Sukses

Peta Wisata Bali dan Destinasi Populer, Ketahui Rutenya

Di Bali, ada banyak macam destinasi wisata.

Liputan6.com, Jakarta Peta wisata Bali penting diketahui siapa saja yang akan merencanakan perjalanan ke Pulau Dewata. Bali merupakan destinasi yang sudah tak diragukan lagi keindahannya. Baik wisatawan dalam maupun luar negeri, menjadikan Bali sebagai tujuan berlibur.

Di Bali, ada banyak macam destinasi wisata. Maka dari itu, peta wisata Bali bisa sangat membantu menentukan destinasi mana yang akan dituju. Peta wisata Bali menunjukkan tempat-tempat mana saja yang punya potensi wisata.

Di peta wisata Bali ini kamu bisa memilih destinasi wisata sesuai rute terdekat dan searah. Peta wisata Bali juga menunjukkan destinasi favorit dan populer yang ada di pulau ini. Peta wisata Bali ini pastinya bisa menemani perjalananmu selama di Bali.

Berikut destinasi di peta wisata Bali, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(30/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Peta wisata Bali barat

Bali bagian barat sangat dekat dengan pelabuhan Gilimanuk yang menghubungkan antara pulau Jawa dan pulau Bali. Ada sejumlah destinasi wisata di peta wisata Bali bagian barat. Berikut destinasi yang ada di Bali Barat:

Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat terletak di bagian barat dari pulau Bali yang terdiri dari berbagai habitat hutan dan sabana. Taman Nasional Bali Barat merupakan tempat terakhir untuk menemukan satu-satunya endemik Bali yang hampir punah, Jalak Bali di habitat aslinya.

Pulau Menjangan

Pulau Menjangan merupakan pulau di Selat Bali yang menjadi bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Pulau ini menjadi kawasan perlindungan rusa atau menjangan. Pulau ini juga terkenal akan keindahan bawah lautnya.

Bunut Bolong, Pekutatan

Bunut Bolong merupakan sebuah tempat wisata berupa pohon tua dengan lubang besar di tengahnya. Konon, pasangan suami istri dilarang melewati jalan di bawah pohon karena dipercaya bisa membawa keburukan untuk rumah tangganya.

Pantai Yeh Leh

Berbeda dengan pantai kebanyakan yang bertaburkan pasir, Pantai Yeh Leh memiliki banyak batuan tersebar di area pantainya. Saat air sedang surut, batuan yang tersebar di sepanjang pantai ini memberi pesona tersendiri.

3 dari 6 halaman

Peta wisata Bali Denpasar

Denpasar merupakan pusat dari pulau Bali. Ibu kota Provinsi Bali ini merupakan kota terbesar di Kepulauan Nusa Tenggara dan kota terbesar kedua di wilayah Indonesia Timur setelah Makassar. Di Denpasar ada banyak destinasi yang bisa disambangi. Destinasi ini meliputi:

Pura Agung Jagatnatha

Pura Agung Jagatnatha merupakan pura terbesar yang ada di Denpasar. Pura ini dibangun menghadap ke barat ke arah Gunung Agung yang dianggap istana para dewa. Pura Agung Jagatnatha berada di sebelah museum Bali, tepat di sebelah timur Lapangan Puputan.

Lapangan Puputan

Lapangan ini menjadi salah satu tempat rekreasi yang tak pernah sepi pengunjung. Di sini terdapat fasilitas rekreasi lengkap seperti taman, bangku untuk bersantai, hingga atraksi pertunjukan. .

Bajra Sandhi Renon

Monumen Bajra Sandhi merupakan monumen perjuangan rakyat Bali. Tujuan pembangunan monumen ini adalah untuk mengabadikan jiwa dan semangat perjuangan rakyat Bali, sekaligus menggali, memelihara, mengembangkan serta melestarikan budaya Bali ke generasi mendatang. Monumen ini terkenal dengan gaya arsitekturnya yang unik dan etnik.

Museum Bali

Museum Bali menjadi museum penyimpanan peninggalan masa lampau manusia dan etnografi. Eksterior dinding, halaman, dan gerbang dirancang dengan gaya khas puri atau kerajaan di Denpasar. Di dalamnya terdapat koleksi peralatan, perlengkapan hidup, kesenian, keagamaan, bahasa tulisan, dan budaya Bali lainnya. Museum Bali terletak di lokasi strategis di pusat kota Denpasar bersebelahan dengan Pura Jagatnatha.

4 dari 6 halaman

Peta wisata Bali Selatan

Peta wisata Bali Selatan terkenal dengan jajaran pantainya indah dan tak pernah sepi. Selain pantai, ada satu destinasi yang menjadi landmark Pulau Bali, yaitu Garuda Wisnu Kencana. Berikut destinasi yang ada di Bali Selatan:

Pantai Tanjung Benoa

Pantai Tanjung Benoa merupakan destinasi populer di Bali Selatan. Selain keindahan pantainya, Tanjung Benoa juga memiliki beragam wahana air seperti banana boat, scuba diving, parasailing, rolling donut, seawalker, flying fish, snorkeling, dan lain sebagainya.

Pantai Pandawa

Selain Tanjung Benoa, kamu juga bisa mengunjungi pantai Pandawa yang tak kalah menawan. Pantai Pandawa berada di Kuta selatan, Kabupaten Badung, Bali. Di sekitar pantai ini terdapat dua tebing yang sangat besar yang pada salah satu sisinya dipahat lima patung Pandawa dan Kunti.

Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana atau GWK merupakan sebuah landmark kebanggaan Bali. Di sini terdapat patung berukuran raksasa Dewa Wisnu yang sedang menunggangi tunggangannya Garuda. GWK menjadi ikon wisata di Bali yang tak boleh dilewatkan, khusunya di Bali Selatan.

Pura Uluwatu

Pura Uluwatu berlokasi di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Badung. Pura ini terletak di atas anjungan batu karang yang terjal dan tinggi serta menjorok ke laut. Di depan pura terdapat hutan kecil yang disebut alas kekeran, berfungsi sebagai penyangga kesucian pura. Pura Uluwatu juga menjadi terkenal karena tepat di bawahnya adalah pantai Pecatu yang terkenal sebagai pantai untuk berselancar.

Jimbaran

Jimbaran merupakan kawasan wisata dengan pesona pantainya yang indah. Desa adat Jimbaran pada mulanya merupakan kampung nelayan serta petani. Di kawasan Jimbaran, kamu bisa menemukan aneka kuliner seafood, khususnya ikan bakar Jimbaran.

5 dari 6 halaman

Peta wisata Bali Utara

Peta wisata Bali Utara memiliki destinasi yang cukup beragam mulai dari pegunungan, danau, hingga pantai. Destinasi yang paling terkenal di wilayah ini adalah Tanah Lot yang merupakan pura yang sangat disucikan di Bali. Berikut destinasi wisata di Bali utara yang populer:

Pura Taman Ayun

Pura Taman Ayun berlokasi di Kecamatan Mengwi, Badung, Bali, Indonesia. Taman ini beserta Pura Taman Ayun merupakan peninggalan bersejarah dari kerajaan Mengwi. Pada tahun 2012 Unesco menetapkan Pura Taman Ayun sebagai bagian dari situs warisan budaya dunia.

Kawasan Bedugul

Bedugul terkenal akan wisata danau dan pegunungannya yang sejuk. Daerah ini mencakup desa Bedugul sendiri, Candikuning, Pancasari, Pacung dan Wanagiri. Tempat wisata utama di Bedugul adalah Pura Ulun Danu Bratan dan Kebun Raya Bali.

Sangeh

Sangeh merupakan sebuah desa yang terkenal akan hutan pala yang dihuni ratusan ekor kera. Objek wisata tersebut sangat dikenal oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Alas Kedaton

Alas Kedaton serupa dengan Sangeh, dihuni oleh banyak kera yang dianggap sebagai hewan keramat oleh penduduk setempat. Di dalam hutan kawasan ini terdapat Pura Alas Kedaton.

Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot merupakan salah satu Pura yang sangat disucikan di Bali. Di sini ada dua pura yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam.

6 dari 6 halaman

Peta wisata Bali Timur

Peta wisata Bali Timur dikenal dengan desa wisata dan alam pegunungannya yang indah. Berikut destinasi terkenal di wisata Bali timur:

Desa Batubulan

Desa Batubulan adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Desa ini merupakan kawasan pariwisata dengan pertunjukkan budaya Tari Barongan, Tari Kecak dan Tari Legong.

Pasar Sukawati

Pasar Sukawati merupakan pasar seni yang terletak di Kabupaten Gianyar, Bali. Pasar ini menjual berbagai kerajinan seni khas Bali seperti sandal manik-manik, pakaian, tas, lukisan, patung kayu dan lain - lain.

Pantai Sanur

Pantai Sanur menjadi tujuan favorit para pelancong untuk menikmati keindahan pantai di Denpasar. Lokasi pantai ini tepat berada di sebelah timur yang cocok untuk menyaksikan keindahan matahari terbit. Ombak di pantai Sanur cukup tenang membuat pantai ini cocok dijadikan tempat untuk menyelam dan snorkeling.

Desa Ubud

Ubud adalah sebuah desa wisata di daerah kabupaten Gianyar, Bali. Ubud terutama terkenal akan panorama terasering persawahan dan hutannya yang masih sangat asri. Selain itu, Ubud dikenal karena seni dan budaya yang berkembang pesat.

Kintamani

Kintamani merupakan kawasan wisata pemandangan alam di Bali. Potensi wisata kawasan ini adalah pemandangan kawasan pegunungan yang unik dan menakjubkan. Kombinasi antara Gunung Batur beserta hamparan bebatuan hitam dengan Danau Batur yang berbentuk bulan sabit berwarna biru di sebuah kaldera yang oleh wisatawan-wisatawan dikatakan sebagai kaldera terindah di dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini