Sukses

6 Manfaat Air Beras untuk Wajah dan Cara Pemakaiannya yang Benar

Manfaat air beras untuk wajah bisa kamu jadikan perawatan kecantikan kulit.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat air beras untuk wajah mungkin sudah diketahui oleh sebagian orang. Bahkan tidak sedikit yang telah menerapkannya untuk menjaga kecantikan. Bahkan, air beras ini juga digunakan sebagai bahan dasar produk kosmetik.

Hal ini tidak mengherankan karena air beras dikatakan mengandung vitamin dan mineral seperti asam amino, vitamin B dan vitamin E, serta mineral dan zat antioksidan. Ada juga kandungan gamma-oryzanol yang mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV.

Bahkan kebiasaan membersihkan muka dengan air beras sudah dilakukan oleh orang Jepang sejak zaman dulu. Kebiasaan tersebut menjadikan kulit orang Jepang menjadi mulus dan terawat.

Menggunakan air beras ini dapat menyembuhkan jerawat, menghilangkan bintik hitam, mengencangkan kulit, membuat pori-pori terlihat lebih kecil, serta menghilangkan bekas luka. Hal ini karena kandungan air beras berupa vitamin B1, vitamin E, vitamin C, serta mineral yang baik untuk perawatan kulit wajah.

Manfaat air beras untuk wajah bisa kamu jadikan perawatan kecantikan kulit. Jika selama ini kamu membuang air cucian beras karena dianggap kotor, mulai sekarang kamu bisa memanfaatkannya sebagai perawatan wajah yang baik. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (25/6/2021) tentang manfaat air beras untuk wajah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Air Beras untuk Wajah

Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat air beras untuk wajah yang pertama adalah dapat mencerahkan kulit. Hal ini berkat kandungan vitamin B dan vitamin E yang ada pada air beras. Tak heran jika air beras ini bisa membantu membuat kulit lebih cerah. Hal ini juga tak lepas dari kandungan gamma-oyzanol pada air beras yang juga berkhasiat untuk mencerahkan kulit wajah.

Tak hanya itu, rutin menggunakan air beras juga dapat membantu memudarkan noda hitam serta membuat warna kulit wajah lebih rata.

Mengatasi Jerawat

Manfaat air beras untuk wajah selanjutnya adalah untuk mengatasi jerawat. Pati yang terdapat dalam air beras diyakini mampu mengatasi jerawat. Selain itu, pati dalam air beras ini juga bermanfaat sebagai obat alami untuk mengatasi eksim atopik.

Sebagai Toner

Beras bisa jadi bahan pembuat toner wajah yang berfungsi untuk mengencangkan kulit dan membuatnya bersih. Hal ini karena air beras dapat mempertahankan lapisan sehat dari dampak buruk akibat kondisi lingkungan seperti polusi dan paparan matahari. Jadi, manfaat air beras untuk wajah ini bisa kamu terapkan di rumah.

3 dari 4 halaman

Manfaat Air Beras untuk Wajah

Eksfoliasi

Manfaat air beras untuk wajah berikutnya adalah sebagai eksfoliasi. Sel kulit mati yang membuat wajah terlihat kusam juga bisa diatasi dengan beras. Jadikan beras halus sebagai eksfoliator alami untuk meluruhkan sel kulit mati tanpa mengiritasinya.

Menghilangkan Bintik Hitam

Selain mencerahkan kulit, manfaat air beras untuk wajah juga bisa digunakan untuk menghilangkan bintik-bintik hitam. Kandungan vitamin E dalam air beras diyakini mampu memudarkan pigmentasi pada kulit, meski efektivitasnya masih perlu diteliti lebih lanjut.

Cegah Penuaan Dini

Manfaat air beras untuk wajah yang tak kalah menakjubkan ialah dapat membantu mencegah penuaan dini. Cucian air beras memiliki kandungan antioksidan, yang bisa membantu mencegah radikal bebas, yang bisa merusak kulit dan menimbulkan penuaan dini. Seperti yang sering ditandai dengan adanya kerutan, noda-noda hitam di wajah, serta elastisitas kulit yang berkurang. Kandungan vitamin E dalam air beras juga diketahui mampu menghambat proses penuaan dini.

4 dari 4 halaman

Cara Pemakaian Air Beras pada Wajah

Membuat Masker Air Beras

Bahan-bahan:

- 3 sdm beras

- 1 sdm susu

- 1 sdm madu

Cara membuat masker:

1. Mulailah dengan mencuci beras dengan air.

2. Setelah itu, masak beras dan biarkan mendidih selama 10 menit.

3. Setelah itu angkat dan saring airnya.

4. Tambahkan madu dan susu pada air beras.

5. Biarkan dingin dan terapkan campuran ini pada wajah hingga mengering.

Ulangi penggunaan masker alami ini seminggu sekali dan lihat hasilnya. Kulit menjadi lebih lembap, dan sehat.

 

Merendam Beras

Selain menggunakannya sebagai masker, kamu sebenarnya juga bisa menggunakan air rendaman beras saja. Merendam beras merupakan cara yang paling mudah untuk mendapatkan manfaat air beras untuk wajah.

Berikut cara membuat air beras untuk wajah:

1. Ambil ½ cangkir beras, Kemudian cuci hingga bersih.

2. Setelah itu, masukkan beras ke dalam mangkuk dan tambahkan 2-3 gelas air.

3. Diamkan selama 30 menit. Lalu saring air beras ke dalam mangkuk bersih.

4. Air beras siap untuk digunakan pada wajah.

 

Memasak Beras

Selain dengan merendamnya, kamu juga bisa memasak beras untuk mendapatkan air beras. Berikut cara memasak beras untuk mendapatkan airnya:

1. Masukkan ½ cangkir beras ke dalam panci.

2. Tambahkan air dua kali lipat dari takaran biasanya ketika kamu memasak nasi.

3. Saat nasi dan air mendidih, saring air beras ke dalam mangkuk yang bersih.

4. Dinginkan saringan air beras, kemudian gunakan pada wajah.

Manfaat air beras untuk wajah memang beragam. Namun, kamu harus tetap berhati-hati dalam menggunakannya, karena tidak semua jenis kulit cocok menggunakannya. Sebainya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit agar penggunaan air beras bisa berhasil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini