Sukses

Progres adalah Langkah Kemajuan, Simak Contohnya

Progres adalah kemajuan yang dapat memberikan keuntungan.

Liputan6.com, Jakarta Pengertian progres adalah kemajuan. Progres adalah salah satu istilah yang menggambarkan gerakan menuju arah tujuan, tahap lebih lanjut, lebih tinggi, dan mengarah pada kemajuan.

Progres adalah menggambarkan situasi yang baik atau positif. Kamus Besar Bahasan Indonesia menjelaskan progres adalah sebuah kemajuan.

Progres adalah umumnya dapat dicapai dengan kreativitas dan optimisme. Progres di kehidupan sosial diartikan sebagai kemajuan yang dapat memberikan keuntungan.

Berikut Liputan6.com ulas lebih dalam tentang progres dan cara mencapai progres dari berbagai sumber, Selasa (14/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah Istilah Progres

Secara etimologi, progres adalah berasal dari kata serapan bahasa Inggris “progress” yang sudah ada sejak abad ke-14 Masehi yang juga adopsi dari bahasa Latin “progressus” yang artinya suatu langkah kemajuan.

Progres adalah bentuk perubahan sosial menuju ke arah kemajuan yang dapat memberikan keuntungan atau perbaikan khusus untuk kehidupan masyarakat di sekitarnya.

Dalam Cambridge Dictionary, progres adalah dijelaskan sebagai bagian dari peningkatan atau perkembangan dalam kemampuan, ilmu, dan lain sebagainya. Istilah progres juga dapat diartikan jika “sesuatu yang akhirnya selesai.”

3 dari 4 halaman

Contoh Progres di Bidang Teknologi

Teknologi diibaratkan seperti manusia, ia terus tumbuh dan berkembang dari 'bayi' hingga 'dewasa'. Adanya pertumbuhan yang tengah dilakukan teknologi akan selalu mengarah pada kemajuan atau mengarah pada progres yang baik.

Ada lima fase teknologi yang diprediksi, sampai akhirnya ia akan bergabung dengan manusia kurang lebih dalam waktu 33 tahun lagi. Progres ini disampaikan oleh Head of Strategy and Planning PHD Asia Pacific, Chris Stephenson.

Berikut contoh progres di bidang teknologi:

1. Fase I - Surfacing (1950-1995)

Pada fase pertama, manusia diperkenalkan lewat teknologi dengan cara paling sederhana. Di era 1980-an, Personal Computer muncul. Menjelang awal 1990-an, adopsi internet mulai menyebar. Pengguna early adopter ini pun memanfaatkan akses internet untuk mengakses lebih banyak informasi.

2. Fase II - Organizing (1990-2015)

Fase yang baru saja berakhir pada 2015 lalu. Fase ini adalah fase di mana pengakses teknologi 'mengatur' (organize) informasi dari internet dan membuatnya bisa diakses secara global dan berharga secara universal. Dengan demikian, hadirlah smartphone, perangkat yang menawarkan akses lebih cepat dan mudah, serta mendekatkan penggunanya.

3. Fase III - Extracting (2010-2025)

Saat fase II berlangsung, fase ketiga juga terjadi di awal 2010. Bedanya, fase tersebut berperan penting dalam proses penggabungan teknologi dengan manusia. Chris menjelaskan era ini merepresentasikan pendewasaan situs web. Mesin pencarian menjadi lebih pintar, penetrasi smartphone semakin meluas, konektivitas lebih cepat dan unggul di banyak wilayah dunia.

4. Fase IV - Anticipating (2020-2035)

Pada 2020, fase baru muncul di mana perluasan teknologi menjadi manifestasi ide yang memiliki dampak besar. Pada fase ini, kecerdasan buatan dan deep learning menjadi lebih baik, teknologi mulai 'mengerti' apa yang manusia inginkan baik secara konteks.

5. Fase V - Elevating (2030-2050)

Fase yang diklaim Chris sebagai fase akhir dari proses penggabungan teknologi dan manusia. Pada fase tersebut, kecerdasan buatan mengubah cara manusia dalam beraktivitas sehari-hari. Kecerdasan buatan juga akan memiliki akal seperti manusia, ia bisa bekerja dengan otak manusia.

4 dari 4 halaman

Cara Menggapai Progres Diri

Progres tak hanya berkaitan dengan kemajuan teknologi dan pengetahuan. Progres dapat diciptakan dan diterapkan di dalam diri. Cara menggapai progres diri akan berguna untuk menggapai cita-cita dan tujuan hidup yang sebenarnya.

Bagaimana cara menggapai progres diri?

1. Mengambil tanggung jawab terhadap hidup Anda

Untuk mencapai kemajuan, satu hal yang harus Anda lakukan adalah mengambil tanggung jawab penuh terhadap hidup Anda sendiri. Hampir segala sesuatu dalam hidup Anda merupakan hasil dari keputusan yang Anda ambil.

Apakah masalah keuangan, asmara, kesehatan, bahkan masalah-masalah lain yang Anda hadapi, semuanya sudah seharusnya menjadi tanggung jawab Anda. Jangan hanya duduk diam dan menunggu apa yang akan terjadi pada diri Anda.

Jika Anda ingin memeroleh apa yang Anda inginkan dalam hidup, bertanggung jawablah dalam usaha mencapai keinginan tersebut. Jangan biarkan orang lain mengambil kendali akan hidup Anda.

2. Memercayai tujuan hidup Anda

Setiap orang mempunyai tujuan dalam hidup, termasuk Anda. Meski terkadang tujuan hidup Anda tidaklah bombastis, percayakan pada apa yang Anda yakini. Dengan mengidentifikasikan siapa Anda, Anda dapat mengidentifikasi tujuan Anda. Pastikan Anda meluangkan waktu dari hari-hari sibuk Anda untuk melakukan apa yang menjadi tujuan dalam hidup Anda.

3. Putuskan apa yang Anda inginkan

Salah satu kesalahan terbesar yang bisa Anda buat dalam hidup Anda adalah melakukan apa yang Anda tidak sukai. Berkonsentrasilah pada apa yang Anda sukai dan jangan buang-buang waktu pada apa yang tidak Anda sukai.

4. Tetapkan pencapaian

Bila Anda telah menetapkan apa yang ingin Anda peroleh di masa depan, berinvestasilah untuk hal tersebut. Dengan menetapkan tujuan dan mewujudkannya dalam kegiatan fisik dibanding tetap berupa gagasan, Anda telah mengatur waktu secara efektif untuk melihat sejauh mana Anda melangkah menuju pencapaian Anda. Sangat penting untuk meninjau ulang pencapaian yang telah Anda lakukan. Jangan biarkan hidup Anda mengalir bak air.

5. Meminta bantuan

Satu hal penting untuk diingat adalah bahwa Anda tak harus berjuang sendiri untuk mencapai apa yang Anda mau. Mintalah bantuan seseorang untuk sesuatu yang tak bisa Anda lakukan sendiri. Hal ini dapat memangkas waktu yang mungkin terbuang jika Anda melakukannya sendirian.

6. Berhenti mengkhawatirkan apa yang orang pikirkan tentang diri Anda

Satu hal yang mesti Anda ingat, Anda tak akan pernah bisa memuaskan semua orang. Karenanya, berhentilah memikirkan bagaimana pandangan orang terhadap diri Anda. Tak semua orang menyukai diri Anda. Beberapa orang mungkin akan melakukan segala cara untuk menjatuhkan Anda. Jangan dengarkan komentar-komentar negatif dari orang-orang yang tak menyukai Anda. Fokuslah pada kelebihan yang Anda miliki.

7. Lakukan!

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan apa yang telah Anda rencanakan. Jangan biarkan semuanya membusuk di dalam daftar yang ingin Anda lakukan. Kesempatan tidak datang dua kali. Jika Anda benar-benar menginginkan sesuatu, berusahalah untuk mencapainya.

Apa yang Anda inginkan adalah apa yang harus Anda percayai. Berusahalah sekuat tenaga mencapainya. Anda harus memiliki kepercayaan diri, keyakinan, dan semua yang diri Anda layak dapatkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini