Sukses

6 Potret Lawas Suasana Lebaran di Indonesia Tahun 1900-an, Penuh Kenangan

Tilik kembali suasana Lebaran di Indonesia tahun 1900-an.

Liputan6.com, Jakarta Lebaran tahun ini masih menjadi momen kemenangan umat Islam di tengah pandemi Covid-19. Hal-hal yang menjadi ciri khas dari Lebaran menjadi ditiadakan, seperti saling berjabat tangan dan kegiatan mudik.

Adanya larangan dari pemerintah yang mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan mudik membuat sejumlah perantau tak bisa pulang ke kampung halamannya dan bertemu langsung dengan sanak keluarga khususnya orang tua. 

Dengan menilik kembali foto-foto lawas Lebaran pada tahun 1900-an, diharapkan dapat menjadi obat dan atau pengingat kembali suasana Lebaran sebelum pandemi datang.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com himpun beberapa potret suasana Lebaran di masa lalu tepatnya di tahun 1900-an pada Sabtu (8/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Kenangan Lebaran awal 1930-an di Jawa.

3 dari 7 halaman

2. Tak ada keterangan apapun tentang siapa mereka, namun terlihat mereka memantaskan diri untuk mengenakan pakaian terbaik dari lemari.

4 dari 7 halaman

3. Salat Idulfitri di tanah lapang Singa Waterlooplein (kini lapangan Banteng, Jakarta) pada 14 November 1939.

5 dari 7 halaman

4. Suasana Lebaran zaman dulu indahnya sampai ke hati.

6 dari 7 halaman

5. Suasana ziarah kubur hari Lebaran di pintu gerbang pemakaman Dunguswiru seberang Kerkof Sukamaju Kota Subang sekitar tahun 1958.

7 dari 7 halaman

6. Sukabumi, menjelang Lebaran 1947. Masyarakat antre untuk mendapat baju baru dari dari UNRRA, badan PBB yang mengurusi bantuan dan rehabilitasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.