Sukses

8 Macam Sumber Daya Alam dan Contohnya, Ketahui Potensinya

Aumber daya alam digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Liputan6.com, Jakarta Macam sumber daya alam merupakan sumber dari bumi yang digunakan untuk menunjang kehidupan. Sumber daya alam dapat didefinisikan sebagai sumber daya yang ada di bumi terlepas dari tindakan manusia. Macam sumber daya alam diklasifikasikan menjadi beberapa kelompok.

Macam sumber daya alam juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Macam sumber daya alam terjadi secara alami, yang berarti bahwa manusia tidak dapat membuat sumber daya alam. Sebaliknya, manusia menggunakan dan memodifikasi sumber daya alam dengan cara yang bermanfaat.

Ada beberapa cara untuk mengklasifikasikan macam sumber daya alam, termasuk dari sifat dan apakah dapat diperbarui atau tidak. Setiap tempat di Bumi memiliki macam sumber daya alam yang unik. Berikut macam sumber daya alam yang ada di bumi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (6/8/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian sumber daya alam

Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang terdapat di alam dan dapat dimanfaatkan oleh manusia. Macam sumber daya alam ditemukan di lingkungan dan dikembangkan tanpa campur tangan manusia. Sumber daya alam adalah setiap bahan, zat, atau organisme yang ditemukan di alam yang berguna bagi manusia.

Sumber daya alam adalah bahan alami yang berguna bagi manusia atau dapat berguna dalam keadaan teknologi, ekonomi atau sosial. Sumber daya alam bumi meliputi cahaya, udara, air, tumbuhan, hewan, tanah, batu, mineral , dan bahan bakar fosil.

Sebagian besar sumber daya alam tidak didistribusikan secara merata di seluruh Bumi. Misalnya, beberapa daerah memiliki air yang melimpah, sedangkan tempat lain mungkin gersang atau rawan kekeringan. Negara yang kaya akan sumber daya alam memiliki keuntungan ekonomi karena mereka dapat menjual sumber daya tersebut ke negara lain.

3 dari 5 halaman

Macam sumber daya alam menurut sifat ketersediaan

Sumber daya alam yang dapat diperbarui

Sumber daya alam yang dapat diperbarui atau terbarukan adalah sumber daya yang memiliki data regenerasi atau pulih kembali. Sumber daya alam yang dapat diperbarui jika digunakan, akan n dapat diganti atau diperbaharui. Contoh dari macam sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah hewan, tumbuhan, mikroba, air dan tanah.

Sebagian besar sumber daya terbarukan organik — tanaman, hewan, dan produk serta limbah terkait — dapat terurai secara hayati. Misalnya hutan, apabila diambil hasil hutannya, akan dapat pulih kembali bila dipelihara (ditanami kembali atau dipelihara tumbuhannya).

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah macam sumber daya alam yang persediaannya sangat terbatas dan tidak dapat digantikan. Apabila dapat diganti, memerlukan waktu yang sangat panjang dan tidak persis sama dengan yang ada saat ini. Ini berarti bahwa mereka ada dalam jumlah yang tetap di Bumi.

Batuan, mineral, logam, uranium , dan bahan bakar fosil seperti minyak bumi, batu bara, dan gas alam semuanya merupakan sumber daya yang tidak dapat diperbarui. Sumber daya ini membutuhkan waktu ribuan atau jutaan tahun untuk terbentuk. Mereka dianggap tidak terbarukan karena orang menggunakannya lebih cepat daripada yang bisa mereka bentuk.

Sumber daya alam kekal

Sumber daya alam kekal adalah macam sumber daya alam yang tak akan habis, karena selalu tersedia, dapat diperoleh sebanyak-banyaknya dan dapat diambil dengan berbagai cara. Sumber daya alam ini juga disebut dengan sumber daya alam yang tak habis. COntoh dari macam sumber daya alam kekal adalah energi sinar matahari, angin, ombak, arus laut, oksigen, dan air.

4 dari 5 halaman

Macam sumber daya alam menurut potensi

Sumber daya alam materi

Sumber daya alam materi merupakan macam sumber daya alam yang dimanfaatkan dalam bentuk fisiknya. Contoh dari sumber daya alam materi adalah besi, emas, kayu, kaca, dan serat kapas.

Sumber daya alam energi

Sumber daya alam energi adalah sumber daya alam yang dimanfaatkan sebagai sumber energi. Misalnya batu bara, minyak bumi, gas bumi, air terjun, sinar matahari, energi pasang surut air laut, dan kincir angin.

Sumber daya alam ruang

Sumber daya alam ruang merupakan macam sumber daya alam yang berupa ruang atau tempat hidup. Contoh sumber daya alam ruang adalah area daratan, lautan, hutan, dan gurun.

5 dari 5 halaman

Macam sumber daya alam menurut jenis

Sumber daya alam nonhayati (abiotik)

Sumber daya alam nonhayati adalah macam sumber daya alam yang bukan berasal dari makhluk hidup. Sumber daya alam nonhayati disebut juga sumber daya alam fisik, yaitu sumber daya alam yang berupa benda-benda mati. Sumber daya abiotik biasanya diperoleh dari litosfer, atmosfer, dan hidrosfer.

Contoh macam sumber daya alam nonhayati (abiotik) adalah tanah, air, udara, dan sinar matahari. Sumber daya ini juga termasuk bahan bakar fosil, bijih dan bahan baku mineral lainnya, mineral konstruksi seperti pasir, kerikil, dan batuan, dan mineral industri seperti pasir silika dan kalium.

Sumber daya alam hayati (biotik)

Sumber daya alam hayati (biotik) adalah macam sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup. Sumber daya biotik adalah sumber daya atau zat yang berasal dari biosfer seperti makhluk hidup dan dari hutan serta bahan-bahan yang berasal darinya.

Sumber daya biotik meliputi hutan dan semua hasil hutan, tanaman, burung, hewan, ikan, dan bentuk kehidupan laut lainnya. Bahan bakar mineral juga dapat dianggap sebagai sumber daya biotik karena berasal dari atau produk yang terbentuk dari bahan organik yang membusuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini