Sukses

12 Macam Organisasi dan Contohnya, Pahami Tiap Klasifikasi

Organisasi punya banyak jenis sesuai kepentingannya.

Liputan6.com, Jakarta Macam organisasi punya banyak jenis sesuai kepentingannya. Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama. Macam organisasi bisa berbentuk asosiasi, amal, serikat pekerja, atau perusahaan.

Macam organisasi dapat dipahami sebagai sistem sosial yang terdiri dari semua hubungan manusia yang formal. Organisasi adalah proses yang berorientasi pada tujuan, yang bertujuan untuk mencapainya, melalui perencanaan dan koordinasi yang tepat antara kegiatan. Macam organisasi bisa bergantung pada prinsip pembagian kerja dan mengatur hubungan otoritas-tanggung jawab di antara anggota organisasi.

Macam organisasi bisa saja berupa sekelompok orang secara acak yang secara spontan berkumpul untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek. Macam organisasi secara keseluruhan dapat memiliki berbagai organisasi kecil di dalamnya, misalnya, berbagai departemen dan tim orang. Berikut macam organisasi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (31/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Macam organisasi berdasarkan ukuran

Organisasi Besar

Organisasi besar merupakan macam organisasi yang memiliki anggota sangat banyak. Terkadang anggota organisasi ini bahkan tidak dapat berinteraksi langsung. Meski begitu, sebagian besar anggota bisa dikumpulkan dalam suatu tempat dalam kurun waktu tertentu. Sebuah perusahaan harus mempekerjakan setidaknya 500 pekerja untuk diklasifikasikan sebagai besar. Contoh organisasi besar seperti partai politik, asosiasi olahraga, atau organisasi perusahaan.

Organisasi Sedang

Organisasi besar merupakan organisasi yang tidak terlalu besar namun juga tidak terlalu kecil. Anggota tetap cukup kecil, sehingga orang-orang penting dapat berinteraksi secara langsung dengan semua yang lain, Jumlah anggotanya paling banyak 100 orang. Contoh organisasi sedang seperti perkumpulan warga daerah tertentu di suatu kota, atau paguyuban buruh pasar.

Organisasi Kecil

Organisasi kecil adalah organisasi yang jumlah anggotanya paling banyak 30 orang. Dalam macam organisasi ini, anggotanya dapat berinteraksi dengan mudah satu sama lain. Contoh organisasi kecil adalah OSIS dan kelompok PMR.

3 dari 5 halaman

Macam organisasi berdasarkan proses pembentukan

Organisasi Formal

Organisasi formal adalah organisasi yang memiliki struktur yang jelas, pembagian tugas yang jelas, serta tujuan yang ditetapkan secara jelas. Macam organisasi ini memiliki struktur (bagan yang menggambarkan hubungan-hubungan kerja, kekuasaan, wewenang dan tanggung jawab antara pejabat dalam suatu organisasi). Organisasi formal biasanya ditetapkan secara tertulis, dengan bahasa aturan yang seolah-olah meninggalkan sedikit keleluasaan untuk interpretasi. Contoh organisasi formal adalah sekolah, perseroan terbatas, atau perusahaan.

Organisasi Non Formal

Organisasi non formal dapat berarti sebagai perkumpulan yang terbentuk secara spontan antara beberapa orang. Organisasi informal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang telibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari. Para anggota organisasi non formal memiliki pemikiran, perasaan, dan minat yang sama lalu menjadikannya sebagai tujuan bersama. Contoh macam organisasi ini adalah grup arisan, tim futsal, atau tim olahraga.

4 dari 5 halaman

Macam organisasi berdasarkan bentuknya

Organisasi Lini/garis (Line Organization)

Dalam organisasi lini/garis ini bawahan hanya mengenal satu atasan/pimpinan, sebagai sumber daripada kewenangan, yang memberikan perintah/instruksi. Bawahan hanya bertindak sebagai pelaksana, sekalipun para pelaksana tidak seluruhnya melaksanakan scara langsung tercapainya tujuan/tugas pokok organisasi. Macam organisasi ini terdapat pada organisasi militer.

Organisasi Lini/garis dan Staf (Line and Staff Organization)

Organisasi ini terdiri atas unit-unit lini/garis san unit-unit staf. Dalam organisasi ini telah dikemukakan bahwa yang dimaksud dengan lini (line) adalah orang-orang atau unit-unit secara langsung ikut serta melaksanakan tercapainya tugas pokok/tujuan organisasi. Organisasi lini dan staf adalah organisasi yang pada umumnya dipergunakan pada organisasi pemerintah.

Organisasi Fungsi (Functional Organization)

Macam organisasi ini tersusun atas dasar kegiatan dari tiap-tiap fungsi sesuai dengan kepentingan perusahaan, dimana tiap-tiap fungsi/kepentingan seolah-olah terpisah berdasarkan atas bidang keahliannya. Organisasi fungsi ini pada umumnya terdapat pada organisasi niaga.

Organisasi Panitia (Committe Organization)

Panitia adalah sekelompok orang-orang yang ditunjuk untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan khusus, yang tidak dapat diselesaikan sendiri oleh seseorang atau sebuah Dewan (banyak orang). Contoh dari organisasi panitia adalah panitia acara 17-an, atau panitia kegiatan lainnya.

5 dari 5 halaman

Macam organisasi berdasarkan tujuan

Organisasi Sosial

Organisasi sosial adalah perkumpulan sosial yang dibentuk oleh masyarakat, baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum. Organisasi sosial berfungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam pembangunan bangsa dan negara. Dalam sosiologi, organisasi sosial adalah pola hubungan antara dan di antara individu dan kelompok sosial. Contoh organisasi sosial di antaranya adalah karang taruna, LSM, panti asuhan, dan relawan bencana alam.

Organisasi Bisnis

Organisasi bisnis adalah suatu organisasi yang melakukan aktivitas ekonomi dan bertujuan untuk menghasilkan keuntungan (profit). Organisasi bisnis memperoleh sumber daya dari modal pemilik atau setoran pemilik. Organisasi semacam itu didasarkan pada sistem hukum yang mengatur kontrak dan pertukaran, hak milik, dan pendirian. Perusahaan bisnis biasanya mengambil salah satu dari tiga bentuk: kepemilikan individu, kemitraan, atau perseroan terbatas (atau korporasi). Contoh organisasi bisnis adalah perseroan, firma, CV, dan PT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini