungan

Wisata Puncak selalu jadi andalan liburan.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Puncak selalu jadi andalan destinasi warga Jakarta dan Jawa Barat. Wisata Puncak merupakan kawasan wisata pegunungang yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Di masa-masa liburan, wisata Puncak selalu jadi tujuan utama untuk berlibur.

Wisata Puncak berada di kaki dan lereng pegunungan Gede-Pangrango. Ini membuat kawasan ini terasa sejuk dan asri. Wisata Puncak didominasi oleh wisata alam pegunungan. Suhu di Puncak bisa mencapai 14-18 derajat Celcius.

Ada banyak pilihan wisata Puncak yang bisa dikunjungi. Masing-masing tempat ini punya keunggulan dan keunikan masing-masing. Berikut wisata Puncak yang populer, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(19/04/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Wisata Puncak taman wisata

Taman Safari Indonesia

Taman Safari merupakan wisata Puncak yang sangat populer dan menjadi kebanggaan Indonesia. Di sini pengunjung bisa berkeliling menggunakan mobil pribadi atau bus yang sudah disediakan pengelola Taman Safari. Pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan semua jenis binatang dengan memberi makan hewan-hewan tersebut. Taman Safari berada di di Jl. Raya Puncak No. 601, Cibeureum, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara masuk dalam wilayah adminstratif kabupaten Cianjur. Di sini Anda bisa melihat keindahan beragam jenis bunga yang terdapat pada taman seluas 35 hektare ini. Sejumlah taman dari berbagai daerah di Tanah Air dapat Anda kunjungi di sini. Selain itu Taman Bunga Nusantara memiliki labirin yang akan membuat Anda bingung untuk mencari jalan keluarnya. Beberapa taman juga sangat tematik dengan beberapa patung-patung yang terbentuk dari beberapa tanaman yang terus menerus tumbuh.

Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari mengusung konsep rekreasi dan edukasi pada tiap wahananya. Taman ini menyediakan wahana permaianan seru dengan fasilitas yang sangat memadai. Mulai dari wahana permaianan air seperti waterpark, arung jeram, paddle boat, sepeda air, perahu naga, dan permainan seru lainnya. Taman Wisata Matahari terletak di Jalan Puncak Km 77, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Taman Wisata Matahari ini cocok bagi Anda yang ingi berlibur bersama keluarga.

3 dari 8 halaman

Wisata Puncak kebun wisata dan istana presiden

Kebun Wisata Inkarla Cipanas

Kebun Wisata Inkarla Cipanas berada di Jalan Singabarong, Cimacan, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Wisata puncak satu ini menawarkan pemandangan pegunungan serta kenyamanan pondok penginapan disertai dengan berbagai jenis tanaman hias dan bunga potong. Di sini terdapat berbagai jenis tanaman dengan bunga-bunga yang bermekaran indah.

Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas berada di Sindanglaya, Cipanas, Cianjur. Kebun Raya ini terkenal dengan pohon sakuranya yang jadi daya tarik tersendiri. Bunga yang identik dengan warna pink ini sudah ditanam sejak 1971 guna memperkaya taman tematik yang ada di Kebun Raya Cibodas. Kurang lebih ada 435 pohon bunga Sakura yang dapat Anda temukan di taman yang dikelilingi oleh panorama Gunung Gede-Pangrango. Bunga sakura bisa dinikmati pada sekitar Januari-Februari dan Juli-Agustus.

Istana Presiden Cipanas

Istana Kepresidenan Cipanas. Terletak sekitar 20 kilometer dari Kota Cianjur atau 103 kilometer dari Ibukota Jakarta. Istana ini berada di kaki Gunung Gede yang membuatnya memiliki udara segar khas pegunungan.

Agrowisata Gunung Mas

Destinasi wisata Puncak Bogor dengan pemandangan yang indah datang dari hamparan perkebunan teh. Selain kebun teh, ada juga penginapan di dalamnya. Anda juga bisa menemukan area perkemahan, gantole, dan berkuda di dalam kawasan agrowisata ini. Agrowisata Gunung Mas ini berada di antara Masjid At-Ta’awun dan Taman Safari Indonesia. Di sini Anda akan diajak berkeliling kebun teh dan melihat proses pemetika daun teh.

4 dari 8 halaman

Wisata Puncak telaga dan bukit

Telaga Warna

Telaga warna merupakan wisata Puncak Bogor yang sayang jika dilewatkan jika berada di Puncak. Telaga Warna menawarkan keindahan telaga yang sejuk dan asri. Telaga ini dapat berubah warna dengan sendirinya setiap saat. Terkadang hijau menyatu dengan warna pepohonan yang mengelilinginya, bahkan menjadi cokelat, kuning gelap hingga kuning terang.

Keistimewaan lainnya, di tempat ini terdapat berbagai jenis flora asli hutan tropika pegunungan, seperti paku tiang, rame, dan rotan. Wisatawan juga bisa menemui beraneka jenis satwa yang hidup di dalam kawasan cagar alam seluas 268,25 hektare.

Telaga Biru Cipanas

Telaga Biru Cipanas berlokasi di Sindangjaya, Cipanas, Cianjur. Wisata Puncak satu ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Warna air di telaga ini bisa berubah dari biru, hijau bahkan terkadang coklat kemerahan.

Tirta Sanita Ciseeng

Tirta Sanita Ciseeng merupakan area rekreasi di puncak bukit dengan kolam belerang untuk terapi rendam dalam suasana alami. Di sini Anda bisa merasakan berendam dengan air panas dengan suasana pegunungan yang segar. Sumber air panas di kolam ini berasal dari gunung kapur yang banyak mengandung belerang.

Bukit Gantole Puncak

Bukit Gantole Puncak dikenal sebagai wisata Puncak Bogor dengan aktivitas olahraga ekstrem seperti paralayangnya. Paralayang bukit Gantole terletak di Jalan Raya Puncak Km 87, Bukit Paralayang, Puncak. Tak hanya paralayang, di sini Anda bisa bersantai menikmati udara puncak bebas polusi sekaligus menikmati pemandangan kota Bogor dari ketinggian.

5 dari 8 halaman

Wisata Puncak curug

Curug Kembar

Curug Kembar merupakan kawasan Perhutani yang banyak ditanami tumbuhan kopi. Curug ini dinamakan Curug Kembar karena memiliki dua aliran yang berbeda dan jatuh di kolam yang sama. Kolam Curug Kembar tidak terlalu dalam, hanya sekitar 30 hingga 50 sentimeter saja. Kolam ini sangat cocok untuk bermain bagi anak-anak atau wistawan yang kurang mahir berenang.

Curug Cibeureum

Curug Cibeureum jika diartikan memiliki makna air terjun sungai merah. Warna merah ini disebabkan oleh lumut merah yang tumbuh di tebing. Di sini Anda bisa menikmati kesejukan air terjun dengan pemandangan alam yang sejuk dan memesona. Curug Cibeureum terletak di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter.

Curug Panjang

Curug Panjang terletak di Desa Citamiang, Kecamatan Megamendung, Bogor. Curug Panjang cukup unik karena memiliki bentuk air terjun yang memanjang seperti seluncuran. Suasana di curug ini sangat sejuk dan asri karena berada di lereng Gunung Paseban.

Curug Hordeng

Curug ini dinamai Curug Hordeng karena aliran air terjunnya mengalir bak sebuah tirai yang menjuntai. Dalam bahasa Sunda berarti tirai penutup jendela. Keistimewaannya, terdapat kolam yang dapat digunakan untuk berenang di bawahnya. Kolamnya pun lebih luas dengan kedalaman antara 2 hingga 2.5 meter.

6 dari 8 halaman

Wisata Puncak curug leuwi

Curug Leuwi Lieuk

Curug Leuwi Lieuk berada di Cibadak, Sukamakmur, Bogor. Curug ini sangat indah dengan air terjun di tepi sungai bertabur batu besar. Curug Leuwi Lieuk bisa dicapai melalui jalan setapak yang berbatu di lokasi alami yang subur.

Curug Leuwi Hejo

Leuwi Hejo merupakan tempat wisata di Bogor yang memiliki suasana alam yang masih asri. Disini Anda dapat menyaksikan aliran sungai dengan airnya yang jernih dan segar. Tak lupa, curug yang indah mengalir deras melalui aliran sungai tersebut. Meski harus melewati jalan yang cukup terjal untuk sampai pada kawasan ini, seluruh perjuangan Anda akan terbayar tuntas ketika mendapati keindahan alam yang begitu memesona.

7 dari 8 halaman

Wisata Puncak pegunungan

Gunung Pancar

Wisata Puncak Gunung Pancar merupakan bumi perkemahan di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Selain untuk berkemah, pemandangannya yang cantik juga sering diburu untuk selfie kekinian atau foto pre-wedding.

Gunung Batu Jonggol

Gunung Batu merupakan sebuah gunung yang terdapat di Desa Sukaharja, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. Gunung ini termasuk gunung kecil yang jadi spot favorit untuk mendaki. Gunung Batu memiliki puncak yang memberikan pemandangan alam yang indah.

Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol

Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol merupakan tempat pengenalan tentang kekayaan alam dari hutan hujan tropis di Indonesia. Lokasinya berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Disini terdapat beragam jenis tumbuhan bangu, tumbuhan obat, tanaman hias dan berbagai macam satwa endemik jawa seperti elang jawa (Spizateus bartelsi) dan owa jawa (Hylobates moloch) yang kini semakin langka.

Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu

Penangkaran Rusa Cariu Bogor bisa jadi tujuan menarik di wisata Puncak. Di sini pengunjung tidak hanya bisa melihat puluhan rusa tetapi juga bisa berinteraksi langsung. Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu​ adalah taman penangkaran hewan rusa yang dikelola oleh Perhutani.

8 dari 8 halaman

Wisata Puncak rekreasi keluarga

Wisata Citamiang Cisarua

Wisata Citamiang Cisarua merupakan lokasi perkemahan di Puncak Bogor. Kawasan wisata ini tidak asing lagi bagi para wisatawan dan sudah terkenal dengan keindahan alamnya dan suasana yang sejuk. Di sini Anda akan disuguhkan pemandangan hutan pinus dan perkebunan teh yang hijau dengan lebih dekat.

Taman Riung Gunung

Taman Riung Gunung berada dikawasan Puncak Bogor. Di sini terdapat perkebunan teh yang begitu memanjakan mata. Nama riung dalam bahasa Sunda adalah berkeliling dan berkumpul. Riung Gunung bisa diartikan berbarti gunung – gunung yang berkumpul atau saling berhadapan.

Warso Farm Puncak Bogor

Warso Farm Puncak Bogor merupakan wisata Puncak berupa kawasan pertanian lokal dengan tur edukasi. Kawasan ini dikenal dengan perkebunan durian dan buah naganya. Warso Farm Puncak Bogor bahkan menawarkan wisata petik durian sendiri.

Little Venice Kota Bunga

Tak perlu jauh-jauh ke Italia untuk merasakan suasana Venice, Di Puncak Bogor Anda sudah dapat merasakannya. Wisata Pucak Bogor ini memang dibuat menyerupai Kota Venesia mini. Little Venice memiliki bangunan-bangunan khas Eropa lengkap dengan aliran sungai, jembatan, dan gondola ala Venice, Italia. Little Vennice berlokasi di Batulawang, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini