Sukses

10 Tujuan Sekolah untuk Siswa, Bangun Karakter Diri

Sekolah merupakan tempat mendapatkan pendidikan yang baik dan tepat.

Liputan6.com, Jakarta Tujuan sekolah punya peran penting dalam membangun masyarakat yang maju. Sekolah merupakan tempat mendapatkan pendidikan yang baik dan tepat. Masyarakat dengan tingkat pendidikan yang lebih tinggi cenderung lebih sehat, memiliki tingkat stabilitas ekonomi yang lebih tinggi, kejahatan yang lebih rendah, dan kesetaraan yang lebih besar.

Tujuan sekolah bermanfaat bagi individu dan masyarakat secara luas. Di sekolah, siswa diberi akses ke ide-ide baru, termasuk sains dan bahasa, dan diberi kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang budaya dunia, geografi, dan sejarah. Ada banyak lagi tujuan sekolah bagi setiap individu.

Tujuan sekolah penting ditanamkan sejak dini bagi seorang anak. Dengan memahami tujuan sekolah, seseorang mampu menyerap pendidikannya dengan baik. Di Indonesia, tujuan sekolah bahkan menjadi salah satu cita-cita bangsa. Berikut tujuan sekolah sebagai sumber pendidikan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(26/07/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Tujuan sekolah

Mempelajari keterampilan dasar

Sekolah menyediakan lingkungan di mana seseorang bisa belajar banyak keterampilan dasar. Anak-anak semuda tiga tahun diajarkan cara membaca dan menulis di prasekolah mereka. Mereka mulai belajar alfabet, angka, dan bahkan memecahkan beberapa masalah aritmatika sederhana. Tujuan sekolah juga memberi kesempatan untuk melatih keterampilan menggambar, membangun, memecahkan masalah, dan kognitif.

Mendapatkan pengetahuan

Dunia memiliki banyak pengetahuan dan informasi. Di sekolah, siswa mempelajari berbagai mata pelajaran yang mencakup sejarah, biologi, seni, sastra, matematika, fisika, pendidikan jasmani, geografi, dan banyak lagi. Seseorang perlu tahu cara membaca, menulis, dan berhitung. Ini adalah topik inti yang membentuk fondasi pendidikan siswa.

3 dari 8 halaman

Tujuan sekolah

Mengembangkan bakat

Sekolah menjadi tempat untuk mengasah dan menguasai bakat dengan baik. Pendidikan memberi siswa ruang untuk melakukan bakat dan kemampuannya. Selain itu, siswa juga mungkin menemukan bakat baru, atau bidang minat baru dalam bidang studinya.

Membangun individu yang bijak sebagai warga negara

Seseorang pasti akan menjadi bagian dari komunitas dan membutuhkan keterampilan untuk eksis dalam masyarakat itu sebagai warga negara yang bijaksana. Di sinilah tujuan pendidikan berperan. Pnedidikan memberi pengajaran dan pembangunan karakter suatu individu menjadi manusia yang lebih bijak.

4 dari 8 halaman

Tujuan sekolah

Membangun harga diri dan kepercayaan diri

Salah satu tujuan sekolah yang penting dalam pembangunan karakter adalah membangun individu agar merasa percaya diri tentang kemampuan belajar mereka. Dengan cara ini, mereka tidak hanya memiliki pemahaman yang kuat tentang setiap mata pelajaran tetapi juga kepercayaan diri untuk menerapkan pengetahuan itu dalam kehidupan sehari-hari.

Kesiapan untuk bekerja

Banyak pelajaran yang diajarkan sekolah diperlukan untuk sukses di kehidupan masa depan siswanya. Sebagai orang dewasa, mereka harus bisa bekerja tepat waktu, berpakaian dan berperilaku pantas, dan menyelesaikan pekerjaan mereka tepat waktu.

5 dari 8 halaman

Tujuan sekolah

Mengajarkan cara hidup

Dalam pendidikan, individu tidak hanya mempelajari informasi dari mata pelajaran masing-masing, tetapi mereka juga mempelajari pelajaran kehidupan di dalam dan di luar kelas. Etiket kerja yang tepat harus diperkuat di kelas, siswa perlu belajar bagaimana menghadapi orang lain secara kooperatif, dan mereka harus belajar bagaimana memperoleh informasi yang mungkin mereka butuhkan di masa depan.

Sosialisasi

Manusia adalah makhluk sosial yang butuh orang di sekitar untuk bertahan hidup. Siswa dituntut untuk melalui banyak jenis tugas, diskusi, kursus, dan banyak lagi selama bersekolah. Oleh karena itu, mereka berakhir dengan keahlian sosialisasi yang baik. Sekolah, bahkan sekolah online, bisa menjadi cara yang bagus untuk membangun jaringan pertemanan dan komunitas yang berpikiran sama.

6 dari 8 halaman

Tujuan sekolah

Membangun kerja tim

Lingkungan sekolah menawarkan siswa kesempatan untuk belajar bekerja dengan orang lain, yang merupakan keterampilan "dunia nyata" yang sangat penting. Kegiatan ini juga dapat membantu belajar mengelola kepribadian yang sulit, menemukan jalan sebagai pemimpin, dan lebih memahami cara bekerja sebagai individu.

Pertumbuhan ekonomi

Ketika seluruh masyarakat terdidik, produktivitas meningkat, pendapatan rata-rata meningkat, dan pengangguran berkurang. Ini mengarah pada pertumbuhan ekonomi dan stabilitas masyarakat secara keseluruhan. Ini dimulai dengan pendidikan.

7 dari 8 halaman

Tujuan Pendidikan Nasional

Menurut Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3, tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Berikut penjelasan dari tujuan pendidikan nasional:

Menjadi Manusia yang Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

Iman dan takwa kepada Tuhan yang Maha Esa adalah faktor penting yang sangat berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia. Apalagi dalam Pancasila yang merupakan dasar negara, sila pertama juga berbunyi Ketuhanan yang Maha Esa. Dalam hal ini, pendidikan nasional harus mengedepankan pendidikan agama. Kualitas pendidikan agama yang akan membuat hubungan manusia dengan Tuhan-Nya dan sesama manusia juga akan membaik. Jika tujuan ini tercapai maka suatu bangsa akan memiliki calon penerus dengan sumber daya manusia yang baik.

Menjadi Manusia yang Berakhlak Mulia

Setiap individu memiliki sifat yang berbeda, dan perbedaan ini berpotensi menimbulkan konflik antar individu. Oleh karena itu, akhlak mulia adalah salah satu solusi untuk menghindari konflik antar individu. Membentuk manusia yang berakhlak mulia harus diterapkan pada pendidikan pada level terendah hingga tertinggi. Kehidupan berbangsa dan bernegara akan menjadi lebih baik dengan adanya akhlak mulia.

Menjadi Manusia yang Cakap

Hal ini sangat penting sebagai tolak ukur kualitas sumber daya manusia suatu bangsa. Selama atau setelah mengenyam pendidikan, sorang peserta didik harus memiliki suatu kecakapan tertentu. Cakap dalam menulis dan membaca merupakan keharusan peserta didik. Kedua kemampuaan tersebut tentunya dapat membuat seseorang memahami dan dapat menyampaikan apa yang dipelajarinya.

8 dari 8 halaman

Tujuan Pendidikan Nasional

Menjadi Manusia yang Kreatif

Tujuan Pendidikan ini harus diterapkan untuk menjadikan peserta didik memiliki kemempuan untuk menyelesaikan masalah dan membantu orang lain. Tentunya juga diharapkan seseorang dapat berkontribusi dalam memberikan solusi untuk berbagai masalah yang ada pada bangsa. Kreatifitas dapat diterapkan dalam lingkungan pendidikan, misalnya dengan pembelajaran yang menarik, diskusi kelompok maupun presentasi.

Menjadi Manusia yang Mandiri

Pada Tujuan Pendidikan ini diharapkan peserta didik mampu melakukan segala sesuatunya tanpa bantuan orang lain, sehingga nantinya jika dalam keadaan terdesak peserta didik mempu menyelesaikan masalahnya sendiri.

Menjadi Warga Negara yang Demokratis serta Bertanggung Jawab

Tujuan pendidikan ini juga dapat diterapkan dalam suasana pembelajaran, misalnya dengan diskusi tanya jawab dengan membahas berbagai topik. Itulah beberapa tujuan pendidikan nasional Bangsa Indonesia menurut Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.