Sukses

Macam Anggrek di Indonesia Menurut Spesiesnya, Ketahui Persebarannya

Liputan6.com, Jakarta Macam anggrek di Indonesia terdiri dari beragam spesies. Sebagai tanaman hias yang dikenal dengan kecantikan warna dan bentuknya, macam anggrek selalu jadi buruan para kolektor. Anggrek dilambangkan sebagai simbol cinta, kemewahan, dan keindahan.

Di Indonesia ada banyak macam anggrek yang bisa ditemui. Macam anggrek ini bahkan bersifat endemik yang membuatnya begitu spesial. Menurut para ilmuwan, Indonesia adalah tempat ribuan macam anggrek hidup. Tercatat kurang lebih 5 ribu spesies anggrek merupakan spesies asli Indonesia.

Dari jumlah spesies tersebut, sekitar 986 spesies tersebar di hutan putau Jawa, 971 spesies berada di Sumatera, 113 spesies tumbuh di Maluku dan sisanya dapat ditemukan di Sutawesi, Papua, Nusa Tenggara dan Katimantan. Macam anggrek ini punya keistimewaan tersendiri.

Berikut macam anggrek di Indonesia menurut spesiesnya, dirangkum Liputan6.com dari Buku Anggrek Species Indonesia oleh Direktorat Perbenihan Hortikuttura, Kementerian Pertanian RI, Rabu(16/6/2021).

2 dari 8 halaman

Macam anggrek Dendrobium

Dendrobium merupakan genus anggrek yang terbanyak mempunyai jumlah speciesnya yaitu metebihi 1200 jenis tersebar mulai dari China, lndia, Thailand, Myanmar, Malaysia, Filipina,lndonesia, Papua nugini, Australia, New Zealand, Fiji, Samoa sampai Tahiti. Macam anggrek Dendrobium paling banyak tumbuh di daerah panas sehingga dikenal dengan tanaman panas (warm ptant) walaupun beberapa jenis mampu tumbuh pada daerah beriktim dingin.

Ciri khas dari anggrek Dendrobium adalah mempunyai tinggi batangsemu (pseudobutb) yang beragam dari mulai hanya beberapa cm sampai mencapai beberapa meter. Dari 121 group (genus dan seksi) paling banyak terdapat di daerah Papua nugini (32) diikuti lndonesia 29 dan Pasifik sebanyak 25.

3 dari 8 halaman

Anggrek Dendrobium di Indonesia

Berikut macam anggrek dendrobium yang ada di Indonesia

- Dendrobium affine (Decne) Steud

- Dendrobium anosmum Lindl.

- Dendrobium antennatum Lindl.

- Dendrobium bicaudatum Reinw. Ex Lindl.

- Dendrobium cannalicu latum. R. Brown

- Dendrobium caPra.J.J.Smith

- Dendrobium discolor Lindt

- Dendrobium gouldii Rchb.f.

- Dendrobium helix P.J.Cribb

- Dendrobium johannis Rchb.f

- Dendrobium lasianthera J.J.Smith

- Dendrobium leporinum J.J.Smith

- Dendrobium liniale Rolfe

- Dendrobium macrophyllum A. Rich.

- Dendrobium mirbelianum Gaudich

- Dendrobium nindii W.Hill

- Dendrobium schulleri J.J.Smith

- Dendrobium shiraishii Yukawa & Nishida

- Dendrobium stratiotes Rchb.f.

- Dendrobi um strebleoceras Rchb.f.

- Dendrobium sutiknoi P.O'Bryne

- Dendrobium striaenopsis

- Dendrobium tangerinum. P.J.Cribb

- Dendrobium violaceoflavens J.J.Sm.

4 dari 8 halaman

Macam anggrek Phalaenopsis

Anggrek Phalaenopsis termasuk macam anggrek yang fenomenal karena menguasai lebih dari 50% pangsa pasar perdagangan anggrek di dunia. Warna bunga anggrek jenis Phalaenopsis sangat beragam dari mulai warna putih, merah muda, kuning, coltat dan merah. Bentuk bunga terbagai menjadi dua tipe yaitu tipe amabitis berbentuk bulat dan stauroglottis berbentuk bintang dengan ketahanan bunga berkisar antara 2-3 bulan.

Berbagai jenis Anggrek Phalaenopsis species banyak ditemukan di beberapa daerah tersebar dari mulai lndonesia, lndia, Myanmar, Malaysia, Australia, Filipina, China dan Taiwan. Dari sebanyak 40 genus anggrek Phalaenopsis species, jenis yang paling populer adalah Phalaenopsis amabilis yang ditemukan pertamakati oleh orang Belanda bernama Blume pada tahun 1825.

5 dari 8 halaman

Anggrek Phalaenopsis di Indonesia

Berikut macam anggrek Phalaenopsis yang ada di Indonesia:

- Phalaenopsis amabitis'(L) Btume

- Phalaenopsis amboinensis J.J.Sm.

- Phalaenopsis bellina Rchb.f

- Phalaenopsis celebensis A. R. Sweet

- Phalaenopsis corningiana Rchb.f.

- Phalaenopsis cornu-cervi (Breda) Blume & Rchb.f.

- Phalaenopsis floresensis Fowlie

- Phalaenopsis fuscata Rchb.f.

- Phalaenopsis gigantea J.J.Sm

- Phalaenopsis javanica J.J.Smith

- Phalaenopsis maculata Rchb.f.

- Phalaenopsis modesta J.J.Smith.

- Phalaenopsis pulcherrima (Lindl.) J.J.Sm.

- Phalaenopsis sumatrana Korth & Rchb.f.

- Phalaenopsis tetraspis Rchb. f.

- Phalaenopsis violacea Witte

- Phalaenopsis venosa Shim & Fowlie

- Phalenopsis viridis

6 dari 8 halaman

Macam anggrek Vanda

Spesies anggrek vanda tersebar mulai di daerah lndonesia, lndia, Myanmar, Malaysia, Filipina dan China. Anggrek vanda merupakan tipe tumbuh monopodial dan pada satu batang terdapat beberapa daun tanaman. Batangnya mampu tumbuh mencapai panjang sampai 1 m dan umumnya mempunyai akar udara (root air) yang dapat menyerap hara dari udara. Bunga muncul dari cetah daun terbawah atau dua-tiga daun diatasnya.

Warna bunga bervariasi kombinasi dari kuning, merah muda, merah, ungu dan putih. Ukuran bunga mulai kecil sampai besar antara 5 - 15 cm dengan jumtah bunga pada satu tangkai mencapai 20 kuntum. Saat berbunga umumnya awal musim kemarau (April), pertengahan musim hujan (Desember) dan awal musim hujan (Oktober).

7 dari 8 halaman

Anggrek Vanda di Indonesia

Berikut macam anggrek Vanda yang ada di Indonesia:

- Vanda insignis Blume

- Vanda limbata Blume

- Papilionanthe hookeriana

- Vanda sumatrana

- Vanda tricolor Lindley.

8 dari 8 halaman

Spesies anggrek lainnya

Grammatophyllum scriptum Lindley

Macam anggrek ini termasuk tipe epifit dengan lebar bunga 5 cm. Tersebar di daerah Sutawesi,Flores, Papua dan Papua nugini. Panjang tandan bunga sampai 1,50 m, berisi 20-30 kuntum bunga. Pada satu tanaman dapat tumbuh 2 - 5 tangkai bunga.

Paphiopedilum glaucophy[1um J.J.5m

Macam anggrek ini memiliki bunga lebar sekitar 8 cm. Tersebar di daerah P Jawa. Tumbuh di daerah 450 - 800 m dpt. Ia merupakan tipe tanaman Saprofit.