Sukses

Segmen Pasar adalah Upaya Mengelompokkan Konsumen, Ini Syarat dan Prosedurnya

Pengelompokkan dari segmen pasar adalah dilakukan sesuai karakteristik dan kebutuhan para konsumen.

Liputan6.com, Jakarta Pengertian segmen pasar adalah bagian dari sistem pemasaran dengan membagi pelanggan menjadi beberapa kelompok. Pengelompokkan dari segmen pasar adalah dilakukan sesuai karakteristik dan kebutuhan para konsumen.

Menurut salah seorang ahli bernama Kasali, segmen pasar adalah proses mengkotak-kotakkan pasar menjadi kelompok-kelompok “potential costumer” yang memiliki kesamaan karakter atau kebutuhan yang sama sehingga cenderung mempunyai respon yang sama dalam membelanjakan uangnya.

Segmen pasar adalah bisa dipahami sebagai upaya menyatukan seluruh konsumen yang targetnya luas menjadi lebih heterogen. Keberadaan segmen pasar adalah untuk meningkatkan efektivitas kegiatan pemasaran dan bisa mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya produksi.

Berikut Liputan6.com ulas tentang segmen pasar dari berbagai sumber, Selasa (5/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Segmen Pasar Menurut Para Ahli

1. Amstrong

Pengertian segmen pasar adalah segala sesuatu dengan membagi sebuah pasar ke dalam kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang mungkin menghendaki pemasaran atau produk yang terpisah.

2. Kotler

Pengertian segmen pasar adalah sekelompok pelanggan yang merupakan bagian dari pasar yang memiliki kebutuhan dan keinginan yang serupa.

3. Kasali

Pengertian segmen pasar adalah proses mengkotak-kotakkan pasar menjadi kelompok-kelompok “potential costumer” yang memiliki kesamaan karakter atau kebutuhan yang sama sehingga cenderung mempunyai respon yang sama dalam membelanjakan uangnya.

4. Saladin

Pengertian segmen pasar adalah sebuah proses pengelompokan pasar ke dalam kelompok para pembeli yang cukup potensial dengan kebutuhan yang sama atau juga karakteristik yang disukai serta memperlihatkan suatu hubungan yang sama pula.

5. McDonald dan Dunbar

Pengertian segmen pasar adalah proses membagi pelanggan, atau pelanggan potensial, di pasar ke dalam berbagai kelompok, atau segmen, di mana pelanggan berbagi tingkat minat yang sama dalam satu set, atau sebanding, serangkaian kebutuhan yang dipenuhi oleh proposisi pemasaran yang berbeda.

6. Swastha dan Handoko

Pengertian segmen pasar adalah suatu aktivitas membagi–bagi market yang memiliki sifat heterogen kedalam satu-satuan market yang bersifat homogen.

7. Pride dan Ferrel

Pengertian segmen pasar adalah suatu sistem membagi market ke segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang memperlihatkan terdapatnya kesamaan tingkah laku konsumen.

8. Philip Kotler dan Gary Amstrong

Pengertian segmen pasar adalah pembagian sebuah market menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda.

9. Kerin

Pengertian segmen pasar adalah dapat melibatkan mengumpulkan calon pembeli ke dalam kelompok yang memiliki kebutuhan umum dan akan merespon sama dengan tindakan pasar.

10. Gitosudarno

Pengertian segmen pasar adalah salah satu usaha untuk dapat mengelompokkan pasar, dari suatu pasar yang bersifat heterogen akan menjadi beberapa bagian-bagian pasar yang memiliki sifat yang homogen.

3 dari 5 halaman

Syarat Segmen Pasar

Menurut Kasali (1998), melansir jurnal Univertas Atma Jaya Yogyakarta dalam bukunya "Membidik Pasar Indonesia, Segmentasi, Targeting, Positioning", sebelum suatu segmen pasar dimasuki ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi, yaitu:

1. Syarat segmen pasar adalah harus cukup besar atau potensial sehingga pasarnya dapat menjamin keberlangsungan produksi.

2. Syarat segmen pasar adalah harus memiliki daya dan kesediaan membeli.

3. Syarat segmen pasar adalah harus memiliki perbedaan yang jelas dengan segmen lainnya. 

4. Syarat segmen pasar adalah perlu diidentifikasi  apakah  sudah  ada  pemain  yang berada pada segmen tersebut.  

5. Syarat segmen pasar adalah harus dapat dijangkau secara efektif, dengan media yang mudah dijangkau dan didistribusikan dengan baik. 

6. Syarat segmen pasar adalah harus memiliki sumber daya yang cocok dengan keterampilan sumber daya manusia yang dimiliki. 

4 dari 5 halaman

Kelebihan dan Kekurangan Segmen Pasar

Menurut Kasali ada lima kelebihan yang dimiliki segmen pasar dalam bukunya “Membidik pasar indonesia: Segmentasi, Targeting Positioning”. Apa saja?

1. Mendisain produk-produk yang lebih responsif terhadap kebutuhan pasar.

2. Menganalisis pasar. Segmentasi pasar membantu eksekutif mendeteksi siapa saja yang menjadi pesaingnya dalam pasar.

3. Menemukan peluang (niche). Setelah  menganalisis pasar, perusahaan yang menguasai konsep segmentasi dengan baik akan sampai pada ide untuk menemukan peluang.

4. Menguasai posisi yang superior dan kompetitif.

5. Menentukan strategi komunikasi yang efektif dan efisien.

Sementara kelemahan atau keterbatasan segmen pasar adalah ada tiga:

1. Beban biaya lebih besar

2. Memerlukan komitmen korporat

3. Menyediakan informasi yang umum, bukan individual

5 dari 5 halaman

Prosedur Segmen Pasar

Pengelompokan yang baik harus dilakukan dengan prosedur yang tepat. Kasali (1998) menganjurkan prosedur segmentasi yang baik adalah sebagai berikut:

1. Kumpulkan informasi tentang produk, persaingan, dan konsumen.

2. Pelajari konsumen yang ingin dilayani dan tentukan basis segmentasi yang akan digunakan.

Semua jenis cara  segmentasi tetap harus menjadi landasan berpikir, tetapi dalam pelaksanaannya, untuk analisis harus mengambil salah satu basis yang dikombinasikan dengan basis demografi.

3. Aplikasikan metodolagi untuk mengidentifikasikan sejumlah segmen.

4. Setelah data terkumpul, buatlah profil konsumen pada masing-masing segmen.

5. Pilih target segment yang paling potensial, baik dari segi besar, daya beli maupun kemampuan perusahaan untuk melayaninya.

6. Kembangkan program-program  pemasaran  yang  konsisten dengan yang dipilih melalui program marketing mix.

7. Lakukan evaluasi dengan perbaiki program-program yang belum sejalan dengan kebutuhan segmen.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini