Sukses

10 Cara Bermain Gitar Petikan untuk Pemula, Mudah dan Cepat Mahir

Kunci cara bermain gitar adalah ketekunan dan ketelatenan, simak lebih jauh.

Liputan6.com, Jakarta Kunci utama cara bermain gitar petikan untuk pemula adalah ketekunan dan ketelatenan. Mampu bermain gitar dengan alunan nada dan melodi yang indah bukan sesuatu yang mudah. Inilah mengapa diperlukan tips dan trik khusus untuk menyelesaikan cara bermain gitar petikan untuk pemula.

Di mulai dari cara bermain gitar yang sederhana seperti memahami bagaimana posisi gitar ternyaman di pangkuan. Lalu mulai cari tahu apa saja kunci gitar dan letak atau posisi kuncinya. Tak sampai di situ saja, pahami bagaimana kunci gitar tersebut bisa mengalunkan nada yang indah dan pas didengar.

Untuk menguatkan cara bermain gitar petikan untuk pemula yang dasar tersebut, lakukan praktik lebih berani. Mulai dari memainkan lagu dengan kunci sederhana sampai lagu full yang disukai. Jangan sungkan latihan lebih sering dan evaluasi selalu sejauh mana kemampuan cara bermain gitarnya.

Berikut Liputan6.com ulas cara bermain gitar petikan untuk pemula dari berbagai sumber, Sabtu (22/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Bermain Gitar Petikan untuk Pemula

Cara Bermain Gitar adalah Menentukan Posisi yang Nyaman

Cara bermain gitar petikan untuk pemula adalah di mulai memperhatikan posisi gitar yang nyaman. Bagi pemula, bisa memilih memangku gitar, dekatkan badan gitar ke dada dan perut. Tahan badan gitar sambil menekan-nekan senar sembarangan.

Jika merasa kurang nyaman maka cara bermain gitar petikan untuk pemula bisa dilakukan dengan mengganti posisi gitar. Pastikan cara bermain gitar petikan untuk pemula yang pertama ini diyakinkan betul nyaman.

Jika saat awal berlatih merasa tidak nyaman dengan posisi duduk, ini akan membuatmu tidak fokus saat sedang praktik cara bermain gitar petikan untuk pemula. Berikut ini langkah cara bermain gitar petikan untuk pemula dengan menentukan posisi yang nyaman:

1. Duduklah di kursi dengan nyaman. Tegakkan punggung dan bahumu.

2. Dekatkan badan gitar ke perut dan dadamu. Lalu pegang bagian leher gitar dengan tangan kiri membentuk huruf V—ibu jari di bagian belakang dan 4 jari sisanya di depan.

3. Tahan badan gitar dengan bantuan kaki kananmu. Kemudian, coba tekan-tekan senar secara asal, mulai dari pelan hingga cepat, untuk melatih keseimbangan.

4. Cobalah terus posisi memegang gitar ini setiap 5 menit sekali untuk membiasakan dan menyeimbangkan diri. Di awal-awal, punggung dan bahumu mungkin akan terasa sakit. Tapi lama kelamaan kamu akan terbiasa.

Cara Bermain Gitar adalah Mulai Menyetel

Pemula wajib tahu bahwa tidak semua senar gitar langsung mengeluarkan suara merdu saat dipetik. Apalagi jika baru praktik cara bermain gitar petikan untuk pemula dan gitarnya pertama kali dibeli. Cara bermain gitar petikan untuk pemula bagian tuning perlu dilakukan agar gitar bisa menghasilkan suara petikan yang merdu.

Belajar cara tuning senar gitar bisa membuat telinga terbiasa mendengar nada yang tepat. Berikut ini cara bermain gitar petikan untuk pemula bagian menyetel atau tuning:

1. Ketahui nama-nama senar. Dari atas (yang paling tebal) ke bawah (yang paling tipis) urutannya adalah E, A, D, G, B, dan E.

2. Atur tuner (putaran yang ada di kepala gitar) sesuai dengan kebutuhanmu. Kalau menginginkan nada yang tinggi, kencangkan senar gitarmu. Tapi jika kamu menginginkan nada rendah, putar tuner-nya sampai senar mengendur dengan tepat.

3. Kencang atau kendurnya senar ini sangat mempengaruhi nada yang akan dihasilkan. Tepat atau tidaknya nada yang dihasilkan bisa kamu ketahui sendiri jika sudah terbiasa mendengarnya.

4. Nah, untuk awalan, kamu bisa minta bantuan temanmu yang sudah mahir untuk mengajarkan bagaimana cara tuning yang tepat. Usahakan kamu hanya minta bantuannya sekali. Supaya kamu tidak ketergantungan dengan bantuannya dan mulai belajar untuk tuning senarmu sendiri.

3 dari 6 halaman

Cara Bermain Gitar Petikan untuk Pemula

Cara Bermain Gitar adalah Mempelajari Kunci

Selanjutnya, cara bermain gitar petikan untuk pemula adalah mencari tahu kunci-kunci dasar dalam memetik gitar. Ada kunci gitar A, Am, B, Bm, D, Dm, E, Em, C, dan G. Setiap kunci ada cara bermain gitar petikan untuk pemula sendiri yang mudah diingat.

Pengetahuan dasar semacam ini setidaknya wajib diketahui dulu sebelum mulai cara bermain gitar petikan untuk pemula serta memainkan kunci-kuncinya. Untuk memudahkan proses cara bermain gitar petikan untuk pemula, catat kunci-kunci dasar gitar di buku khusus.

Berikut kunci dasar cara bermain gitar petikan untuk pemula yang perlu diketahui:

1. Senar 1 hasilkan nada E’

2. Senar 2 hasilkan nada B

3. Senar 3 hasilkan nada G

4. Senar 3 hasilkan nada G

5. Senar 4 hasilkan nada D

6. Senar 5 hasilkan nada A

7. Senar 6 hasilkan nada E

Cara Bermain Gitar adalah Mempelajari Melodi

Bagi pemula yang sedang berlatih cara bermain gitar petikan untuk pemula, tahap ini merupakan bagian paling sulit. Pada tahap cara bermain gitar petikan untuk pemula ini kamu mulai belajar melodi dan membaca not. Berikut ini ada 3 langkah cara bermain gitar petikan untuk pemula yang bisa dilakukan:

1. Cari tahu melodi gitar dengan membaca tabulasi. Tabulasi adalah proses menempatkan sebuah data dalam bentuk tabel yang isinya not-not untuk memudahkan kamu dalam belajar melodi.

2. Pahami scale. Ini adalah cara untuk mencari melodi dalam lagu. Kalau kamu sudah paham tentang scale, kamu bakal mudah menebak melodi pada lagu. Scale yang paling umum dan mudah dipahami adalah pentatonic scale.

3. Kalau kamu sudah mengenali tabulasi dan scale, tahap terakhir cara bermain gitar untuk pemula adalah belajar berimprovisasi. Cara bermain gitar petikan untuk pemula ini membutuhkan feeling yang bagus, pendengaran, dan insting yang kuat dalam menentukan nada. Kamu bisa melatihkan dengan mendengar sebuah lagu, kemudian menyusun nada yang sesuai dengan alur dalam satu melodi.

Tahap ini memang lebih rumit dari cara bermain gitar petikan untuk pemula sebelumnya. Proses terpenting dalam cara bermain gitar petikan untuk pemula bagiann melodi adalah feeling, skill, dan improvisasi dalam menghubungkan not demi not. Sehingga dengan cara bermain gitar petikan untuk pemula itu, kamu bisa menciptakan harmoni yang indah.

4 dari 6 halaman

Cara Bermain Gitar Petikan untuk Pemula

Cara Bermain Gitar adalah Belajar Memetik

Cara bermain gitar petikan untuk pemula bagian memetik sangat penting dipelajari agar nada yang dimainkan terdengar indah dan merdu. Pada tahap cara bermain gitar petikan untuk pemula ini Anda perlu menggunakan lima jari .

Letakkan ibu jari di senar paling atas untuk memetik senar bass nomor 6, 5, atau 4. Kemudian cara bermain gitar petikan untuk pemula, jari telunjuk digunakan untuk senar nomor 3, jari tengah nomor 2, dan jari manis untuk senar nomor 1. Lakukan secara perlahan cara bermain gitar petikan untuk pemula hingga Anda bisa memetiknya dengan baik.

Bila bisa rutin belajar, pelan-pelan Anda bisa lebih mudah untuk menguasai bagaimana memetik senar gitar yang benar. Cara bermain gitar petikan untuk pemula yang terpenting adalah hafal di mana letak atau posisi jari Anda pada senar.

Setiap kunci gitar memiliki cara sendiri dan menghasilkan nada yang berbeda. Ketika Anda memainkan kunci A, Anda hanya perlu menekan senar A-D-G-B-E bagian bawah. Tentu untuk kunci A, AM atau B, maka berbeda lagi bagian senar yang ditekan.

Cara Bermain Gitar adalah Rutin Bermain

Rutin belajar menekan senar pada fret atau logam tegak lurus yang ada di leher gitar adalah cara bermain gitar petikan untuk pemula. Pastikan Anda hanya merasakan getaran di jari yang menekan senar saja. Setelah itu mulailah memainkan kunci dasar.

Pilih dari yang termudah, misalnya kunci A karena masih berada dalam 1 ruas yang sama. Di tahap cara bermain gitar petikan untuk pemula ini, jangan asal genjreng saja. Usahakan bisa menghasilkan nada yang merdu dan jernih. Kalau cara bermain gitar petikan untuk pemula sudah berhasil memainkan 1 kunci dengan jernih, baru boleh berganti memainkan kunci yang lainnya.

Ulangi cara bermain gitar petikan untuk pemula tersebut untuk memainkan kunci yang lain. Jika sudah bisa semua, jangan langsung buru-buru ingin memainkan lagu. Berlatihlah lagi selama beberapa waktu supaya semakin hafal letak kuncinya dan jari semakin lihai dalam memainkannya.

5 dari 6 halaman

Cara Bermain Gitar Petikan untuk Pemula

Cara Bermain Gitar adalah Melatih Memori Otot Tangan

Saat awal mencoba bermain gitar, cara bermain gitar petikan untuk pemula akan membuat jari-jari terasa sangat sakit dan mengeras pada setiap ujung jari. Namun hal itu tidak masalah, terus berlatih, lama-kelamaan akan terbiasa.

Ketika sedang praktik cara bermain gitar petikan untuk pemula, pastikan konsentrasi pada setiap petikan dan kuncinya. Cara bermain gitar petikan untuk pemula ini dilakukan agar bisa menghapalkan setiap kunci dan fokus pada nada yang dihasilkan.

Cara Bermain Gitar adalah Belajar Lagu Mudah

Agar tidak bosan ketika sedang praktik cara bermain gitar petikan untuk pemula, pilihlah satu lagu dengan kunci yang sangat mudah atau menggunakan kunci dasar. Jika Anda sudah menguasai satu lagu, untuk cara bermain gitar petikan untuk pemula selanjutnya akan mudah memahami dalam bermain gitar.

Mempelajari lagu pertama Anda dalam proses cara bermain gitar petikan untuk pemula adalah momen penting bagi gitaris pemula. Sangat menyenangkan untuk bermain bersama dengan lagu yang Anda kenal dan menginspirasi Anda untuk terus belajar lebih banyak.

6 dari 6 halaman

Cara Bermain Gitar Petikan untuk Pemula

Cara Bermain Gitar adalah Berlatih Intonasi dan Irama

Di tahap cara bermain gitar petikan untuk pemula ini Anda harus menggunakan perasaan. Tujuannya untuk mengetahui intonasi dan irama petikan gitar dengan tepat. Memang cara bermain gitar petikan untuk pemula ini harus banyak-banyak belajar dan menggunakan perasaan.

Cobalah cara bermain gitar petikan untuk pemula dengan bermain lagu yang slow terlebih dahulu, andalkan petikan yang sama dan berulang-ulang. Cobalah sampai lancar dan kemudian pindah ke lagu yang sedikit rock. Di situ perasaan cara bermain gitar petikan untuk pemula akan diuji.

Cara Bermain Gitar adalah Selalu Luangkan Waktu

Jika sudah merasa bisa cobalah cara bermain gitar petikan untuk pemula dengan sebuah lagu yang kamu pilih full. Di sini kamu juga bisa mengukur kemampuan sampai sejauh mana belajar gitar sampai saat ini. Anda bisa berkolaborasi dengan teman atau bermain sendiri.

Selain dituntut cara bermain gitar petikan untuk pemula minimal satu hari sekali, memilih waktu untuk belajar juga sangatlah penting. Cara bermain gitar petikan untuk pemula ini akan berpengaruh pada masuk tidaknya pembelajaran selama ini. Pilihlah waktu yang tepat dan nyaman sesuai dengan mood-mu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini