Sukses

18 Cara Menghilangkan Sakit Kepala Tiba-Tiba, Bisa Reda dalam Waktu Singkat

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan sakit kepala tiba-tiba bisa dengan trik sederhana dan bahan alami yang mudah ditemukan di rumah. Mulai dari melakukan rileksasi, mencukupi asupan nutrisi, cairan, dan memanfaatkan tanaman herbal cuka apel sampai ginkgo biloba. Sakit kepala yang terjadi tiba-tiba memang selalu bikin panik dan enggak nyaman.

Penyebab sakit kepala tiba-tiba biasanya dipengaruhi tubuh yang tak mendapat asupan makan dan minum lebih dari 12 jam. Lalu melakukan aktivitas padat, dehidrasi, stres, kelelahan, hipoglikemia, dan gangguan kesehatan lainnya. Sakit kepala membuat seseorang merasakan kepalanya berdenyut dari depan, samping, belakang, dan sesekali terasa berputar.

Nah, serangkaian cara menghilangkan sakit kepala tiba-tiba bisa diaplikasikan dengan kombinasi. Mulai dari menghindari penyebab sakit kepala dan mengoptimalkan stamina tubuh penderita. Untuk menunjang cara menghilangkan sakit kepala tiba-tiba, perbaiki pola hidup dan makan agar pemulihannya lebih maksimal.

Berikut Liputan6.com ulas cara menghilangkan sakit kepala tiba-tiba dari berbagai sumber, Senin (10/5/2021).

2 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Sakit Kepala Tiba-Tiba

Cara Menghilangkan Sakit Kepala dengan Uap Cuka Apel

Siapa sangka, ternyata uap cuka sari apel memiliki sejarah panjang dalam pengobatan alami. Penggunaan bahan ini untuk menghilangkan segala sesuatu dari penyakit seperti demam dan hampir semua penyakit lainnya.

Beberapa penelitian modern telah membuktikan keefektifannya dalam cara menghilangkan sakit kepala tiba-tiba. Jadi, kalau Anda merasakan pusing kepala yang berdenyut-denyut, coba berikan cuka apel ini.

Cara menghilangkan sakit kepala tiba-tiba:

- Campurkan seperempat cuka apel dengan air panas,

- Tempatkan handuk di atas kepala Anda, hingga menggantung di atas mengkuk,

- Pastikan wajah Anda tidak terlalu dekat, agar tak terbakar oleh uap,

- Lakukan selama 5 – 10 menit, atau saat air mulai dingin,

- Hirup dengan napas masuk dan keluar beberapa kali,

- Setelah selesai, keringkan wajah dengan haduk tadi,

- Kemudian minumlah segelas air dingin.

Cara Menghilangkan Sakit Kepala dengan Melakukan Rileksasi

Saat Anda sedang menghadapi kegiatan yang super padat, tak jarang pikiran dan tubuh Anda bekerja terlalu keras yang akhirnya menimbulkan otot-otot menegang. Hal ini akan menyebabkan nyeri pada bagian titik tubuh Anda dan akhirnya menyebabkan pusing.

Kalau sudah begitu, Anda bisa mencoba meringankan sakit kepala dengan cara menghilangkan sakit kepala tiba-tiba dengan yoga, bernapas, dan meregangkan otot. Hal yang mudah salah satunya dengan melakukan bernapas dengan teratur.

Saat sedang pusing kepala, Anda bisa melakukan cara menghilangkan sakit kepala tiba-tiba dengan mengambil napas dalam-dalam, penuh, yang dimulai dari diafragma kemudian paru-paru. Hal ini akan membuat oksigen segar beredar melalui darah Anda dan juga akan membantu menenangkan pikiran dan tubuh.

Cara Menghilangkan Sakit Kepala dengan Minyak Peppermint

Minyak peppermint memiliki efek menenangkan yang luar biasa saat Anda sedang mengalami pusing. Mampu membantu mengurangi ketidaknyamanan dan menjernihkan pikiran. Anda bisa melakukannya di berbagai tempat. Kalau Anda memiliki kulit yang sensitif dan mudah iritasi, Anda bisa coba cara menghilangkan sakit kepala tiba-tiba menggunakan minyak peppermint dengan sedikit minyak zaitun dan air.

Cara menghilangkan sakit kepala tiba-tiba dengan minyak peppermint adalah dengan memijatkan minyak peppermint ke pelipis, bagian belakang rahang, dan dahi Anda. Anda akan merasakan sensasi dingin saat mengaplikasikannya. Bernapaslah dalam-dalam, dan jika mungkin temukan tempat yang tenang untuk bersantai.

3 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Sakit Kepala Tiba-Tiba

Cara Menghilangkan Sakit Kepala dengan Konsumsi Kacang Almond

Daripada mengonsumsi obat yang menyebabkan Anda semakin ketergantungan saat pusing kepala melanda, lebih baik mengonsumsi beberapa kacang almond sebagai cara menghilangkan sakit kepala tiba-tiba. Ya, almond dapat menjadi obat alami dan alternatif yang lebih sehat daripada mengonsumsi obat.

Almond mampu menghilangkan rasa sakit, karena mengandung salicin. Anda bisa coba mengonsumsi beberapa kacang almond saat sedang pusing. cara menghilangkan sakit kepala tiba-tiba ini sangat baik dibandingkan dengan mengonsumsi obat.

Cara Menghilangkan Sakit Kepala dengan Perbanyak Air Putih

Tinggalkan obat dan segeralah ambil segelas air. Para ilmuwan telah menemukan bahwa dengan minum air secara teratur, dapat dijadikan cara menghilangkan sakit kepala tiba-tiba. Terutama mengurangi gejala sakit kepala yang parah dan membantu mengurangi untuk mengonsumsi obat.

Penyebab pusing kepala salah satunya adalah dengan kurangnya asupan air untuk tubuh Anda. Kopi, alkohol, minuman manis, semuanya dapat membuat Anda dehidrasi dan itu harus dihindari. Cukup lengkapi kebutuhan air pada tubuh Anda dengan mengonsumsi banyak air.

Cara Menghilangkan Sakit Kepala dengan Konsumsi Telur

Telur memiliki nutrisi yang cukup kaya, cocok dijadikan cara menghilangkan sakit kepala tiba-tiba. Termasuk kandungan vitamin B dan B2 yang dimilikinya. Kedua vitamin ini mampu membantu mengurangi frekuensi sakit kepala.

Hal inilah yang menjadikan telur cocok dijadikan sebagai obat migrain alami. Telur menyediakan vitamin B yang mengaktifkan beta-blockers yaitu zat pencegah migrain. Dalam dua buah telur ayam berukuran besar biasanya terkandung riboflavin sebesar 24 persen yang mampu mencukupi nutrisi asupan harian.  

4 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Sakit Kepala Tiba-Tiba

Cara Menghilangkan Sakit Kepala dengan Ginkgo Biloba

Ginkgo Biloba merupakan obat herbal alami yang berasal dari China. Fungsi khusus obat ini adalah membantu mengatasi berbagai gangguan pada sistem saraf manusia. Bahan cara menghilangkan sakit kepala tiba-tiba ini dapat melancarkan peredaran darah di telinga bagian dalam dan otak sebagai penyebab utama terjadinya sakit kepala seperti vertigo. Sehingga gangguan keseimbangan akan lebih cepat diatasi dengan mengonsumsi obat ini.

Cara Menghilangkan Sakit Kepala dengan Makanan Kaya Vitamin D

Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin D dapat dijadikan cara menghilangkan sakit kepala tiba-tiba. Hal ini disebabkan karena salah satu penyebab dari terjadinya vertigo adalah karena kekurangan vitamin D. Vitamin D sendiri bisa didapatkan dari ikan yang kaya akan omega 3 misalnya saja ikan salmon, tuna, dan makarel.

Kemudian telur ayam, walaupun telur ayam ini hanya mampu menyuplai vitamin D 17 persen dari yang dibutuhkan tubuh manusia. Ada juga ikan kod, jamur, susu kedelai, tempe, tahu, udang, hati sapi, oatmeal, dan yoghurt yang kaya akan vitamin D.

Cara Menghilangkan Sakit Kepala dengan Jahe Hangat

Jahe adalah rempah yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan sakit kepala tiba-tiba. Hal ini disebabkan karena jahe mengandung berbagai senyawa yang ampuh menjadi obat anti inflamasi.

Jahe dapat memblokir prostaglandin yang merupakan zat inflamasi. Gejala mual yang dialami penderita migrain juga bisa diredakan segera. Jahe bisa dikonsumsi menjadi wedang. Agar lebih nikmat, bisa dicampur dengan teh atau lemon. Kehangatan yang diberikan jahe sangat bisa membantu melegakan.

5 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Sakit Kepala Tiba-Tiba

Cara Menghilangkan Sakit Kepala dengan Garam Himalaya

Garam yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan sakit kepala tiba-tiba adalah garam Himalaya. Menurut penelitian, air minum yang dicampur garam laut Himalaya dapat mengurangi rasa sakit migrain.

Cara menghilangkan sakit kepala tiba-tiba dengan garam Himalaya akan mengurangi tingkat keparahan sakit kepala akibat migrain. Termasuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan energi, dan menyeimbangkan kadar serotonin dalam aliran darah.

Cara Menghilangkan Sakit Kepala dengan Es

Es bagi sebagian orang memang bikin ngilu dan nyut-nyutan. Meski begitu jangan salah, es bisa digunakan sebagai cara menghilangkan sakit kepala tiba-tiba. Untuk bisa merasakan manfaatnya, es bisa digunakan untuk mengompres kepala.

Para ahli berpikir cara menghilangkan sakit kepala tiba-tiba dengan es dapat mengurangi aliran darah ke bagian otak yang menyebabkan migrain. Es juga bisa membuat kepala mati rasa dan migrain tidak terasa begitu menyiksa.

Cara Menghilangkan Sakit Kepala dengan Minyak Esensial

Minyak esensial ampuh dan aman sebagai cara menghilangkan sakit kepala tiba-tiba. Menggunakannya bisa membantu meredakan gejala yang begitu menyiksa. Minyak atsiri bisa dicampur dengan minyak kayu putih dan usapkan pada dahi.

Lanjutkan pada hidung atau leher saat migrain menyerang sebagai cara menghilangkan sakit kepala tiba-tiba. Harum dan hangat kedua minyak ini bisa meredakan migrain. Jika tidak menemukan minyak atsiri dan kayu putih bisa diganti dengan peppermint, hemp oil, CBD oil, dan rosemary.

6 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Sakit Kepala Tiba-Tiba

Cara Menghilangkan Sakit Kepala dengan Minyak Thyme dan Rosemary

Gosokan minyak esensial thyme dan rosemary di bagian kepala, dahi, dan kulit dengan lembut. Lalu duduk dengan relaks selama beberapa menit. Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan tahun 2010, para peneliti menemukan bahwa minyak thyme dan rosemary mengandung carvacrol.

Zat ini dapat bertindak sebagai inhibitor COX-II sebagai cara menghilangkan sakit kepala tiba-tiba. Fungsinya sama seperti obat antiinflamasi nonsteroid seperti ibuprofen. Tak heran jika perpaduan keduanya cocok dijadikan sebagai obat migrain alami.

Cara Menghilangkan Sakit Kepala dengan Jaga Kualitas Tidur

Menjaga kualitas tidur dengan baik termasuk upaya cara menghilangkan sakit kepala tiba-tiba. American Migraine Foundation merekomendasikan hal ini sebagai obat migrain alami. Paling tidak upayakan menjaga waktu tidur dan waktu bangun secara teratur setiap harinya.

Hindari aktivitas yang dapat menstimulasi pikiran di sekitar tempat tidur. Mulai dari aktivitas menggunakan gawai atau membaca di sekitar tempat tidur. Aktivitas seperti ini dapat memberi stimulasi berlebihan pada otak, sehingga sulit untuk beristirahat pada malam hari.

Cara Menghilangkan Sakit Kepala dengan Konsumi Pisang dan Kentang

Pisang mengandung senyawa potasium dan magnesium yang tinggi yang dapat menghilangkan sakit kepala berkepanjangan. Cara menghilangkan sakit kepala tiba-tiba dengan pisang adalah dengan mengonsumsi minimal 3 buah pisang setiap hari secara rutin.

Kentang merupakan yang merupakan sumber kalium bisa jadi cara menghilangkan sakit kepala tiba-tiba yang mendera Anda. Pasalnya, sakit kepala juga bisa disebabkan karena tubuh Anda sedang kekurangan kalium. Cara menghilangkan sakit kepala tiba-tiba dengan kentang adalah dengan mengonsumsi kentang rebus (bukan dengan cara pengolahan lain seperti digoreng).

7 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Sakit Kepala Tiba-Tiba

Cara Menghilangkan Sakit Kepala dengan Magnesium

Magnesium adalah salah satu obat migrain alami yang cocok dijadikan cara menghilangkan sakit kepala tiba-tiba. Mengonsumsinya saat migrain bisa meredakan gejala dengan memenuhi asupan magnesium otak.

Biasanya penderita migrain cenderung memiliki kadar magnesium sangat rendah dalam otak.Para ahli merekomendasikan konsumsi 400 miligram magnesium chelated, magnesium oxide, atau slow-release magnesium setiap hari.

Magnesium ini bisa didapat dari biji labu, makarel, buah ara kering, dan cokelat hitam. Meski begitu, magnesium dapat menyebabkan diare pada sebagian orang.

Cara Menghilangkan Sakit Kepala dengan Biji-Bijian

Biji-bijian utuh tak hanya nikmat dijadikan camilan. Biji ini bisa digunakan sebagai cara menghilangkan sakit kepala tiba-tiba karena kandungan yang dimilikinya. Lebih ampuh gunakan biji-bijian utuh yang belum pernah diolah sama sekali.

Cara menghilangkan sakit kepala tiba-tiba dengan biji yang belum diolah baik karena memiliki kandungan nutrisi lebih lengkap. Mulai dari vitamin B, magnesium, zat besi, tembaga, selenium, dan kalium. Kandungan ini bisa ditemukan pada gandum, beras cokelat, beras merah, beras hitam, dan oatmeal.

Cara Menghilangkan Sakit Kepala dengan Terapi

Terapi ringan bisa digunakan sebagai cara menghilangkan sakit kepala tiba-tiba. Terapi yang diterapkan adalah biofeedback maupun cognitive-behavioral therapy.

Kedua jenis terapi sebagai cara menghilangkan sakit kepala tiba-tiba tersebut bertujuan untuk membuat kondisi tubuh lebih relaks. Lalu melatih kesadaran dalam mengatasi rasa sakit dan stres berlebihan dengan mengubah perilaku, pikiran dan perasaan