Sukses

15 Manfaat Kentang untuk Kesehatan, Kaya Serat dan Nutrisi

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kentang banyak digunakan sebagai pengganti nasi. Kentang relatif murah, mudah tumbuh dan dikemas dengan berbagai nutrisi. Manfaat kentang tak kalah baik dari sayur dan buah.

Manfaat kentang tak hanya sebagai karbohidrat sehat, melainkan mengandung vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Kentang kaya akan serat yang bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan. Manfaat kentang juga merupakan sumber antioksidan seperti flavonoid, karotenoid dan asam fenolik.

Manfaat kentang membantu menurunkan tekanan darah dan melindungi jantung dan bahkan mengobati peradangan. Manfaat kentang bisa didapat setiap hari sebagai sumber karbohidrat. Berikut manfaat kentang untuk kesehatan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (21/7/2021).

2 dari 6 halaman

Manfaat kentang untuk kesehatan

Kontrol gula darah

Kentang mengandung jenis pati khusus yang dikenal sebagai pati resisten. Pati ini bisa membantu mengurangi resistensi insulin, yang pada gilirannya, meningkatkan kontrol gula darah. Sebuah penelitian terhadap penderita diabetes tipe 2 menemukan bahwa mengonsumsi makanan dengan pati resisten membantu menghilangkan kelebihan gula darah dengan lebih baik setelah makan.

Kontrol tekanan darah

Kentang mengandung kalium, kalsium, dan magnesium yang membantu mengontrol tekanan darah. Mineral ini telah ditemukan mampu menurunkan tekanan darah secara alami. Tingginya kadar kalium dalam darah dapat membuat ginjal mengeluarkan lebih banyak garam dan air. Ini membantu menurunkan tekanan darah.

Sehatkan jantung

Manfaat kentang yang tak kalah hebat adalah menjaga kesehatan jantung. Kandungan serat, kalium, vitamin C, dan vitamin B6 dalam kentang, semuanya mendukung kesehatan jantung. Serat membantu menurunkan jumlah total kolesterol dalam darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung. Sementara asupan kalium mengurangi risiko semua penyebab kematian dan penyakit jantung.

3 dari 6 halaman

Manfaat kentang untuk kesehatan

Turunkan kolesterol

Kentang kaya akan serat yang membantu menurunkan kolesterol. Kandungan serat tertinggi pada kentang ada pada kulitnya. Jadi pastikan turut mengonsumsi kentang bersama kulitnya untuk mendapat manfaat kentang yang maksimal.

Sehatkan pencernaan

Pati resisten dalam kentang juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Ketika pati resisten mencapai usus besar, ia menjadi makanan bagi bakteri usus yang menguntungkan. Bakteri ini mencernanya dan mengubahnya menjadi asam lemak rantai pendek. Kandungan serat dalam kentang membantu mencegah sembelit dan meningkatkan keteraturan untuk saluran pencernaan yang sehat.

Sehatkan tulang

Manfaat kentang bisa membantu meningkatkan kekuatan tulang. Zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, dan seng dalam kentang semuanya membantu tubuh membangun dan mempertahankan struktur dan kekuatan tulang. Besi dan seng memainkan peran penting dalam produksi dan pematangan kolagen. Fosfor dan kalsium keduanya penting dalam struktur tulang.

4 dari 6 halaman

Manfaat kentang untuk kesehatan

Bebas gluten

Manfaat kentang baik bagi orang yang menghindari gluten. Kentang secara alami bebas gluten. Orang dengan penyakit celiac atau sensitivitas gluten non-celiac dapat mengalami ketidaknyamanan yang parah saat mengonsumsi makanan yang mengandung gluten. Ini membuat kentang bisa jadi pilihan baik bagi orang yang harus menghindari gluten.

Mengenyangkan

Selain bergizi, kentang juga sangat mengenyangkan. Makanan yang mengenyangkan dapat membantu mengatur atau menurunkan berat badan. Ini karena makanan seperti kentang membantu kenyang lebih lama dan lebih cepat. Beberapa bukti menunjukkan bahwa protein kentang tertentu, yang dikenal sebagai penghambat proteinase kentang 2 (PI2), dapat mengekang nafsu makan. Protein ini tampaknya meningkatkan pelepasan cholecystokinin (CCK), hormon yang meningkatkan perasaan kenyang.

Dukung metabolisme

Kentang adalah sumber vitamin B6 yang bagus. Ini memainkan peran penting dalam metabolisme energi, dengan memecah karbohidrat dan protein menjadi glukosa dan asam amino. Senyawa yang lebih kecil ini lebih mudah dimanfaatkan untuk energi di dalam tubuh.

5 dari 6 halaman

Manfaat kentang untuk kesehatan

Cegah peradangan

Kolin adalah nutrisi penting dan serbaguna yang ada dalam kentang. Kolin pada kentang juga meningkatkan gerakan otot, suasana hati, pembelajaran, dan memori. Antioksidan dalam kentang juga membantu mencegah tubuh dari kondisi peradangan.

Cegah kanker

Kentang mengandung folat yang berperan dalam sintesis dan perbaikan DNA. Ini mencegah banyak jenis sel kanker terbentuk karena mutasi pada DNA. Asupan serat dari kentang dikaitkan dengan penurunan risiko kanker kolorektal. Vitamin C dan quercetin juga berfungsi sebagai antioksidan, melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Sehatkan kulit

Kentang kaya akan vitamin C. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan untuk membantu mencegah kerusakan akibat sinar matahari, polusi, dan asap. Vitamin C juga membantu kolagen menghaluskan kerutan dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan.

6 dari 6 halaman

Manfaat kentang untuk kesehatan

Sehatkan otak

Manfaat kentang juga baik untuk otak. Kentang juga mengandung asam alfa lipoat, koenzim yang berkontribusi terhadap kesehatan otak. Kentang juga ditemukan untuk membantu dalam pengobatan depresi. Mereka dapat memengaruhi neurotransmiter di otak yang bertanggung jawab untuk mengelola tingkat suasana hati.

Bantu tidur nyenyak

Kalium dalam kentang bertindak sebagai pelemas otot. Ini bisa membantu tidur lebih nyenyak. Triptofan yang secara alami ditemukan dalam kentang juga menjadi obat penenang alami yang memastikan tidur nyenyak.

Redakan nyeri menstruasi

Menurut beberapa penelitian, jus kentang dapat membantu meringankan gejala sindrom pramenstruasi. Kandungan karbohidrat yang tinggi dari kentang, membantu meningkatkan kadar triptofan, yang selanjutnya meningkatkan produksi serotonin dalam tubuh.