Sukses

11 Manfaat Kacang Almond bagi Kesehatan, Turunkan Risiko Kanker dan Tekanan Darah

Liputan6.com, Jakarta Kacang almond yang berukuran kecil ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Berasal dari Timur Tengah, kacang almond merupakan salah satu jenis kacang yang cukup terkenal di dunia. Kacang almond sendiri bisa disantap langsung sebagai camilan atau diolah menjadi ragam kue, makanan, bahkan susu almond yang lezat.

Harga kacang almond cenderung lebih mahal dibandingkan jenis kacang-kacang lainnya. Namun, harga tersebut sebanding dengan kandungan gizi di dalamnya. Kandungan gizi dalam kacang almond bisa menurunkan tekanan darah dan membantu menangkal berbagai penyakit berat seperti risiko kanker. 

Kacang Almond memiliki banyak nama, seperti di Indonesia sendiri kacang almond dikenal dengan nama lain kacang badam. Jika rutin mengomsumsinya, ada beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan.

Berikut ini beberapa manfaat kacang almond yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jum’at (21/5/2021).

2 dari 6 halaman

Menurunkan Kadar Kolesterol dan Tekanan Darah

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat kacang almond yang pertama adalah menurunkan kadar kolesterol. Makanan yang Anda konsumsi sangat mempunyai efek terhadap kadar LDL, satu faktor risiko penyakit jantung salah satunya adalah almond. Beberapa studi telah menunjukkan almond secara efektif dapat menurunkan kolesterol jahat ini. Selain itu, konsumsi almond juga berperan dalam menjaga kadar kolesterol baik atau HDL.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat kacang almond yang selanjutnya adalah menurunkan tekanan darah. Kandungan magnesium  dalam almond dapat membantu menurunkan tekanan darah. Jika Anda tidak dapat memenuhi rekomendasi magnesium harian, menambahkan almond ke dalam makanan dapat berdampak besar.

Kekurangan magnesium pada tubuh berhubungan erat dengan tekanan darah tinggi terlepas dari berat badan yang berlebih. Studi menunjukkan, dengan mengatasi kekurangan magnesium, dapat terjadi penurunan besar pada tekanan darah.

3 dari 6 halaman

Menurunkan Risiko Kanker dan Menstabilkan Gula Darah

3. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat almond berikutnya adalah menurunkan risiko kanker. Risiko kanker payudara turun 2-3 kali di antara individu yang makan lebih banyak kacang-kacangan dan almond dibandingkan dengan mereka yang tidak.

4. Menstabilkan Gula Darah

Manfaat kacang almond selanjutnya adalah menstabilkan kadar gula darah. Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi para penderita diabetes mellitus. Manfaat ini didapat karena almond mengandung magnesium. Magnesium turut berperan dalam menjaga kadar gula darah. Konsumsi almond ternyata memberikan efek rasa kenyang yang bertahan lama, sehingga kadar gula dalam tubuh stabil.

4 dari 6 halaman

Sumber Nutrisi dan Kaya Antioksidan

5. Sumber Nutrisi

Manfaat kacang almond yang lainnya adalah menjadi sumber nutrisi. Almond menawarkan sejumlah nutrisi penting bagi tubuh. Takaran 1 ons almond (setara dengan 28 gram) mengandung 3,5 gram serat, 6 gram protein, 14 gram lemak, 37 persen vitamin E, 20 persen magnesium, 32 persen mangan dari asupan yang disarankan, vitamin B2, dan fosfor dalam jumlah yang cukup.

Jumlah per sajian yang disarankan per hari adalah sekitar 1 ons. Meskipun kaya akan nutrisi, tapi berhati-hatilah jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap kacang-kacangan.

6. Kaya Antioksidan

Manfaat kacang almond yang berikutnya adalah kaya antioksidan. Almond kaya akan vitamin E, yang merupakan antioksidan yang larut dalam lemak. Antioksidan ini bertugas membangun sel-sel di dalam tubuh sekaligus melindungi tubuh dari radikal bebas yang bisa mengakibatkan inflamasi, penuaan, hingga kanker. Ada sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 60 pria perokok.

Mereka ditugaskan untuk mengonsumsi 3 ons almond setiap hari. Hasilnya, 23-34 persen penanda sel oksidatif dalam tubuh turun selama 4 minggu.

5 dari 6 halaman

Menurunkan Berat Badan dan Rasa Lapar

7. Menurunkan Berat Badan

Meski almond mengandung kalori yang cukup tinggi, jangan khawatir karena mengonsumsinya tidak akan menambah berat badan. Ini karena almond kaya akan serat dan nutrisi yang menurunkan nafsu makan Anda. Selain itu, makan kacang almond (dan jenis kacang-kacangan lainnya) ternyata dapat mempercepat proses metabolisme tubuh, sehingga tubuh tidak menimbun kelebihan lemak dan gula.

8. Menekan Rasa Lapar

Kacang Almond tinggi kandungan protein dan serat yang mampu meningkatkan rasa kenyang. Hal ini dapat membantu Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori.

6 dari 6 halaman

Baik untuk Kesehatan kulit dan Tulang

9. Baik untuk Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin E pada almond baik untuk kesehatan kulit Anda. Kulit akan tampak  lebih cerah karena antioksidan bekerja melawan radikal bebas. Kandungan protein dan vitamin pada almond juga membantu menjaga kadar air pada kulit, sehingga tampak lembap dan lembut. Selain untuk kulit, kacang ini juga baik bagi kesehatan rambut. Kandungan magnesium dalam almond bisa mengurangi kerontokan dan memperbaiki kualitas rambut.

10. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kacang almond mengandung nutrisi-nutrisi yang berperan dalam kesehatan tulang. Nutrisi-nutrisi tersebut meliputi kalsium, magnesium, mangan, tembaga, vitamin K, protein, dan seng.

11. Mencegah Oksidasi yang Berbahaya

Kacang almond juga melindungi LDL tersebut dari oksidasi. Hal ini merupakan langkah penting dalam berkembangnya penyakit jantung. Pada studi hewan dan tabung reaksi, kulit almond kaya akan antioksidan polifenol yang mencegah oksidasi kolesterol. Efek tersebut mungkin lebih kuat bila dikombinasikan dengan antioksidan lain seperti vitamin E.