Sukses

Cara Membuat Tas dari Tali Kur Motif Sederhana, Mudah dan Cocok bagi Pemula

Cara membuat tas dari tali kur cocok dipraktikkan di rumah, walaupun kamu belum pernah mencobanya.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat tas dari tali kur cocok dipraktikkan di rumah, walaupun kamu belum pernah mencobanya. Meskipun terlihat rumit, sebenarnya jika kamu telaten mengikuti langkah-langkahnya, kamu bisa dengan mudah membuat tas tali kur yang keren.

Tas tali kur merupakan produk kerajinan tangan yang biasanya hadir dalam berbagai warna dan model. Membuat tas tali kur mengombinasikan ragam teknik simpul sederhana hingga rumit. Teknik simpul ini menghasilkan motif berbeda pada tas. 

Tali kur biasanya berbahan nylon, polyester, cotton, atau filamen. Tali ini sangat mudah dibentuk menjadi simpul. Maka dari itu tali ini dimanfaatkan menjadi kerajinan seperti tas, dompet, atau gelang. Untuk digunakan sebagai bahan tas, kamu bisa memiliki tali kur dengan warna terang atau sesuai selera.

Cara membuat tas dari tali kur dengan motif sederhana tidak begitu sulit. Bahkan, jika sudah mahir kamu bisa membentuk model tas sesuai dengan keinginan dengan mudah. Dengan begitu, kamu juga bisa membuatnya untuk dijadikan usaha. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (13/8/2021) tentang cara membuat tas dari tali kur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Motif Tas dari Tali Kur yang Bisa Jadi Referensi

Cara membuat tas dari tali kur tidak begitu rumit. Sebelum itu, kamu mungkin perlu mengenali beberapa motif yang bisa dipraktikkan. Berikut beberapa motif tas tali kur yang umum digunakan:

- Tas tali kur motif garis 2 warna

- Tas tali kur motif miring

- Tas tali kur motif sisik

- Tas tali kur motif bunga

- Tas tali kur motof ketupat

- Tas tali kur motif panah, dan

- Tas tali kur motif kerang

3 dari 4 halaman

Alat dan Bahan

Sebelum mengenali langkah-langkah cara membuat tas dari tali kur, pertama-tama tentu kamu harus menyiapkan berbagai alat dan bahannya. Berikut alat dan bahan yang diperlukan:

- Tali kur. Biasanya untuk sebuah tas kamu perlu menyiapkan dua warna tali kur agar hasilnya lebih menarik.

- Gunting. Kamu perlu menyiapkan gunting untuk memotong tali kur menjadi beberapa bagian.

- Korek api. Korek api ini akan digunakan untuk menggabungkan ujung tali serta menutup ujung tali jika tas yang dibuat telah selesai.

- Jarum dan benang. Selain menggunakan korek api untuk menggabungkan tali kur, kamu juga bisa menggunakan jarum dan benang untuk menggabungkannya. Tentu saja tidak semua potongan dari tali kur ini digabungkan menggunakan jarum dan benang.

- Resleting, manik-manik, dan kancing. Ketiganya bisa kamu gunakan sebagai hiasan pada tas. Namun jika kamu tak menginginkan adanya hiasan, maka kamu tak perlu untuk menyiapkannya. Resleting jug bisa kamu gunakan, jika tas yang kamu buat ingin menggunakan resleting.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Tas dari Tali Kur Motif Sederhana

Setelah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, kamu bisa segera mulai cara membuat tas dari tali kur. Cara membuat tas dari tali kur ini tidak begitu sulit, apalagi bila kamu memilih motif yang sederhana pula.

Berikut cara membuat tas dari tali kur yang bisa kamu ikuti:

1. Cara membuat tas dari tali kur yang pertama adalah ambil dua helai tali dengan panjang yang sama.

2. Kemudian lipat tali menjadi 2 bagian dan sejajarkan. Maka kamu akan memperoleh 4 ujung tali.

3. Beri nomor pada tali agar memudahkan kamu, yaitu nomor 1, nomor 2, nomor 3 dan nomor 4 dari kiri ke kanan.

4. Setelah itu, ambil tali nomor 4, kemudian silangkan ke belakang tali lainnya menuju arah 1.

5. Letakkan tali nomor 1 pada bagian belakang tali 4. Sehingga urutannya menjadi nomor 4, 1, 2 dan 3.

6. Kemudian, ambil ujung tali nomor 1, lalu kunci dengan cara memasukan pada lubang dari tali nomor 3 dan 4. Selanjutnya tarik tali nomor 1 dari arah kiri dengan tali nomor 4. Hal ini dilakukan untuk mengunci dan juga melipat untuk memasukannya ke lubang belakang.

7. Kemudian tarik kuat masing-masing tali untuk menguatkan dan juga mengunci. Ini merupakan langkah dasar cara membuat tas dari tali kur. Kamu perlu membuat dasar tas ini dengan jumlah yang genap. Hal ini agar lebar tas seimbang antara kiri dan juga kanan. Jadi, semakin besar tas yang ingin kamu buat, maka semakin banyak pula pola dasar yang harus kamu buat.

8. Untuk menyambungkan 2 pola dasar tas ini, cara yang digunakan pun sama, hanya saja dua kepala yang dirangkai ini dijadikan satu dengan menjejerkan tali yang ada. Kemudian dua utas tali pada bagian kanan dan dua utas tali pada bagian kiri atau ambil tengah tali untuk menyatukannya. Cara yang digunakan pun sama, karena untuk menyambungkannya kamu juga perlu menggunakan 4 tali.

9. Buat pola dasar ini untuk membentuknya menjadi tas. Jika telah mmbentuk kotak ataupun persegi panjang, kamu hanya perlu menggabungaknnya untuk membentuknya menjadi tas menggunakan benang dan jarum ataupun korek api.

10. Apabila benang yang kamu gunakan sebelumnya telah habis namun rangkaian tas belum selesai, kamu bisa menambahkan ujung benang dengan benang lainnya menggunakan korek api. Caranya, kamu tinggal membakar sedikit ujung benangnya kemudian gabungkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini