Sukses

15 Penyebab Telat Haid 3 Bulan Selain Hamil, Perhatikan Batas Normalnya

Penyebab telat haid 3 bulan selain hamil yang sering diremehkan wanita ini wajib diketahui.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab telat haid 3 bulan selain hamil berkaitan dengan kesehatan reproduksi yang bermasalah, ketidakseimbangan hormon, dan penyakit kronis tertentu. Bahkan beberapa kondisi membuat seorang wanita tak mendapat menstruasi sama sekali. Ini jelas berbahaya!

Menstruasi atau haid yang dialami wanita adalah proses peluruhan dinding sel telur setiap 7 hingga 15 hari setiap bulannya. Bagi wanita yang tidak mengalami menstruasi berarti ada proses pembuahan. Pembuahan ini dilakukan oleh sel sperma sehingga tidak menyebabkan peluruhan atau menjadi penyebab telat haid 3 bulan paling umum. 

Perhatikan baik-baik masalah penyebab telat haid 3 bulan selain hamil. Setiap wanita memiliki batas telat haid yang berbeda-beda karena siklusnya bisa beragam mulai dari 21-35 hari. Umumnya, siklus menstruasi berlangsung selama 28 hari.

Namun jika ada banyak perubahan pada siklus menstruasi, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter. Berikut Liputan6.com ulas penyebab telat haid 3 bulan selain hamil dari berbagai sumber, Rabu (11/8/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab Telat Haid 3 Bulan Selain Hamil

1. Masalah Tiroid

Mengalami masalah tiroid juga menjadi penyebab telat haid 3 bulan selain hamil. Terutama pada kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif bekerja. Kondisi ini bisa mengganggu siklus menstruasi karena tiroid-lah yang mengatur metabolisme tubuh. Metabolisme yang terganggu akan semakin memperparah penyebab telat haid 3 bulan selain hamil.

2. Fibroid Rahim

Fibroid rahim juga termasuk penyebab telat haid 3 bulan selain hamil. Kondisi ketika tumor berotot sudah berkembang pada dinding rahim. Fibroid yang menjadi penyebab telat haid 3 bulan selain hamil ini bersifat non-kanker dan memiliki ukuran sekecil biji apel hingga sebesar jeruk bali. Selain keterlambatan, fibroid bisa membuat menstruasi terasa lebih berat. Cukup menyakitkan dan menyebabkan anemia.

3. Alat Kontrasepsi

Alat kontrasepsi ketika menjalakan KB dapat menjadi penyebab telat haid 3 bulan selain hamil. Hal ini disebabkan karena pil KB mengandung hormon estrogen dan progestin. Hormon penyebab telat haid 3 bulan selain hamil inilah yang dapat mencegah ovarium melepaskan sel telur. Setelah melakukan KB, sebagian wanita akan mengalami haid teratur lagi setelah enam bulan kemudian. Hal ini berlaku juga untuk program KB yang ditanam dan disuntikkan.

4. Penyakit Kronis

Penyakit kronis bisa menjadi salah satu penyebab telat haid 3 bulan selain hamil. Penyakit diabetes dapat membuat gula darah tidak stabil. Gula darah yang tidak stabil dapat menyebabkan terjadinya perubahan hormon. Hingga membuat siklus menstruasi terganggu bahkan terlambat sampai tiga bulan.

Penyakit celiac juga dapat memengaruhinya karena gangguan penyerapan nutrisi. Gangguan ini akan menyebabkan peradangan hingga kerusakan usus kecil. Kondisi inilah yang nantinya membuat wanita bermasalah dengan menstruasi hingga mengalami diare dan dehidrasi.

5. Menopause

Menopause adalah penyebab telat haid 3 bulan selain hamil. Kondisi ini akan dialami wanita dengan rentan usia 45 hingga 55 tahun. Ada juga wanita yang mengalaminya pada usia 40 tahun atau kurang dari usia tersebut. Kondisi seperti ini disebut dengan menopause dini. Tidak hanya penyebab telat haid 3 bulan selain hamil, tetapi juga tanda pelepasan sel telur terhenti.

3 dari 4 halaman

Penyebab Telat Haid 3 Bulan Selain Hamil

6. Kurus

Memiliki berat badan yang cukup rendah/kurus menjadi penyebab telat haid 3 bulan selain hamil. Sebab, berat badan yang rendah sudah pasti dipengaruhi oleh adanya gangguan nafsu makan. Penyebab telat haid 3 bulan selain hamil ini disebut dengan istilah anoreksia nervosa. Namun, gangguan makan ini memiliki pengaruh besar terhadap keterlambatan menstruasi.

Tidak mendapat cukup asupan kalori dapat mengganggu produksi hormon untuk ovulasi. Sehingga benar saja akan menjadi penyebab telat haid 3 bulan selain hamil. Indeks massa tubuh wanita yang memiliki berat banda rendah pasti kurang dari 18.5. Agar bisa segera mendapat menstruasi, atur pola makan lebih teratur. Hilangkan juga gangguan makan ini dengan konsultasi ke dokter.

7. Hormon Prolaktin

Memiliki hormon prolaktin yang berlebihan bisa menjadi penyebab telat haid 3 bulan selain hamil. Hormon ini biasanya dihasilkan pada kelenjar pituitari. Hormon penyebab telat haid 3 bulan selain hamil biasanya meningkat saat sedang menyusui.

Namun, kelebihan hormon ini juga bisa menjadi tanda penyakit ginjal dan tumor kelenjar pituitari di otak. Bahkan, hormon penyebab telat haid 3 bulan selain hamil ini juga dapat memengaruhi kinerja hormon estrogen dan progesteron. Hingga kondisi ini menyebabkan adanya keterlambatan menstruasi.

8. Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

Penyebab telat haid 3 bulan selain hamil selanjutnya adalah Sindrom ovarium polikistik atau Polycystic ovary syndrome (PCOS). Kondisi ketika wanita memroduksi lebih banyak hormon androgen pria. Wanita ini tidak akan mengalami ovulasi dan tidak melepaskan sel telur setiap bulan. Selain menstruasi yang tidak teratur, penyebab telat haid 3 bulan selain hamil ini akan ditandai dengan obesitas, jerawat, dan pertumbuhan rambut berlebih.

Kadar hormon seks, androgen, atau testosteron wanita ini sangat tinggi. Penyebab telat haid 3 bulan selain hamil seperti ini bahkan bisa menyerang anak perempuan usia 11 tahun. Menurut sebuah penelitian, PCOS mempengaruhi antara 10 persen dan 20 wanita usia reproduksi atau 5 juta wanita Amerika.

9. Obesitas

Tidak hanya berat badan rendah tetapi juga berat badan yang berlebihan/obesitas. Penyebab telat haid 3 bulan selain hamil ini akan membahayakan kesehatan juga. Wanita yang memiliki berat badan berlebihan akan mengalami perubahan hormon. Perubahan hormon inilah yang kemudian membuat menstruasi terlambat. Indesk massa tubuh wanita obesitas, yakni 25-30 yang akan mengalami keterlambatan ini.

Hormon penyebab telat haid 3 bulan selain hamil yang dimaksud adalah insulin. Hormon insulin akan berubah kadarnya dan berakibat pada menstruasi yang terganggu. Penyebab telat haid 3 bulan selain hamil ini juga bisa berarti ada kondisi kesehatan lain. Misalnya saja seperti PCOS dan hipotiroidisme yang juga dipengaruhi obesitas.

10. Obat

Ada beberapa obat yang sebenarnya akan menjadi penyebab telat haid 3 bulan selain hamil. Namun, banyak wanita yang belum mengetahui hingga keterlambatan menstruasi ini terjadi. Obat-obatan penyebab telat haid 3 bulan selain hamil meliputi antidepresan, antipsikotik, obat tiroid, antikonvulsan, dan obat kemoterapi. Jadi, lebih baik konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mulai mengonsumsinya. Agar dokter juga bisa mengganti obat lain yang tidak mengganggu menstruasi.

 

4 dari 4 halaman

Penyebab Telat Haid 3 Bulan Selain Hamil

11. Merokok

Merokok bukanlah kebiasaan yang sehat. Selain dapat mengganggu kehamilan, rokok juga dapat menjadi penyebab telat haid 3 bulan selain hamil. Hal ini berkaitan erat dengan zat-zat berbahaya di dalamnya. Misalnya saja seperti nikotin.

Nikotin dapat memengaruhi hormon estrogen dan progesteron, ini menjadi penyebab telat haid 3 bulan selain hamil. Jadi, tidak heran jika pengaruhnya dapat mengganggu dan menyebabkan keterlambatan menstruasi.

12. Stres

Stres bisa menjadi penyebab telat haid 3 bulan selain hamil. Hal ini disebabkan karena stres memengaruhi perubahan hormon dan hipotalamus. Hipotalamuslah merupakan bagian otak yang bertanggung jawab mengatur siklus menstruasi. Selain menstruasi yang terlambat, penyebab telat haid 3 bulan selain hamil ini bisa menjadi penyebab turun atau naiknya berat badan secara drastis.

Jika merasa sedang stres kemudian menstruasi terlambat, coba lakukan meditasi agar penyebab telat haid 3 bulan selain hamil bisa teratasi. Tenangkan diri, ubah gaya hidup, dan hilangkan penyebab stres ini. Dukung juga dengan pola hidup sehat seperti mengonsumsi banyak buah dan sayur. Mulai berolahraga dan tidur cukup.

13. Siklus Menstruasi Abnormal

Bila terjadi pola menstruasi yang berubah secara tiba-tiba, dianjurkan untuk segera berkonsultasi ke dokter. Hal ini ditandai dengan waktu menstruasi lebih lama, volume darah yang keluar lebih banyak dari biasanya, atau perdarahan setelah berhubungan seksual. Penyebab telat haid 3 bulan selain hamil bisa saja menjadi tanda-tanda polip serviks, polip endometrium, kondisi prakanker (hiperplasia endometrium), atau bahkan kanker endometrium.

14. Olahraga Berlebihan

Penyebab telat haid 3 bulan selain hamil selanjutnya adalah olahraga berlebih. Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan oleh siapa saja. Tetapi olahraga yang tidak sesuai dengan porsinya, dapat menyebabkan gangguan hormonal yang berdampak pada siklus menstruasi tidak teratur.

Kehilangan cadangan lemak dalam jumlah besar secara tiba-tiba juga dapat membuat tubuh kekurangan energi untuk menghasilkan hormon estrogen dan progesteron yang mengatur haid. Sehingga menjadi penyebab telat haid 3 bulan selain hamil atau bahkan tidak haid sama sekali bisa saja terjadi.

15. Kehamilan

penyebab telat haid 3 bulan terakhir adalah karena kehamilan. Kehamilan manusia terjadi selama 40 minggu antara waktu menstruasi terakhir dan kelahiran (38 minggu dari pembuahan). Saat terjadinya kehamilan, dinding rahim tidak akan diluruhkan dan haid tidak akan terjadi. Hal ini pula yang mendasari tidak adanya haid pada ibu hamil.

Jika Anda aktif secara seksual dan tidak menggunakan alat kontrasepsi, hamil merupakan hal pertama yang harus dipikirkan. Untuk mengonfirmasi, lakukanlah pemeriksaan kehamilan dengan menggunakan test pack dan berkonsultasi kepada bidan atau dokter spesialis kandungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.