Sukses

NIK dan KK Tidak Sesuai, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ini langkah-langkah yang perlu kamu lakukan jika NIK dan KK tidak sesuai.

Liputan6.com, Jakarta Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) tidak sesuai bisa saja terjadi saat kamu mengurus beberapa berkas administrasi. Tentu NIK dan KK tidak sesuai akan menghambat proses administrasi yang sedang kamu lakukan.

Ketidaksesuaian antara NIK dan KK ini bisa diatasi dengan berbagai solusi. Solusinya pun cukup mudah dengan bisa dilakukan secara online. Kemudahan menyelesaikan solusi ini perlu kamu pahami agar masalah NIK dan KK tidak sesuai ini bisa kamu selesaikan.

Ada banyak penyebab yang membuat NIK dan KK tidak sesuai. Beberapa penyebab NIK dan KK tidak sesuai di antaranya penduduk tidak melapor sesuai prosedur ketika pindah datang, adanya NIK ganda saat membuat KTP baru, dan beberapa penyebab lainnya.

Penyebab NIK dan KK tidak sesuai ini tentu akan membuat proses input data administrasi kamu menjadi tidak sinkron sehingga tak bisa terproses dengan baik. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, penyebab dan cara mengatasi NIK dan KK tidak sesuai, Jumat (8/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab NIK dan KK tidak sesuai

NIK dan KK tidak sesuai sering terjadi di beberapa keadaan saat proses input administrasi. Hal itu membuat proses administrasi terkendala akibat NIK dan KK tidak sesuai. Ada beberapa penyebab yang membuat NIK dan KK tidak sesuai seperti dijelaskan dalam poin-poin berikut ini.

- Data NIK tercatat double atau ganda karena pembuatan KTP baru.

- Terjadi kesalahan sistem dalam memasukkan NIK dan KK.

- Penduduk tidak melapor sesuai prosedur ketika pindah datang.

- Kesalahan dalam penggunaan nomor KK lama/baru.

- Data NIK tidak ditemukan karena pengguna telah memiliki KTP elektronik.

 

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi NIK dan KK tidak sesuai

Setelah mengetahui penyebab NIK dan KK tidak sesuai, selanjutnya kamu musti memahami cara mengatasinya. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan seperti dijelaskan di bawah ini.

1. Pakai data KK Lama

NIK dan KK tidak sesuai bisa kamu atasi dengan cara memakai data KK lama. Pakailah KK yang masih mencantumkanmu sebagai anak. KK yang ikut dengan orang tua sebelum pindah atau pecah KK bisa menjadi solusi buat kamu. Pakai data KK akan mempermudah kamu dalam proses input data jika KK baru dan NIK tidak sesuai.

2. Telepon ke Call Center Dukcapil

Cara berikutnya agar NIK dan KK tidak sesuai bisa teratasi adalah dengan menghubungi untuk melapor ke call center Dukcapil pusat. Adapun kamu bisa menghubungi call center Halo Dukcapil dengan panggilan hotline di nomor 1500-537. Selain telepon ke call center Dukcapil, kamu juga bisa melakukan pelaporan via nomor WhatsApp dan SMS dengan format seperti di bawah ini.

#NIK

#Nama lengkap

#Nomor KK

#Nomor telepon

#Keluhan

Sebelum kirim pastikan format kamu benar dan kirim ke nomor layanan Dukcapil WhatsApp 08118005373 atau SMS ke 08118005371.

 

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi NIK dan KK tidak sesuai

3. Hubungi via media sosial

Langkah lainnya yang bisa kamu lakukan jika NIK dan KK tidak sesuai adalah menghubungi via media sosial resmi Dukcapil. Dengan menghubungi via media sosial maka nanti bisa dikonsolidasi data oleh Dukcapil pusat. Adapun akun Facebook Disdukcapil yakni Halo Dukcapil. Sedang akun Twitter @ccdukcapil. 

Hubungi via media sosial ini dengan melalui direct message (DM) untuk menyampaikan keluhan melalui format di bawah ini.

#NIK

#Nama_Lengkap

#Nomor_Kartu_Keluarga

#Nomor_Telp

#Keluhan

4. Lapor Online ke Dukcapil di Daerah

Beberapa usaha di atas jika masih bermasalah dengan NIK dan KK tidak sesuai, maka langkah lainnya yang bisa kamu lakukan adalah lapor online ke Dukcapil daerah. Solusi ini akan membuat proses input administrasi kamu dilakukan oleh Dukcapil daerah dimana pembuatan KTP dan KK tersebut. Adapun penyelesaian masalah di Dukcapil di daerah memiliki format yang berbeda-beda. Berikut penjelasan format di 3 kota besar di Indonesia untuk mengatasi NIK dan KK tidak sesuai.

- DKI Jakarta

Jika kamu berdomisili di Jakarta maka kamu bisa mengajukan keluhan kamu apabilan mengalami kesulitan dalam permohonan masalah NIK dan KK tidak sesuai. Keluhan kamu bisa kamu sampaikan di nomor WhatsApp 087752540145.

- Bandung

Untuk penduduk yang tinggal di Bandung, maka bisa menyampaikan keluhan NIK dan KK tidak sesuai via email. Keluhan bisa kamu melihat di layanan email Disdukcapil Bandung.

- Yogyakarta

Solusi untuk NIK dan KK tidak sesuai di domisili Yogyakarta maka bisa dengan mengunduh Jogja Smart Service. Lakukan pendaftaran dan ajukan permohonan di menu konsolidasi data kependudukan. Tunggu proses perbaikan data agar NIK dan KK kamu menjadi sesuai.

5. Kunjungi langsung Dukcapil 

Jika cara online mengatasi NIK dan KK tidak sesuai selalu alami kendala maka cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah mengunjungi Disdukcapil setempat. Kunjungi tempat pembuatan KTP atau KK dengan membawa dokumen lengkap seperti KK asli, KTP dan juga fotokopi beberapa lembar untuk proses pembenaran aplikasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini