Sukses

20 Macam-Macam Tanaman Hias Daun yang Populer, Cantik dan Segar

Merawat tanaman hias bisa jadi aktivitas menyenangkan di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam tanaman hias daun kini sedang populer di kalangan pencinta tanaman. Merawat tanaman hias bisa jadi aktivitas menyenangkan di rumah. Ada banyak macam-macam tanaman hias yang bisa dirawat dengan mudah.

Selain tanaman berbunga, macam-macam tanaman hias daun juga banyak diminati. Macam-macam tanaman hias daun ini dicari karena warna daunnya yang indah, bentuknya yang unik, dan kesan segar yang dibawanya. Macam-macam tanaman hias daun bisa memberi keteduhan bagi rumah dan pekarangan.

Macam-macam tanaman hias daun yang populer bahkan memiliki harga fantastis. Berikut macam-macam tanaman hias daun yang populer, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(31/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Macam-macam tanaman hias daun

Aglaonema

Macam-macam tanaman hias daun yang sedang hits saat ini adalah aglaonema. Aglaonema termasuk tanaman hias jenis talas-talasan. Ada banyak jenis aglaonema dengan beragam corak, warna, dan ukuran. Harga aglaonema pun beragam sesuai dengan jenisnya, mulai dari RP 30 ribu sampai jutaan rupiah.

Sirih Gading

Sirih gading menjadi salah satu macam-macam tanaman hias daun yang sedang populer beberapa waktu ini. Sirih gading merupakan tanaman merambat semi-epifit dengan warna hijau yang segar. Sirih gading termasuk tanaman yang mudah dirawat dan bisa ditanam dengan media air.

Keladi hias

Keladi hias termasuk macam-macam tanaman hias yang termasuk dalam jenis Caladium. Saat ini keladi hias banyak dicari para pencinta tanaman hias. Jenis yang paling banyak dicari seperti Caladium Gingerland, Caladium Carolyn Whorton, Caladium Moonlight, Caladium White Christmas, Caladium Freida Hemple, dan masih banyak lagi.

3 dari 7 halaman

Macam-macam tanaman hias daun

Lidah mertua

Lidah mertua juga menjadi pilihan terbaik untuk tanaman hias di dalam maupun luar ruangan. Lidah buaya akan tumbuh subur dalam cahaya terang. Tanaman ini juga akan tumbuh dalam kondisi teduh. Jika beruntung, lidah mertua bisa menghadiahimu bunga putih yang harum.

Suplir

Suplir merupakan jenis paku hias yang populer sebagai tanaman hias. Nama "suplir" merupakan adaptasi dari chevelure, nama yang diperkenalkan orang Belanda. Tanaman ini memiliki daun hijau yang rimbun. Suplir cocok sebagai penghias beranda rumah.

Kuping Gajah

Kuping Gajah atau Anthurium crystallinum merupakan tanaman dengan ciri khas daun lebar dengan tulang daun putih melengkung melebar. Kuping gajah masih berkerabat dengan macam-macam tanaman hias daun lainnya seperti aglaonema, philodendron, keladi hias, dan alokasia.

Gelombang Cinta

Gelombang Cinta sempat mengguncang pasar tanaman hias pada 2007 silam. Tanaman satu ini bisa mencapai harga ratusan juta pada saat itu. Kini, meski harganya tak setinggi yang dulu, gelombang cinta masih memiliki penggemar. Gelombang memiliki daun besar, panjang, dan lebar dengan gelombang di tepi daunnya. Tanaman ini cukup mudah dikembangkan.

4 dari 7 halaman

Macam-macam tanaman hias daun

Tanduk rusa

Tanduk rusa termasuk tanaman paku sama seperti suplir. Tanduk rusa memiliki ciri khas menempel di pohon dengan daun bercabang menyerupai tanduk rusa. Macam-macam tanaman hias daun ini biasa dipelihara orang di pekarangan rumah, ditempel di pohon atau digantungkan untuk memberikan kesan alami pada taman.

Pohon dolar

Pohon dolar atau Zanzibar Gem memiliki daun tebal berbentuk oval yang cantik. Warna hijau tuanya yang mengkilap membuat tanaman ini seperti plastik. Tanaman ini toleran terhadap berbagai kondisi pencahayaan yang membuatnya cocok untuk tumbuh di dalam ruangan.

Pucuk merah

Pucuk merah merupakan tanaman hias daun yang banyak ditemui di taman dan lokasi outdoor lainnya. Warna tunas daun yang baru muncul memiliki warna merah menyala sehingga tumbuhan ini memiliki sebutan Pucuk Merah. Ciri khas tanaman ini adalah pucukunya yang berwarna merah, membuatnya terlihat seperti semak cantik. Warna daun akan berubah perlahan menjadi hijau seiring berjalannya waktu.

5 dari 7 halaman

Macam-macam tanaman hias daun

Monstera

Monstera merupakan jenis tanaman hias yang sangat populer di tahun 2020. anaman ini kerap menjadi penghijau ruangan dan memberi kesan tropikal yang segar. Jenisnya yang paling populer adalah janda bolong atau Monstera Obliqua dan Monstera Adansonii. Kedua tanaman monstrea ini bisa dihargai hingga jutaan rupiah.

Alocasia

Alocasia merupakan jenis tanaman hias tropis yang masih berkerabat dengan aglaonema, keladi, dan anthurium. Alocasia terkenal dengan bentuk yang unik. Ada lebih dari 70 jenia Alocasia. Jenis Alocasia yang kini sedang hits adalah Alocasia Baginda Silver Dragon.

Homalomena

Homalomena termasuk macam-macam tanaman hias yang juga masih berkerabat dengan aglaonema dan keladi. Tanaman ini dikenal karena dedaunannya yang besar, berkilau dan perawatan yang relatif mudah. Daun Homalomena kebanyakan berbentuk hati atau mata panah. Inilah membuatnya mendapatkan julukan ratu hati atau tanaman perisai.

Jemani

Jemani termasuk tanaman hias yang sempat populer bersama dengan gelombang cinta. Anthurium Jenmanii adalah spesies dari keluarga Aracea yang memiliki ciri memiliki daun tebal, terlihat kokoh dan kompak. Akan tetapi jenis Anthurium Jenmanii memiliki waktu pertumbuhan daun yang lambat.

6 dari 7 halaman

Macam-macam tanaman hias daun

Calathea

Calathea dikenal sebagai tanaman hias dengan dengan daun lonjong yang ditandai dengan garis dalam rangkaian warna yang memesona. Karena garis-garis dan urat tanaman yang menarik perhatian, mereka sering dikenal dengan julukan seperti tanaman zebra, tanaman merak, atau tanaman ular berbisa.

Peperomia

Macam-macam tanaman hias daun selanjutnya adalah peperomia. Peperomia termasuk tanaman hias daun yang dikenal sebagai tanaman abadi. Tanaman in memiliki daun tumpul tebal dengan tekstur seperti karet. Lebih dari 1.500 spesies, dengan jenis yang umum sering ditanam sebagai tanaman hias berkelompok.

Pilea

Pilea atau Chinese Money Plant dikenal dengan daun bulat pipih dengan warna hijau mengkilap. Jenis tanaman hias ini termasuk tanaman yang bisa dengan mudah tumbuh di air.

7 dari 7 halaman

Macam-macam tanaman hias daun

Oxalis

Oxalis atau calincing merupakan tanaman hias dengan bentuk dan warna unik. Oxalis memiliki daun mirip dengan sayap kupu-kupu. Tanaman ini juga kerap disebut bunga kupu-kupu. Salah satu jenis oxalis, yaitu Oxalis triangularis memiliki daun berwarna ungu yang indah. Oxalis biasa dibanderol mulai dari Rp 35 ribu sampai Rp 100 ribu.

Kaktus

Kaktus adalah pilihan paling tepat untuk ditanam pada tempat dengan sinar matahari penuh. Tanaman ini juga tak memerlukan perawatan ekstra, karena mereka bahkan dapat bertahan hidup dalam kondisi gurun dengan sangat sedikit air. Kebanyakan sukulen dan kaktus membutuhkan banyak cahaya. Mereka cocok untuk tempat tercerah di rumah. Anda bisa membangun beberapa rak di jendela yang cerah.

Bambu hoki

Bambu hoki, bambu rezeki atau lucky bamboo merupakan jenis bambu hias yang cocok jadi dekorasi ruangan. Jenis tanaman hias satu ini dipercaya dapat membawa keberuntungan. Jenis bambu ini bisa ditanam di air dengan batu hias atau di tanah. Bambu hoki bisa didapat mulai dari harga Rp 30 ribu sampai ratusan ribu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini