Sukses

16 Cara Mengecilkan Paha dan Betis dalam Waktu Satu Minggu, Efektif dan Mudah Dipraktikkan

Cara mengecilkan paha dan betis dilakukan untuk mengoptimalkan perkembangan otot dan mengurangi penumpukan jaringan lemak adiposa di bawah kaki.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengecilkan paha dan betis dalam waktu satu minggu bisa dilakukan dengan olahraga sederhana, kardio, dan memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Paha dan betis yang kecil adalah dambaan banyak pria dan wanita. Memilikinya seolah membuat aura lebih memesona.

Faktor penyebab paha dan betis besar adalah otot yang tidak berkembang optimal dan ada penumpukan jaringan lemak adiposa di bawah kaki. Latihan gerakan kardio sebagai cara mengecilkan paha dan betis dalam waktu satu minggu dapat membantu melepaskan lapisan ekstra lemak yang ada pada bagian bawah tubuh.

Nah, untuk olahraga sederhana yang bisa dijadikan cara mengecilkan paha dan betis dalam waktu satu minggu banyak pilihannya. Mulai dari bersepeda, jogging, berenang, yoga, naik turun tangga, lompat tali, jalan kaki, push-up, dan lain-lain. Lakukan cara mengecilkan paha dan betis dalam waktu satu minggu sesuai kemampuan diri, ya!

Berikut Liputan6.com ulas cara mengecilkan paha dan betis dalam waktu satu minggu dari berbagai sumber, Rabu (4/8/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Paha dan Betis dalam Waktu Satu Minggu

1. Cara Mengecilkan Paha dan Betis dengan Gerakan Kardio

Rekomendasi cara mengecilkan paha dan betis adalah latihan gerakan kardio. Latihan gerakan kardio sebagai cara mengecilkan paha dan betis dapat membantu melepaskan lapisan ekstra lemak yang ada pada bagian bawah tubuh.

Anda dapat melakukan cara mengecilkan paha dan betis ini sebanyak lima hingga tujuh kali dalam seminggu selama 30 sampai 60 menit tiap sesi. Untuk mendapatkan tampilan kaki yang lebih ramping, Anda bisa melakukan gerakan khusus untuk melatih paha dalam dan luar, paha belakang, dan pantat.

2. Cara Mengecilkan Paha dan Betis dengan Angkat Tumit Sambil Lunges

Untuk melakukan gerakan mengecilkan betis yang satu ini, Anda dapat menggunakan bantuan dumbel.

Cara mengecilkan paha dan betis, genggam dumbbell di depan wajah dengan kedua tangan membentuk siku-siku. Selanjutnya, lakukan lunges atau posisi berdiri rendah dengan membuat jarak antara kaki kiri dan kanan.

Setelah itu, cara mengecilkan paha dan betis adalah arahkan lutut kiri Anda ke lantai. Pastikan bahu telapak kaki kiri bertumpu pada lantai dan tumit kiri terangkat ke udara. Adapun kaki kanan dalam posisi siku-siku.

Angkat tumit kanan dan fokuskan betis Anda yang bekerja. Tahan sejenak, lalu turunkan. Selama melakukan cara mengecilkan paha dan betis ini, usahakan untuk mempertahankan keseimbangan tubuh.

Gerakan cara mengecilkan paha dan betis ini bisa dilakukan sebanyak 3 set, saling bertukar posisi kaki dan masing-masing 10 kali pengulangan.

3. Cara Mengecilkan Paha dan Betis dengan Jinjit di Anak Tangga

Gerakan cara mengecilkan paha dan betis yang satu ini terbilang cukup simpel, namun efektif. Anda bisa melakukannya dengan bantuan anak tangga terbawah, maupun properti yang dapat diinjak dan memiliki ketinggian sekitar 10 centimeter. 

Awali cara mengecilkan paha dan betis dengan berdiri tegak lurus sambil meletakan tangan di pinggang. Letakkan bahu telapak kaki Anda di tepi tangga, dan tumit di udara. Jinjit dan angkat tubuh Anda ke atas, tahan sejenak, lalu turunkan.

Lakukan cara mengecilkan paha dan betis dengan fokus, dan pastikan otot betis Anda yang bekerja. Anda akan merasakan sensasi tegang pada bagian depan tulang kering.

Untuk hasil yang optimal, gerakan mengecilkan betis ini perlu dilakukan sebanyak 3 set, dengan masing-masing 20 kali pengulangan.

4. Cara Mengecilkan Paha dan Betis dengan Jinjit Sambil Mengangkat Dumbell

Untuk melakukan cara mengecilkan paha dan betis ini, Anda bisa menyiapkan alat beban seperti dumbel atau kettlebell.

Cara mengecilkan paha dan betis, berdiri tegak dengan posisi kaki selebar bahu. Rentangkan tangan Anda ke bawah dengan bahu relaks sambil menggenggam dumbbell pada sisi kiri maupun kanan.

Lakukan gerakan jinjit dengan mengangkat tumit ke atas, tahan sejenak, lalu turunkan. Ketika jinjit, pastikan otot betis Anda yang bekerja. Lakukan cara mengecilkan paha dan betis ini sebanyak 3 set, dengan masing-masing 15 kali pengulangan.

3 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Paha dan Betis dalam Waktu Satu Minggu

5. Cara Mengecilkan Paha dan Betis dengan Naik Turun Tangga

Jika ingin memiliki paha dan betis yang bagus, maka mulailah memanfaatkan tangga daripada menggunakan lift atau eskalator saat ingin pergi dari satu lantai ke lantai lainnya. Cara mengecilkan paha dan betis satu ini tidak kalah efektif dibandingkan dengan cara lainnya.

Naik turun tangga sebagai cara mengecilkan paha dan betis, secara tidak langsung tubuh melakukan gerakan pembakaran kalori pada kedua kaki, sehingga dapat mengecilkan bentuk kaki yang semula lebar. Bukan hanya betis yang akan menjadi bagus, tapi kesehatan paru-paru pun akan semakin membaik.

6. Cara Mengecilkan Paha dan Betis dengan Squat

Cara mengecilkan paha dan betis selanjutnya adalah dengan melakukan squat. Squat merupakan salah satu latihan terbaik yang dapat membantu menghilangkan lemak berlebih di paha dan betis. Latihan ini cukup mudah dan bisa Anda lakukan di mana saja termasuk di dalam rumah.

Lakukan cara mengecilkan paha dan betis di mulai dengan berdiri dengan tegak dan kedua kaki dibuka dengan lebar, lalu posisikan kedua tangan di pinggang serta lutut ditekuk. Tahan hingga beberapa detik. Lakukan latihan ini secara rutin setiap harinya untuk mendapatkan hasil maksimal.

7. Cara Mengecilkan Paha dan Betis dengan Lompat Tali

Melakukan olahraga lompat tali bisa menjadi salah satu cara mengecilkan paha dan betis. Meski terdengar cukup sederhana untuk dilakukan, lompat tali secara efektif dapat mengurangi berat badan termasuk mengecilkan betis dan paha.

Lakukanlah cara mengecilkan paha dan betis ini sekitar 20 menit setiap hari. Olahraga satu ini tentunya mudah dilakukan di mana saja dan kapan saja. Anda tidak butuh tempat yang luas, dan tidak terlalu menghabiskan waktu.

8. Cara Mengecilkan Paha dan Betis dengan Jalan Kaki

Cara mengecilkan paha dan betis adalah dengan rutin jalan kaki. Berjalan kaki secara rutin selama minimal 30 menit dalam sehari dapat membantu mengecilkan betis dan juga paha. Tidak hanya itu, berjalan kaki setiap hari akan membuatmu tampak lebih segar. Jalan kaki merupakan cara mengecilkan paha dan betis paling efektif.

4 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Paha dan Betis dalam Waktu Satu Minggu

9. Cara Mengecilkan Paha dan Betis dengan Calf Raises

Cara mengecilkan paha dan betis bisa dengan menerapkan gerakan calf raises. Untuk melakukan gerakan ini yang pertama harus dilakukan adalah berdiri tegak dan kaki dalam keadaan rapat.

Kemudian cara mengecilkan paha dan betis, angkat badan ke atas dengan tumit sedikit terangkat seperti balet gunakan ujung kaki sebagai pusat berat badan. Tahan gerakan ini hingga beberapa detik, kemudian turunkan kembali. Lakukan gerakan ini beberapa kali secara rutin setiap hari.

10. Cara Mengecilkan Paha dan Betis dengan Jogging

Jogging merupakan salah satu cara mengecilkan paha dan betis. Ketika jogging, kaki akan terus bergerak secara stabil sehingga dapat membakar lemak pada betis secara efektif. Lakukan cara mengecilkan paha dan betis dengan jogging secara rutin selama 30 menit. Selain paha dan betis bakal menjadi lebih kecil, jogging juga membuat tubuh semakin sehat.

11. Cara Mengecilkan Paha dan Betis dengan Bersepeda

Bersepeda merupakan cara mengecilkan paha dan betis yang bisa dicoba. Tidak hanya membakar lemak di betis saja, namun juga di seluruh badan. Selain itu, cara mengecilkan paha dan betis ini tentunya membuat pikiran lebih tenang dengan melihat pemandangan dan udara segar. Anda bisa melakukannya di pagi hari maupun sore hari agar lebih menyenangkan.

12. Cara Mengecilkan Paha dan Betis dengan Yoga

Cara mengecilkan paha dan betis selanjutnya dengan melakukan yoga. Selain untuk meditasi, beberapa gerakan yoga memang dapat membantu mengecilkan betis dan paha, yaitu gerakan warrior pose dan anantasana.

Warrior pose sangatlah mudah untuk dilakukan sebagai cara mengecilkan paha dan betis. Lakukan cara mengecilkan paha dan betis dengan membuka lebar-lebar kedua kakimu, dimana salah satu kaki harus ditekuk, kemudian yang satunya diluruskan ke belakang.

Sementara itu, posisikan tangan merentang sejajar dengan kedua kakimu. Tahan cara mengecilkan paha dan betis selama satu menit, kemudian ganti kaki yang ditengkuk. Lakukan berulang-ulang sampai delapan kali hitungan.

Sedangkan gerakan Anatasana juga tidak sulit untuk dilakukan. Cara mengecilkan paha dan betis, rebahkan tubuh dalam posisi miring, kemudian kaki kanan diangkat ke atas dan digapai oleh tangan kanan, tahan selama satu menit lalu turunkan. Lakukan berulang-ulang hingga delapan kali hitungan, kemudian ganti kaki kiri.

5 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Paha dan Betis dalam Waktu Satu Minggu

13. Cara Mengecilkan Paha dan Betis dengan Konsumsi Makanan Sehat

Cara mengecilkan paha dan betis adalah dengan menjaga pola makan sehat. Sebaiknya mulailah mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat, gula, dan makanan yang digoreng.

Cara mengecilkan paha dan betis ini bisa di mulai dengan mengonsumsi makanan sehat yang rendah lemak dengan memperbanyak konsumsi gandum, telur, susu rendah lemak, sayuran, unggas, ikan, daging tanpa lemak, dan lemak sehat, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun, dan buah-buahan, seperti alpukat.

Jadi, selain melakukan olahraga ringan, Anda juga harus memperhatikan pola makan sehat agar paha dan betis lebih cepat mengecil.

14. Cara Mengecilkan Paha dan Betis dengan Tangan di Bawah Kaki

Gerakan tangan di bawah kaki ini sangatlah mudah. Cara mengecilkan paha dan betis, cukup berdiri tegak dengan kedua kaki lurus berdampingan. Selanjutnya, bawa tubuh bagian atas ke bawah, tepatnya ke posisi kedua kaki seperti saat akan mengambil sesuatu yang jatuh.

Taruh tangan di bawah kaki dan hadapkan kepala ke belakang. Pertahankan gerakan ini hingga Anda merasakan timbulnya sensasi otot kaki tertarik. Lakukan secara rutin sebagai cara mengecilkan paha dan betis yang besar karena timbunan lemak.

15. Cara Mengecilkan Paha dan Betis dengan Wall Push-Up

Wall Push-up merupakan alternatif cara mengecilkan paha dan betis yang besar. Sesuai namanya, wall push-up dilakukan persis seperti push-up pada umumnya namun menggunakan tembok sebagai alasnya. Gerakan ini bisa dilakukan dengan meletakkan satu kaki sekitar 30 cm dari tembok dan kaki yang satunya berada di belakang sejauh mungkin dari kaki depan.

Lalu, cara mengecilkan paha dan betis lakukan untuk kedua telapak tangan menempel pada tembok, dan kaki depan ditekuk sampai kaki bagian belakang lurus sempurna.

Dalam mengatur posisi wall push-up, pastikan kaki yang berada di belakang bertumpu pada tumit, bukan ujung kaki sehingga kaki dapat lurus kebelakang. Tahan posisi tersebut sekitar 15 sampai 30 detik sebelum mengganti posisi kaki. Saat wall push-up dilakukan, pastikan Anda merasakan adanya tarikan pada otot kaki terutama di bagian belakang lutut.

16. Cara Mengecilkan Paha dan Betis dengan Berenang

Cara mengecilkan paha dan betis terakhir adalah dengan berenang. Olahraga renang dapat melatih seluruh otot tubuh, mulai dari kaki, betis, paha, hingga perut, dan lengan. Tidak hanya mengecilkan paha, tubuh pun akan semakin kencang. Olahraga renang dapat dilakukan minimal satu kali dalam seminggu. Semakin rutin melakukan olahraga renang, maka akan semakin cepat mendapatkan hasil yang maksimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini