Sukses

20 Wisata Bahari di Indonesia yang Populer, Keindahan Bawah Lautnya Memesona

Kepulauan seribu, wakatobi, labuan bajo, bunaken, derawan, sampai raja ampat merupakan bagian kecil dari banyaknya tempat wisata bahari di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Wisata bahari di Indonesia menyuguhkan panorama bawah laut yang indah dan menakjubkan. Tak hanya hamparan megah terumbu karang dan luasnya bibir pantai. Tempat wisata bahari di Indonesia memiliki segudang spesies laut yang memesona. 

Mulai dari penyu, hiu, lumba-lumba, dan masih banyak lagi. Indonesia merupakan negara yang terdiri dari pulau-pulau dari sabang sampai merauke. Tak heran bila seluruh wilayah tersebut selalu ada wisata bahari yang wajib banget dikunjungi.

Kepulauan seribu, wakatobi, labuan bajo, bunaken, derawan, sampai raja ampat. Penasaran dengan pesona megah wisata bahari di Indonesia tersebut? Berikut Liputan6.com ulas tempat wisata bahari di Indonesia yang populer dan wajib dikunjungi dari berbagai sumber, Kamis (26/8/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Wisata Bahari di Indonesia

1. Labuan Bajo

Potensi wisata bahari di Indonesia ada di NTT yang telah kesohor adalah Labuan Bajo dengan Taman Nasional Komodo. Di kawasan konservasi itu, wisatawan bisa melihat langsung hewan purba, yakni komodo, yang bermukim secara liar di habitatnya. Komodo telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia pada 2011.

Kawasan wisata bahari di Indonesia yang terletak di ujung barat Pulau Flores, Kabupaten Manggarai Barat, ini juga memiliki berbagai daya tarik atraksi wisata lainnya, baik dari bentang darat maupun laut.

Di sisi bahari, Labuan Bajo menyimpan lanskap pemandangan bawah laut yang sempurna. Di laut Bajo, hidup ribuan bahkan jutaan spesies ikan dan terumbu karang. Manta, spesies ikan pari terbesar di dunia, juga kerap ditemukan di tengah lautan Labuan Bajo. Karena potensinya yang besar, pemerintah telah menetapkan Labuan Bajo sebagai destinasi super prioritas pada 2018.

2. Pulau Pahawang

Pahawang termasuk wisata bahari di Indonesia unggulan di Lampung. Pulau yang terkenal dengan keindahan alam baharinya ini masuk dalam kawasan Kecamatan Panduh Padada, Kabupaten Pasawaran, Lampung Selatan.

Untuk sampai di kawasan wisata bahari di Indonesia ini, dari pusat Kota Bandar Lampung menempuh jarak sekitar 25 km atau 2 jam perjalanan darat menuju Pelabuhan Ketapang. Dari pelabuhan yang ramai perahu dan aktivitas nelayan ini, perjalanan dilanjutkan menggunakan perahu boat selama 40 menit.

Ada lokasi wisata Tanjung Putus yang unik di Pulau Pahawang Kecil. Tanjung Putus merupakan sebuah jembatan yang hanya akan muncul saat air laut surut. Keberadaannya akan menghilang saat air pasang. Di tempat ini Anda bisa melakukan snorkeling atau sekadar bermain air dari ombak yang tenang.

Waktu terbaik untuk datang ke kawasan wisata bahari ini adalah pada Mei hingga Agustus. Sebisa mungkin hindari datang ke Pulau Pahawang saat September hingga Desember karena angin baratnya besar sehingga ombak di sana lebih ganas.

3. Pulau Pramuka

Wisata bahari di Indonesia adalah Pulau Pramuka. Pulau Pramuka merupakan pulau wisata bawah laut yang sangat indah. Penggunjung yang datang ke Pulau Pramuka pasti tidak akan puas dengan suasana sekitar.

Di wisata bahari di Indonesia Pulau Pramuka pengunjung dapat melihat indahnya terumbu karang dan berbagai jenis ikan yang berwarna-warni.

Salah satu hal yang tidak akan pernah terlewatkan dan menjadi daya tarik pengunjung ke Pulau Pramuka adalah tempat penangkaran penyu. Di Pulau Pramuka ini pengunjung akan melihat penyu-penyu yang masih muda dan dewasa.

4. Pulau Dolphin

Tempat wisata bahari di Indonesia selanjutnya adalah Pulau Lumba-lumba. Pulau Lumba-lumba juga pulau yang tidak kalah dari pulau yang ada di Kepulauan Seribu. Pulau Lumba-lumba ini masih sangat alami dan sepi jadi penggunjung akan nyaman dan damai.

Pulau ini sangat cocok untuk kalian yang suka berkemah. Pulau Lumba-lumba memang bisa dilihat dari luasnya yang masih kecil dibandingkan dengan pulau yang lain, namun keindahan alam yang disuguhkan tidak perlu diragukan lagi. Salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Pulau Dolphin adalah snorkeling.

5. Pulau Putri

Tempat wisata bahari di Indonesia yang berikutnya adalah Pulau Putri. Keberangkatan kapal dari Marina Ancol pukul 08.00 dan kembali pukul 14.00 dengan jarak tempuh 90 menit dari pelabuhan. Di sini Anda dapat melakukan kegiatan snorkeling, selain itu tanpa snorkeling pun kita juga masih bisa melihat alam bawah laut.

Caranya yaitu dengan naik kapal untuk melihat dasar laut. Kapal ini berkapasitas 15 orang, pinggir kiri kanan kapal terdapat kaca, sehingga Anda dapat melihat ikan dan trumbu karang di sisi kiri dan kanan kapal. Kapal ini berjalan selama 25 menit dari dermaga pulau.

3 dari 5 halaman

Wisata Bahari di Indonesia

6. Bunaken

Berkunjung ke Taman Nasional Bunaken, kurang lengkap jika tak menikmati keindahan bawah lautnya. Banyak orang yang berwisata selam scuba atau scuba diving. Menyelam dengan teknik ini menggunakan peralatan berupa tabung oksigen, regulator dan tangki. Dengan begitu, penyelam bisa lebih lama bernapas dalam air.

Keistimewaan wisata bahari di Indonesia Taman Nasional Bunaken memiliki luas 890,65 kilometer persegi ini terdiri dari ekosistem hutan bakau, padang laut, terumbu karang, dan ekosistem daratan/pesisir. Hampir 97 persen merupakan habitat laut yang menghuni di kedalaman 1.566 meter di teluk manado, sedangkan sisanya tiga persen meliputi daratan seluas 75.265 Ha.

Di antara ekosistem karang, terdapat sekitar 3.000 jenis ikan, seperti ikan ekor kuning, kuda ikan gusumi, dan gorapa. Ada juga spesies langka seperti lumba-lumba, sapi laut, dan dugong. Selain itu, berbagai jenis ikan hias, seperti Emperor angelfish, Almaco jack, Spotted seahorse, Blue strie snaper, Pinkish basslet dan two lined monocle bream, bakal semakin memanjakan mata.

7. Kepulauan Derawan

Derawan, nama pulau sekaligus kepulauan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, ini kaya akan wisata alam yang menakjubkan. Di mulai dari kepulauan maratua.

Maratua memiliki banyak destinasi wisata, tetapi pemandu kami mengarahkan hanya ke dua tempat, Gua Halo Tabung dan Maratua Paradise Resort, lantaran harus membagi waktu untuk bisa mengunjungi tiga pulau di Derawan sekaligus dalam satu hari. Dua lainnya adalah Sangalaki dan Kakaban.

Gua Halo Tabung merupakan gua horizontal dan berair sehingga kita bisa berenang di dalamnya. Airnya asin dengan dinding berupa batu-batu karang. Dengan kedalaman sekitar 17 meter, Anda yang berani bisa mencoba melompat dari tepi tebing.

Sementara, Maratua Paradise Resort adalah tempat pertama kami memuaskan dahaga snorkeling. Sebenarnya, tempat itu merupakan lokasi resort dengan banyak ikan berkumpul di lokasi itu. Pantai yang tenang membuat ikan betah, ditambah lagi dengan keberadaan rumah panggung seakan menaungi ikan dari panasnya matahari.

Masih di Maratua Paradise Resort, terdapat spot untuk melihat penyu. Saya berkesempatan melihat sekumpulan penyu berenang di permukaan saat itu. Tetaplah tenang dan tidak berisik agar penyu betah didatangi Anda.

8. Gili Trawang

Gili Trawangan merupakan satu dari tiga pulau kecil (gili) yang berada di sebelah barat laut Lombok. Tempat wisata bahari di Indonesia ini memiliki luas sekitar 340 hektar, panjang 3 km dan lebar 2 km. Gili Trawangan memiliki pantai pasir putih yang membentang dari timur ke barat.

Gili Trawangan terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Di sini Anda dapat menemukan aneka jenis ikan, koral, dan terumbu karang yang sangat indah. Berbagai celah dan karang dapat dieksplorasi di pulau ini.

Terdapat banyak titik selam di kawasan ini. Salah satu titik selam terkenal adalah Shark Point yang berupa situs terbuka dengan serangkaian terumbu karang dengan lereng menurun. Di pulau ini pengunjung juga bisa menemui hiu whitetip, hiu blacktip, dan mungkin juga hiu abu-abu. Ikan pari penyu, dan bumphead parrotfish juga kerap terlihat di perairan ini.

Memiliki keindahan bawah laut yang kaya membuat Gili Trawangan jadi sasaran para penyelam. Terdapat banyak titik selam di pulau ini seperti Simons Reef, Deep Turbo, Trawangan Slope, Coral Fan Garden, Shark Point, Bounty Reef, Halik Reed, Jack Point dan lainnya.

9. Raja Ampat

'Surga di ujung Papua' merupakan istilah yang cocok untuk disematkan bagi kepulauan Raja Ampat ini. Raja Ampat bisa dikatakan sebagai salah satu surganya wisata bahari. Perairan Raja Ampat memiliki 75% spesies laut seluruh dunia, berupa 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan dan ribuan biota laut lainnya.

Hal inilah yang membuat Raja Ampat menjadi tujuan wisata bahari bagi wisatawan di seluruh dunia. Raja Ampat merupakan sebuah kabupaten bagian dari Papua Barat. Untuk menuju ke tempat ini, kita bisa menggunakan kapal dari Kota Sorong Papua.

10. Pulau Sepa

Tempat wisata Pulau Seribu yang berikut wisata bahari di Indonesia selanjutnya adalah Pulau Sepa. Hanya 90 menit dari Marina Ancol. kondisi air laut yang jernih dan bersih sangat cocok untuk snorkeling. Pantainya yang landai serta pasir putih menjadikan Pulau Sepa merupakan pulau yang indah. Banyak wisatawan lokal dan mancanegara berjemur di pinggir pantai. Pulau Sepa terkenal sebagai Paradise for Diver.

4 dari 5 halaman

Wisata Bahari di Indonesia

11. Wakatobi

Wakatobi tercatat memiliki kawasan terumbu karang seluas 118 ribu hektare dan Kaledupa Atoll sepanjang 48 kilometer (km), yang menjadikan sebagai atol terpanjang di dunia. Itu membuat Wakatobi dikenal sebagai tempat wisata bahari di Indonesia yang punya spesies ikan dan terumbu karang terbanyak di dunia dibanding pusat-pusat selam dunia lainnya, seperti Pulau Karibia dan Laut Merah.

"Berbaring" di wilayah seluas 1,39 juta hektare, Taman Nasional Wakatobi telah ditetapkan UNESCO sebagai salah satu kawasan cagar biosfer dunia di Indonesia. Penetapannya disepakati pada pertemuan Penasihat Internasional Committee untuk Biosphere Reserve Program MAB UNESCO ke-18 di Paris pada 2012 lalu.

Terdapat setidaknya 750 dari total 850 spesies koral dunia memadati bawah laut kawasan ini. Konfigurasi kedalamannya bervariasi mulai dari datar sampai melandai ke laut dan area bertubir curam. Bagian terdalam perairannya mencapai 1.044 meter.

Topografi bawah lautnya juga jauh dari definisi monoton, mulai dari yang berbentuk slop, flat, drop-off, atoll, dan gua bawah air. Wakatobi merupakan rumah bagi beberapa jenis burung laut, seperti angsa batu cokelat, cerek melayu, dan raja udang erasia. Juga, sederet jenis penyu, termasuk penyu sisik, penyu tempayan, dan penyu lekang.

12. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor itu tempatnya snorkeling. Di wisata bahari di Indonesia ini kamu berkesempatan untuk berenang dengan ikan beraneka warna. Kalau sedang beruntung bahkan bisa bertemu dengan kura-kura laut berukuran besar.

Bagi yang malas snorkeling pun Nglambor tetap memesona dengan airnya yang biru jernih dan berombak kecil. Bikin betah selonjoran di tepian sampai sore. Tarif masuknya hanya Rp 5.000 saja.

13. Kepulauan Mandeh

Kepulauan Mandeh terletak di Pesisir selatan, atau sekitar 65 km dari kota Padang, Sumatera Barat. Meski waktu tempuh untuk sampai ke lokasi ini tidak sebentar, tapi keindahan panorama alam yang ditawarkan mampu membayar lunas rasa lelah di perjalanan.

Setidaknya ada delapan spot menyelam di sekitar wisata bahari di Indonesia ini, yang terletak di utara pulau Cubadak, Pagang, Seronjok, dan lain-lain. Selain terumbu karang yang masih alami, di spot menyelam juga terdapat bangkai kapal Belanda yang tenggelam. Spot dengan kedalaman hingga 27 meter ini menjadi tempat yang ideal untuk para penyelam profesional.

14. Pulau Kapoposang

Nama Pulau Kapoposang mungkin belum banyak diketahui, padahal bagi para penggemar diving, Kapoposang adalah salau satu wisata bahari di Indonesia dengan spot terbaik. Terletak di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan kawasan ini memiliki keindahan bahari yang dapat menarik wisatawan untuk mengunjungi tempat ini.

Terdapat biota laut dan 14 spot diving yaitu Januar point, Aquarium Point, dan Tanjung Point. Anda juga bisa merasakan sensasi menyelam bersama hiu. Tak heran jika tempat ini menjadi surga bagi para penyelam. Jadi, jangan ragu lagi, masukkan Pulau Kapoposang ke dalam daftar wisata bahari Anda.

15. Pulau Rote

Pulau Rote terletak di bagian paling selatan Indonesia yaitu Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pulau eksotis ini menyimpan banyak sejarah yang bisa Anda pelajari seperti Porselen China dan seni musik Sasando.

Kalau Anda suka berselancar, wisata bahari di Indonesia ini adalah pilihan yang sangat tepat. Kawasan yang terdiri dari puluhan pulau dengan enam pulau berpenghuni ini terkenal sebagai salah satu 'surganya' pantai dan laut di Indonesia.

Pantai Nemberala di Desa Nemberala, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, menjadi juara pada kategori Most Popular Surfing Spot dalam Anugerah Pesona Indonesia 2016. Pantai ini dinilai berkelas dunia karena keramahan ombaknya bagi peselancar.

5 dari 5 halaman

Wisata Bahari di Indonesia

16. Pantai Blanakan

Pantai Blanakan di Subang Jawa Barat, termasuk kawasan wisata bahari yang menyimpan potensi besar. Dibalut panorama alam hutan yang memukau, membuat pantai andalan Subang ini menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi. Sebelumnya, keberadaan dan keindahan Pantai Blanakan belum banyak dilirik orang.

Karena itulah, Kementerian Pariwisata terus memberikan dukungan kepada Pemerintah Subang untuk fokus menggarap potensi pantai tersebut sebagai tujuan wisata. Selain menyuguhkan panorama alam indah, pantai Jawa bagian utara ini juga menawarkan sensasi pengalaman menikmati kearifan lokal yang unik.

17. Taka Bonerate

Belum banyak yang tahu kalau Sulawesi Selatan memiliki surga tersembunyi di Taka Bonerate. Bukan sekedar Taman Nasional, wisata bahari di Indonesia ini memiliki alam bawah laut yang sangat indah.Terletak di kabupaten Selayar, tempat ini sangat cocok untuk Anda yang hobi diving dan snorkeling. Taka Bonerate juga memiliki banyak spot menyelam yaitu sebanyak 50 titik selam.

Tempat wisata bahari di Indonesia ini juga dikenal dengan terumbu karangnya serta berbagai spesies langka seperti penyu hijau, penyu sisik dan penyu belimbing Pasifik. Taka Bonerate tergolong wilayah atol paling besar ketiga di dunia setelah Maldives dan Kepulauan Marshall. Memiliki air laut sebening kristal, Taka Bonerate memiliki terumbu karang yang masih asri dan terawatt, serta lebih dari 242 hamparan karang memenuhi dasar laut.

18. Pulau Widi

Terletak di Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, pulau kecil ini menyimpan potensi wisata bahari yang belum dilirik wisatawan lokal maupun internasional. Keindahannya sebanding dengan Kepulauan Maladewa yang sangat terkenal itu.

Memiliki pasir putih dan udara segar bebas polusi yang membuat wisata bahari di Indonesia ini menjadi lokasi yang tepat untuk berwisata.Suasana yang tenang menjadikan pulau ini sebagai tujuan utama kalau ingin beristirahat dari hiruk pikuk perkotaan dan rutinitas sehari-hari.Kawasan wisata ini pas untuk menyelam, snorkeling dan memancing.

19. Pulau Lancang

Tempat wisata bahari di Indonesia berikutnya adalah Pulau Lancang. Meski namanya tak sepopuler pulau-pulau lain yang sudah menjadi destinasi wisata rutin di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Namun Pulau Lancang memiliki pesona alam dan bahari yang bikin orang takjub. Pulau yang berjarak sekitar 11 kilometer dari pesisir utara Pulau Jawa di Kabupaten Tangerang ini pun mulai berbenah menyambut wisatawan.

20. Pulau Pantara

Tempat wisata bahari di Indonesia berikutnya adalah Pulau Pantara. Pulau Pantara memiliki total 40 cottage beratap jerami menghadap ke laut. Jernihnya Air laut dan terumbu karang yang indah jadi incaran wisatawan pecinta snorkeling. Di sini juga terdapat restoran terapung yang menyuguhkan beragam masakan tradisional Indonesia, oriental, western dan Japanese.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini